UMPN 2019

55 6 0
                                    

  UMPN adalah jalur penerimaan mahasiswa Politeknik Negeri secara nasional. Jumlah Politeknik Negeri yang berpartisipasi dalam UMPN ini sebanyak 32 Politeknik yang tersebar di seluruh Indonesia. Melalui UMPN, calon mahasiswa dapat memilih program studi yang tersedia di Politeknik Negeri seluruh Indonesia. Ujian masuk melalui jalur UMPN dibagi menjadi 3 Kelompok: Kelompok IPA Rekayasa; Kelompok IPS Tata Niaga; dan Kelompok IPC. Jika anda memilih salah satu program studi yang ada di kelompok rekayasa, dan tata niaga maka anda harus mengikuti ujian kedua kelompok tersebut. Materi ujian Kelompok Rekayasa: Matematika, Fisika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris; Kelompok Tata Niaga: Matematika, Ekonomi & Akuntansi, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.

http://www.polsri.ac.id/akademik-3/penerimaan-mahasiswa-baru/jalur-umpn

********

Ujian Masuk Politekhnik Negeri (UMPN) sebenernya itu sama dengan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) hanya saja kampus yang di tuju yang beda. Kalo UMPN itu untuk politekhnik dan SBMPTN itu untuk PTN. Sistemnya juga beda, kalo SBMPTN kalian ikut UTBK kan, nah kalo UMPN kalian gak usah UTBK, hanya ikutan tes serentak hari itu juga (Kemaren Kakak tanggal 22 juni tesnya) dan kalian hanya tunggu hasil beberapa hari kemudian. Lokasi tesnya juga tuh. Kalo UTBK kan terserah kalian mau dimana tinggal ntar dapatnya di ruang apa atau di sekolah sekitaran PTN itu kan. Sedangkan UMPN lokasi ujiannya hanya di politekhnik pertama kalian, gak kemana mana. Jadi misal kalian mau ke politekhnik A yang di luar kota dan itu jadi pilihan pertama, jadi kalian wajib datang kesana.

Kalo di SBMPTN ada namanya saintek dan soshum, kalo di UMPN ada yang namanya tataniaga dan rekayasa. Tesnya tergantung apa yang kalian pilih sih, kalo rekayasa rumpun ipa sedangkan tata niaga itu rumpun ips.

Kakak cerita dikit ya. . . .

Kemarin kakak itu ambil tata niaga, sesi 2 di salah satu politekhnik di jawa timur. Sebenernya di kota kakak ada politekhnik, tapi kakak milihnya yang tetangga kota sekalian jalan jalan😂
Nah di soal kakak itu yang di ujikan pertama itu matematika dek antara nomer 1-30 lalu dilanjut akutansi dasar, ekonomi, bahasa indonesia, dan bahasa inggris, totalnya seratus butir soal yang dikerjakan dalam kurun waktu 3,5 jam. Dari jam 13.00-15.30 keluar ruangan.

Soalnya lumayan sulit sih bagi kakak walaupun kakak sebenernya emang anak ips, tapi beneran kakak lumayan kesulitan di mapel ekonomi sama matematikanya itu. Apalagi di sistem penilaian itu juga kalo salah akan minus satu dan benar scorenya empat, kalo gak diisi nol. Jadi kalo kalian ragu mending gak diisi.

Ada yang ditanyakan?😂😂😂

(Coret kolom komentar atau dm biar afdol)😊

Dear AdekelWhere stories live. Discover now