Utul Jogya

65 7 0
                                    

pendaftaran Jalur Mandiri UJian Tulis (Utul) akan dibuka mulai tanggal 11 Juni – 1 Juli 2019. Pendaftaran akan dibuka melalui situs web um.ugm.ic.id.

Perbedaan UTUL jogya kini dan sebelumnya

Tahun ini peserta UTUL wajib mengikuti UTBK SBMPTN terlebih dahulu, karena penilaiannya sendiri adalah gabungan antara nilai UTUL dan skor UTBK. Hal ini pun ditegaskan oleh Wakil Rektor UGM Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Ir. Djagal Wiseso Marseno, M.Agr, di laman resmi UGM. “Peraturan tahun ini untuk bisa mendaftar SBMPTN dan Seleksi Mandiri harus mengikuti UTBK.”

Selain itu, pada UTUL UGM tahun sebelumnya, peserta bisa memilih prodi S1 dan D3, tapi tidak untuk tahun ini. Tidak ada lagi program studi D3, namun tetap ada program vokasi sarjana terapan dengan masa studi 4 tahun dan tetap menekankan pada studi praktik.

Perubahan dari D3 ke D4 ini diharapkan membuka peluang karier lebih baik kepada para lulusannya. Nah sejauh ini ada 13 prodi sarjana terapan yang dibuka dan bisa kamu masuki melalui UTUL UGM. Rencananya akan ada 21 prodi sarjana terapan dalam 2 tahun ke depan.

Jadwal UTUL Jogya 2019

UTUL akan dilaksanakan di 5 kota yaitu Jakarta, Pekanbaru, Medan, Surabaya, dan Yogyakarta. Peserta bisa memilih lokasi ujian di kota-kota tersebut. Rincian lokasi bisa kamu lihat di situs web penerimaan mahasiswa baru UGM. Peserta yang sudah memilih lokasi ujian dan mengunci data tidak dapat pindah lokasi ujian. Bagi peserta yang mengikuti ujian di luar Yogyakarta akan dikenakan biaya verifikasi sebesar Rp225.000 dan dibayarkan paling lambat tanggal 2 Juli 2019.

Squad, Direktur Pendidikan dan Pengajaran UGM, Dr. Agr. Ir. Sri Peni Wastutiningsih mengingatkan agar kamu tidak mendaftar mepet ke tanggal penutupan. Hal ini bisa menyebabkan kepadatan server yang justru menghambat proses pendaftaran.

“Tahun lalu kami buka pendaftaran UTUL selama satu bulan, pada minggu pertama biasanya yang mendaftar baru sedikit sekali. Tapi 1 hari sebelum penutupan yang mendaftar ada 10 ribu,” jelasnya.

Materi tes UTUL Jogya

Kelompok ujian yang bisa dipilih:

Kelompok ujian saintek

Kelompok ujian soshum

Kelompok ujian Campuran (Saintek dan Soshum)

Syarat Pendaftaran UTUL UGM 2019

Pendaftar merupakan lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat, atau paket C tahun 2019, 2018, dan 2017.

Pendaftar memiliki sertifikat hasil UTBK

Pendaftar memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studi yang dipilih

Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C tahun 2017 dan 2018 harus memiliki ijazah

Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C tahun 2019 minimal harus memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL) yang sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang dibubuhi cap/stempel dari sekolah/lembaga penyelenggara paket C yang sah. SKL wajib dibawa pada saat mengikuti ujian tulis.

Prosedur pendaftaran UTUL Joyga

Mendaftar pada laman https://um.ugm.ac.id/admisi dengan mengisi biodata dan mengunggah semua dokumen yang menjadi syarat.


Memilih maksimal 3 prodi program sarjana dan/atau diploma (D4). Urutan pilihan menunjukkan prioritas

Membayar biaya pendaftaran melalui sistem multi-payment Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, Bank Syariah Mandiri (BSM), BNI Syariah, BPD DIY, dan CIMB Niaga.

Mencetak bukti pendaftaran online melalui akun pendaftaran masing-masing

Mencetak Kartu Peserta Ujian yang memuat informasi lokasi dan jadwal ujian, sesuai waktu yang ditentukan, melalui akun pendaftaran masing-masing.

Sumber referensi :

https://www.google.com/amp/s/blog.ruangguru.com/serba-serbi-ujian-tulis-utul-ugm-2019%3fhs_amp=true

Dear AdekelWhere stories live. Discover now