UMPTKIN 2019

47 8 1
                                    

    

  UMPTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) dalam sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia. Pembiayaan penyelenggaraan UMPTKIN dibebankan kepada peserta seleksi dan Kementerian Agama Republik Indonesia. Bagi peserta yang lulus UMPTKIN dari keluarga pra-sejahtera yang memiliki prestasi akademik dan non-akademik dapat mengikuti seleksi program Bidikmisi.

Sumber referensi :
https://um-ptkin.ac.id/

********

Intinya sih UM-PTKIN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) itu sama halnya dengan SBMPTN tapi bedanya kalo SBMPTN itu terkhusus untuk masuk ke universitas sedangkan UM-PTKIN itu untuk masuk ke UIN/IAIN/STAIN

Sampe disini paham?

Tapi dek, ada beberapa UIN di Indonesia yang yang membuka semua jalur. Jadi bukan hanya khusus untuk SPAN dan UM-PTKIN saja tapi juga melayani di SNMPTN dan SBMPTN. Contohnya UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan UIN Malik Ibrahim Malang, disana membuka semua jalur dek (Sekedar info sih, semoga bermanfaat)

Tapi Kakak tekankan untuk kalian anak bidikmisi, tidak di perkenankan mengambil UIN dijalur SNMPTN dan SBMPTN. Kenapa? Karna khusus bidikmisi di UIN/IAIN/STAIN itu pendaftarannya setelah kalian di terima disana dek, sesuai dengan ketentuan setempat. Kalo kalian memaksa bidikmisi di UIN ketika SNMPTN atau SBMPTN maka bidikmisi itu tidak berlaku. Kan bidikmisi yang kalian daftarkan itu dibawah kementerian pendidikan sedangkan UIN dan sejenisnya berada di bawah kementerian agama.

Bedanya Universitas biasa sama UIN apa sih kak?

Kakak jawab, tapi tanpa referensi ya!!

Intinya mah gini dek, UIN itu ibaratkan MAN
dan Universitas biasa itu ibaratkan SMA
Jadi mereka itu serupa tapi tak sama.

Paham gak?😂

🌸🌸🌸🌸🌸

Kakak ikutan UM-PTKIN gak?

Iya Kakak ikutan. Pilihan Kakak UIN dan IAIN nya masih sama jurusan nya juga sama persis kek waktu SPAN kemarin. Kenapa gak ganti? Karna menurut Kakak, untuk apa Kakak ubah kalo niatnya Kakak disana. Kakak mau banget menuntut ilmu disana jadi Kakak gak ada niatan untuk berubah.

Yang pertama Kakak pilih :

UIN A :

   -Pengembangan Masyarakat Islam
   -Psikologi Islam

IAIN B :

   -Pengembangan Masyarakat Islam

Kakak tesnya di di IAIN B karna berada dalam satu kota sama Kakak, jadi kakak gak jauh-jauh untuk ikut tes.

Toh di ketetapan UM-PTKIN itu di tulis nya panlok untuk ujian kita itu diisi salah satu dari pilihan kita itu. Jadinya Kakak ambil pilihan kedua itu yang berada di kota Kakak sendiri.

 Jadinya Kakak ambil pilihan kedua itu yang berada di kota Kakak sendiri

Oops! Această imagine nu respectă Ghidul de Conținut. Pentru a continua publicarea, te rugăm să înlături imaginea sau să încarci o altă imagine.

(Itu kartu peserta Kakak)

Kakak kan ambil Ips nya, jadi itu pertama
Mengerjakan tes kemampuan ips yang terdiri dari Mapel pelajaran Ips seperti Sosiologi, Sejarah, Ekonomi, Geografi. Lalu setelah itu istirahat 30 menit. Beda dengan UTBK yang per ganti mapel cuma istirahat selama 30 detik. Lumayan lah buat refreshing otak jalan jalan sekitar IAIN bentar sebelum kembali bantai soal. Baru yang kedua setelah istirahat mengerjakan soal kemampuan dasar, yang terdiri dari Mapel B.Indonesia, Matematika umum, Matematika dasar, dan Keagamaan tentunya.

Boleh cerita sedikit gak😂😌

Di saat waktu mengerjakan Kakak itu kurang 20 menit itu Kakak masih kurang mengerjakan soal sebanyak 10 butir dan itu mapel Matematika umum😂 malah Kakak di depan pengawas lagi. Beneran Kakak isi asal-asalan tuh. Bissmillah aja deh doakan Kakak lulus ya🙏

Bukan hanya itu dek, di saat cek ruang H-1 sebelum ujian, itu kan di kertas ujian Kakak tertera di ruang IPS-31, nah di mading depan itu udah bener deh kayaknya di gedung F-9 kata pak satpamnya juga. Nah kan Kakak itu posisi jalan kaki naik turun tangga malah bulan puasa naik turun tangga, eh ternyata gedung F cuma sampai 7. Kakak binggung dong sampe tanya di orang-orang ruang IPS-31 dimana gak ada yang tau. Kakak sendiri, siang-siang sampe Kakak hampir pingsan🙈 sungguhan. Gak beda jauh saat Kakak cek ruang untuk UTBK tapi masih parah waktu yang lihat ruang untuk UTBK, yang waktu itu Kakak udah jatoh tapi yang kali ini enggak, cuma penglihatan Kakak agak kabur. Sampe akhirnya Kakak jogkok sampe Kakak stabil baru lanjut cari ruangan🙈.

Setelah Kakak naik turun tangga gak nu nemu, akhirnya Kakak ketemu juga sama ruang IPS-31. Ternyata itu ada di ruang G-3 pojok belakang🙈 Alhamdullilah banget deh akhirnya Kakak ketemu juga sama ruangan nya.














Udah ya sampe disini dulu Kakak ceritanya💐💐
Kakak mohon banget sama kalian ya. Doakan Kakak lolos SBMPTN 2019 ini🙏
Aamiin

Dear AdekelUnde poveștirile trăiesc. Descoperă acum