Perbedaan STAIN, IAIN, dan UIN

57 8 1
                                    


Lagi lagi Kakak brosing😪 Iyalah Kakak brosing. Kenapa?
Supaya kalian percaya kalo Kakak gak asal ngejeplak :v

********

Nih Kakak carikan referensi nya😁

Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) adalah perguruan tinggi di Indonesia yang pengelolaannya berada di bawah Kementerian Agama. Secara teknis akademik, pembinaan perguruan tinggi keagamaan Islam negeri dilakukan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemristekdikti), sedangkan secara fungsional dilakukan oleh Kementerian Agama. Saat ini Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri terdiri atas 3 jenis:

1. Institut Agama Islam Negeri

Dengan dikeluarkannya Peraturan Presiden Nomor 11 Tahun 1960 tentang pembentukan Institut Agama Islam Negeri (IAIN), maka PTAIN Yogyakarta dan ADIA Jakarta menjadi IAIN "Al-Jami'ah al-Islamiah al-Hukumiyah" dengan pusat di Yogyakarta. IAIN ini diresmikan tanggal 24 Agustus 1960 di Yogyakarta oleh Menteri Agama K. H. Wahib Wahab. Sejak tanggal 1 Juli 1965 nama "IAIN Al-Jami'ah" di Yogyakarta diganti menjadi "IAIN Sunan Kalijaga", nama salah seorang tokoh terkenal penyebar agama Islam di Indonesia.

Dalam perkembangan selanjutnya, berdirilah cabang-cabang IAIN yang terpisah dari pusat; Hal ini didukung oleh Peraturan Presiden Nomor 27 Tahun 1963. Hingga akhir abad ke-20, telah ada 14 IAIN, di mana pendirian IAIN terakhir di Sumatera Utara pada tahun 1973 oleh Menteri Agama waktu itu, Prof. Dr. H. A. Mukti Ali.

2. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri

Seperti telah diketahui, dalam perkembangannya telah berdiri cabang-cabang IAIN untuk memberikan pelayanan pendidikan tinggi yang lebih luas terhadap masyarakat.

Untuk mengatasi masalah manajerial IAIN, dilakukan rasionalisasi organisasi. Pada tahun 1997 sebanyak 40 fakultas cabang IAIN dilepas menjadi 36 Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) yang berdiri sendiri, di luar 14 IAIN yang ada, berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 11 Tahun 1997.

3. Universitas Islam Negeri

Dengan berkembangnya fakultas dan jurusan pada IAIN di luar studi keislaman, status "institut" pun harus berubah menjadi "universitas", sehingga menjadi universitas Islam negeri. IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta merupakan IAIN pertama yang berubah menjadi UIN, yakni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Kemudian disusul oleh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN Syarif Qasim Riau, UIN Alaudin Makasar, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Arraniry Banda Aceh, UIN Walisongo Semarang, UIN Raden Patah Palembang, UIN Medan Sumatera Utara

Sumber referensi :
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Perguruan_tinggi_Islam_negeri_di_Indonesia



Panjang lebar kali tinggi ya artinya😂😂
Kalian pada paham gak sih?

Jadi Kakak singkat gini deh:👇👇

STAIN (Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri) itu adalah sebutan untuk sekolah basic Agama Islam (Semacam universitas) yang petama kali dibangun. Jadinya mengenai prody yang tersedia itu terbatas.

Lambat laun akan berkembang menjadi IAIN (Institut Agama Islam Negeri), karna prody yang ada semakin maju dan berkembang. Dan pada akhirnya akan berganti nama menjadi UIN (Universitas Islam Negeri)





Ada kesalahan??🤔
Langsung tandai ya, ntar aku benerin
.
.
.
Ayo dong aktif, kan Kakak juga gak selalu benar😪 Ayo ayo yang punya pendapat, informasi atau semacamnya ayok dong share😁

Oke sampe sini dulu ya😘😘

Dear AdekelWhere stories live. Discover now