Ngambis dong

141 77 25
                                    

Oke dek ini pembahasan serius🔎 ini bukan soal Kakak pamer atau sok pintar ya, Kakak cuma mau curcol cara belajar Kakak dulu dan hasil yang Kakak dapatkan (Karna ini masih lingkup SMP, jadi Kakak bahas jaman SMP dulu ya ntar yang SMA beda lagi)

Kakak mau tanya gimana sih cara belajar yang bener?
Gimana sih cara kalian efektif belajar?
Gimana sih kalian cepat paham pelajaran? (Jawab di kolom komentar ya)

Jadi gini dek, Pasti nih ya setiap orang itu beda beda cara belajarnya, mereka punya satu rutinitas atau Kakak sebut sebagai ritual khusus dalam belajar. Dan asal kalian tau type belajar itu banyak lho dek (Bukan belajar melupakan masa lalu ya) tapi ini belajar untuk memahami dan meresap ilmu untuk dicerna dan diterapkan kemudian.
Ada tuh anak yang gak bisa konsentrasi dalam belajar kalo dia gak sambil dengerin musik, ada juga yang belajar harus ada camilan di sampingnya, ada lagi anak yang kalo belajar itu kapanpun dimanapun jadi seramai apapun itu situasi, namun ada juga beberapa orang yang perlu tempat sunyi untuk dia belajar berkonsentrasi. Bukan hanya itu, ternyata setelah survei lapangan dilakukan, nyatanya setiap anak itu memiliki kelebihan dan kelemahan dalam memahami sesuatu.
Dalam satu kasus anggap si A itu langsung paham terhadap apa yang disampingkan guru hanya dengan dia mendengarkan, ada juga si B yang baru paham apabila dia mendengar dan memperhatikan saat gurunya menjelaskan, dan ada pula si C yang akan paham apabila penyampaian materi oleh gurunya ia salin mejadi ringkasan kecil sebagai bahan acuan apabila kemudian dia lupa.
Selain itu juga dek ternyata dalam survei mengenai bahan ajar yang digunakan siswa mengungkap bahwa minat siswa belajar itu berbeda beda, jadi ada kebiasaan anak hanya membaca sekilas dari buku kemudian dia paham, ada juga yang memerlukan coretan kecil kecilan untuk membantu dia dalam mengingat banyak hal, bahkan tak kurang dari mereka yang harus memerlukan visual seperti vidio pembelajaran baru dia akan paham.

Tapi dek, bagi Kakak apapun itu gaya balajar kamu tetap wajib belajar ya. Karna belajar itu adalah tonggak utama seorang pelajar, seorang pelajar memiliki kewajiban belajar dan kita di tuntut untuk memahami pelajaran.
Iya dek iya Kakak tau kalian capek, Kakak juga pernah kok mengeluh, ngedumel ini itu sampe Kakak pernah ngumpat salah seorang guru kakak :v (Jangan ditiru ya) tapi dek Kakak sekarang sadar bahwa apa yang Kakak lakukan itu tidaklah benar, dan belajar itu memanglah kawajiban toh hasilnya  juga bakal kita dapatkan.

*******
Cerita Kakak💙💙

Awal kelas 7 Kakak itu sempat stres berat sampe Kakak sakit dan mens gak teratur saking parahnya rambut Kakak juga sempet ikutan rontok. Itu kenapa sih Kak? Kenapa separah itu?
Itu karna psikis Kakak masih adaptasi ekstra untuk lingkungan baru Kakak. Ini menurut penelitian Kakak sendiri sih ya, tapi ini seriusan terjadi sama Kakak dan Kakak baru paham waktu Kakak duduk di kelas 9 Mts. Jadi kan Kakak dari SD umum yang dituntut untuk bisa mengimbangi teman-teman Kakak yang dari MI, mereka mah enak gitu bahasa arab ada dasar lah Kakak gak ada sama sekali. Belum lagi hafalannya, belum lagi tugas tugasnya, masih di tambah kegiatan Kakak yang super padat itu (Udah Kakak bahas di Capther sebelumnya) dan dulu Kakak sempet jadi korban bulliying di sekolah, dan Kakak itu kepribadian introvet banget dek jadi ya gitu deh, Kakak cuma bisa diam dan menahan semuanya sendiri,dan dampaknya kembali pada diri Kakak lagi. Kakak jadi sering sakit-sakitan. Dan jujur itu hasil raport Kakak ancur lebur berantakan.

Tapi di semester kedua, Kakak mulai stabil ya walaupun masih banyak perlu penyesuaian tapi Kakak udah mulai bisa mengimbangi pelajaran agama di Mts, Kakak udah lepas banyak oraganisasi Kakak, jadi Kakak lebih fokus belajar apa yang Kakak belum bisa. Sampe temen Kakak pada heran lihat Kakak, karna terlalu ambisnya itu materi semester 2 yang jatah enam bulan Kakak sapu bersih jadi  satu minggu belajar, terus Kakak ganti mapel yang lainnya. Kakak terus itu lakukan baik disekolah, dirumah atau dimana tempat yang Kakak anggap nyaman buat belajar. Kakak dulu itu kalo ada yang gak paham Kakak tandai sama spidol, ntar kalo pas pelajaran Kakak bisa tanya ke guru Kakak, bahkan nih dek Kakak pas Mts itu gak malu buat datangin guru Kakak ke kantor untuk minta jam tambahan tentang materi yang belum Kakak paham. Kakak gak peduli deh apa kata orang orang, biar dikira Kakak cari muka, sok pinter atau apalah itu urusan mereka. Kakak dulu berfikir cuma satu "Aku tau aku bodoh, tapi aku gak mau bodoh" jadi Kakak semakin ngambis disana. Dan mulai saat itulah nilai Kakak langsung melonjak dari ranking 5 terbawah jadi ranking 3 besar, keren kan. (Bukan sombong)

Jadi dek benar kata pepatah "Tiada kata anak itu bodoh jika anak itu mau membasmi kebodohan itu sendiri"  Jadi tinggal pinter pinter kalian sih, kalo kalian tau bodoh masih mau malas malasan? Ingat bapak ibuk di rumah dek.
Kalian ada yang protes, "Kak kan sekolah cari ilmu bukan cari nilai" Kakak jawab "Ilmu itu Lahir dan nilai itu batin" Maksudnya ilmu itu untuk kita terapkan dan nilai itu untuk kita gunakan. (Bukan untuk ajang kesombongan tapi memang "Pada dasarnya seseorang itu yang dilihat hasilnya bukan prosesnya" Suka gak suka mau gak mau nilai itu harus jadi komponen penting dalam kehidupan.

Misalnya kalian mau daftar SMA terus kalian cuma bilang "Bapak ilmu saya cukup untuk saya menerima pelajaran di sekolah ini" Bayangin aja apa yang bakal terjadi, pasti mereka juga akan melihat hasil belajar kalian di SMP/Mts kan, nah wujud hasil belajar kalian apa disekolah? Kalo gak Raport, Ijazah ya SKHU. Nah disana yang tertera disana apa garis besarnya? Nilai kan. Jadi sampe disini ada yang bilang nilai itu gak penting?

******

Oke dedek ku yang manis sampe disini dulu ya, kalian jangan sungkan sungkan untuk sekedar bertanya bisa di kolom komentar atau biar privasi DM aja ya, insyallah Kakak bantu kalo Kakak tau.

Oh iya satu lagi dek, Kakak minta bantuan doa kalian ya supaya Kakak diberikan kesempatan untuk merasakan bangku perkuliahan lewat jalur SBMPTN2019 prody Ilmu Kesejahteraan Sosial di PTN yang kakak inginkan. Aamiin
Trimakasih banyak dek🤗

Happy Reading guys📖

Dear AdekelWhere stories live. Discover now