Anak Bidikmisi

62 7 1
                                    

Jadi anak bidikmisi itu harus siap sibuk dek, Kenapa Kakak bilang begitu? Ya karna faktanya begitu dek.

Sebelumnya Kakak tanya, Udah tau apa itu Bidikmisi?

Beasiswa Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik, baik untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi pada program studi unggulan sampai lulus tepat waktu. Program ini diselenggarakan sejak tahun 2010.

Sumber referensi:
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Beasiswa_Bidikmisi

*******

Jadi bidikmisi itu semacam beasiswa pendidikan yang di berikan oleh Kementerian Pendidikan untuk kalian yang punya keinginan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi namun terkendala oleh biaya dek. Nah untuk mendapatkannya kalian perlu memenuhi beberapa persyaratan. Diantaranya :

Persyaratan mendaftar Bidikmisi sesuai ketentuan yang tercantum dalam laman resmi Bidikmisi untuk tahun 2019 adalah sebagai berikut:

1. Siswa SMA/SMK/MA atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2019, memiliki identitas berupa Nomor Induk Siswa nasional (NISN) dan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN).

2. Lulusan tahun 2018 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing-masing perguruan tinggi.

3. Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun.

4. Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria:

Siswa  Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP)  atau pendapatan kotor gabungan orang Tua/Wali (suami istri) maksimal sebesar Rp 4.000.000,00 per bulan dan atau pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp 750.000,00 setiap bulannya.

5. Pendidikan orang Tua/Wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4.

6. Memiliki potensi akademik baik berdasarkan rekomendasi objektif dan akurat dari Kepala Sekolah.

7. Pendaftar difasilitasi untuk memilih salah satu diantara PTN atau PTS dengan ketentuan  pilihan seleksi masuk melalui: Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMTPN), Seleksi mandiri PTN, Politeknik, UT, dan Institut Seni dan Budaya dan PTS sesuai dengan pilihan seleksi masuk.


Sumber referensi :

https://amp-kompas-com.cdn.ampproject.org/v/s/amp.kompas.com/edukasi/read/2019/02/26/13423531/pendaftaran-beasiswa-bidikmisi-sudah-dibuka-ini-syarat-dan-ketentuan?amp_js_v=a2&amp_gsa=1&usqp=mq331AQA#referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com&amp_tf=Dari%20%251%24s

********


Itu sih dek gambaran umum bidikmisi, tapi waktu ngisi webnya itu ntar kalian di minta nomer Kartu keluarga, Scane SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) yang harus ngurus dulu di kelurahan (Kecuali yang punya KIP). Scane foto ukuran 4×6, Foto Keluarga, Foto rumah, Foto ruang Keluarga, Foto ruang tamu, dan serangkaian data lainnya.

Lumayan ribet lah, kemaren Kakak juga ngurus itu semua dek di tengah kesibukan jadwal anak kelas 12.

Cuma saran sih dek, Kalian yang mau ikutan bidikmisi yang serius ya. Jangan cuma pengen dapat uang saku gratisan harus di jaga amanahnya. Lagi pula di PTN nanti suatu saat bidikmisi kalian bisa di cabut kalo kalian tidak mengikuti ketetapan yang telah di berikan.

Jadi dek, buat kalian jangan selalu berpatok sama uang untuk meraih cita-cita ya😉





See you dek😘
Happy Reading📖📖

Dear AdekelOnde histórias criam vida. Descubra agora