Sistem Zonasi

373 113 39
                                    

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menerbitkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 51 Tahun 2018 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Di dalam aturan ini, PPDB yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten/Kota untuk pendidikan dasar, maupun Pemerintah Provinsi untuk pendidikan menengah, wajib menggunakan tiga jalur, yakni jalur Zonasi (90 persen), jalur Prestasi (5 persen), dan jalur Perpindahan Orang tua/Wali (5 persen).

Secara umum, tidak terdapat perbedaan signifikan antara Permendikbud Nomor 51 Tahun 2018 dengan Permendikbud Nomor 14 Tahun 2018 yang mengatur PPDB pada tahun ajaran sebelumnya. Melalui aturan ini, Kemendikbud berupaya mendorong pelaksanaan PPDB yang nondiskriminatif, objektif, transparan, akuntabel, dan berkeadilan.

Kakak kutip dari salah satu blog :

https://sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id/m/index.php?r=tpost/xview&id=
249900262

***************

Ini info terbaru yang Kakak tau sih dek, untuk sistemnya bagaimana Kakak kurang tau. Ini kebijakan pemerintah yang terbaru dalam sistem pendidikan kita yang berbeda dari tahun penerimaan ajaran baru masanya Kakak dulu. Kalo Kakak dulu mah dimanapun sekolahnya terserah kita yang tentukan, dan sistem penerimaannya itu bagaimana sesuai dengan kebijakan sekolah itu masing- masing seperti yang Kakak bahas di awal ada yang mengunakan Tes ada yang mengunakan NEM (Nilai Ujian Akhir) jadi nih jamannya Kakak dulu, kami berbondong bondong kesekolah favorit dikota termasuk juga Kakak, alhasil persaingan sengit pun terjadi disana. Sedangkan untuk sekolah standart atau bahkan di daerah terpencil hanya menjadi jalan alternatif apabila di sekolah favorit mereka mengalami penolakan.

Menurut Kakak Sitem Zonasi ini bagus untuk pemerataan pendidikan kita, kenapa? Karna menurut Kakak sekolah di indonesia ini akan menjadi sama rata proporsinya dan bisa bersaing sehat sesamanya. Gak ada lagi tuh anggapan SMP 1 jadi pusat anak anak pinter sedangkan SMP 29 (misal) jadi tempat anak buangan. Kalian pasti sudah gak asing lagi kan dengan istilah istilah itu yang sering kali beredar di masyarakat luas. Dengan adanya Sistem Zonasi ini mempermudah kalian lho dek untuk dapat sekolah dengan radius yang tak jauh dari rumah kalian, itu berarti kalian tak perlu uang lebih untuk transportasi kan. Jadi kalian gak ada alasan lagi tuh buat datang terlambat dengan alasan rumah saya jauh dan terjebak macet, jika itu terjadi itu hanya karna kalian malas dan enggan bangun pagi. Inget ya dek gak ada yang namanya alasan bangun kesiangan kalo kalian itu niat, jaman udah modern alarm ada kan, hp tuh hp kalian yang jutaan harganya jangan cuma untuk main Mobile Legend post foto di Instagram sama chatingan sama mantan, plis dong alasan kuno itu dek sekali kali hp kalian manfaatkan untuk media pembelajaran atau paling tidak minim gunakan lah fitur yang telah disediakan untuk membantu kalian supaya tidak telat kesekolah.

Kembali ke Sistem Zonasi, menurut Kakak sistem ini merupakan salah satu langkah bijak untuk meminimalisir yang namanya kesenjangan pendidikan. Pasti kalian sering nonton berita kan adanya diskriminasi pendidikan di indonesia, diberitakan bahkan sekolah terpencil mengalami ketimpangan pendidikan dengan pendidikan dikota, jadi mereka pada berbondong bondong datang ke kota untuk sekolah di sekolah favorit yang mereka inginkan. Dengan adanya sistem ini gak bakal lagi tuh ada diskriminasi atau paling tidak dapat meminimalisir adanya kesenjangan yang terjadi. Karna apa, tentunya kebijakan ini kedepannya akan lebih berkembang dan menjamah daerah daerah tertinggal di wilayahnya

*******

Jadi untuk dedek dedekku yang manis, jangan banyak mengeluh ya karna kalian gak bisa masuk ke sekolah yang kalian inginkan karna jarak tempuh sekolah kalian yang terlalu jauh. Karna zamannya kalian udah beda dengan zaman Kakak yang mengenal kata sekolah favorit. Untuk kalian semua kakak ada sedikit kata kata yang jauh dari kata sempurna tapi semoga menjadi pemikiran kedua untuk menganggap diri kalian itu biasa aja.

"Emas murni yang terpendam lumpur sekalipun terpendam akan tetap menjadi emas yang mahal harganya."

Jadi dek kalian tuh harus mulai tuh dari sekarang galih potensi dirinya ya. Semangat🤗🤗
Oke sampai disini dulu ya, ada yang perlu ditanyakan? Corat coret di kolom komentar atau DM kakak ya.
Kritik saran dari kalian sangat sangat Kakak butuhkan, trimakasih.

Happy Reading guys📖

Dear AdekelWhere stories live. Discover now