3. terjebak hujan

166 32 10
                                    

Selama gue kenal Daffa, banyak banget hal random yang pernah dia lakuin. Contohnya dia pernah tiba-tiba pengen nonton tanpa tau jadwal dan film apa aja yang diputer di bioskop, atau juga dia pernah pengen main ke pantai yang bikin kita berdua berjam-jam berkendara ke Pangandaran. Makan nasi padang malem hari belum cukup random, tapi dia rewel makannya pengen di rumah makan nasi padang yang ada di ujung kota. Jauh banget, tapi akhirnya gue turutin karena, siapa sih yang gak doyan nasi padang?

Bukan itu poinnya, sih, karena sepulang dari rumah makan kita dicegat hujan deras di tengah jalan. Walaupun Daffa bawa jas hujan, tapi dia cukup waras buat gak nerobos air hujan yang jatuhnya gak kira-kira. Kita berdua meneduh di depan ruko yang udah tutup—jelas aja karena udah jam sepuluh malem—sambil nunggu kapan redanya. Untungnya kita berdua belum begitu basah kuyup kena hujan, jadi nggak dingin-dingin amat, lah.

Daffa nyodorin sepasang tangannya ke hadapan gue yang sebenernya udah gue pahami maksudnya apa, tapi gue memilih buat pura-pura gak tau.

"Apaan?"

Dia gak ngomong, cuman makin nyodorin tangannya, mengisyaratkan biar gue pegang. Badan doang gede tapi mau minta pegang tangan aja susah.

"Ih, apa sih, coba ngomong?"

"Dingin!" Dia malah nyolot terus akhirnya pegang tangan gue duluan.

Sebuah senyum tertahan berusaha berontak di bibir gue ngeliat kelakuan Daffa yang kayak gitu. Biasanya dia yang bakal isengin gue, tapi kali ini, ketika dia lagi gengsi buat minta sesuatu juga merupakan keadaan asing yang gak harusnya gue sia-siakan.

Baru mau ngeledekin dia lagi, sebuah petir menggelegar, refleks gue langsung menyuruh untuk tutup mata sambil meringkuk ke arah Daffa. Gengsinya Daffa luluh seketika karena kini giliran dia yang ketawa sambil narik gue mendekat.

Karma datangnya secepat ini.

"Masa sama petir aja takut," ledeknya.

Gue nyikut Daffa, gegabah banget bilang gitu. Belum tau aja kan gimana kalau tiba-tiba ada petir yang nyamber dia!

"Sok banget sih lo ngomongnya!"

Guntur menggelegar lagi. Kalau udah gini tandanya kita berdua bakal kejebak di tengah hujan badai. Dan kalau udah ada guntur gini, paling gue cuman bisa diem kikuk karena gak berani ngapa-ngapain.

Daffa narik gue berdiri di depan dia sebelum akhirnya melingkarkan tangannya di leher gue lalu naruh dagunya di atas kepala gue, sesekali ngusek rambut gue.

"Nih, udah aku peluk, jangan takut," kata Daffa. Gue gak bisa liat mukanya, tapi gue bisa denger senyumnya.

"Emangnya kalau kamu peluk petirnya bakal berhenti," gerutu gue pelan.

"Aku denger ya! Lagian peluk tuh bisa ngurangin rasa takut tau, kak!"

Gue cuman mencibir sambil terus-terusan nunduk. Menit-menit berikutnya masih dipenuhi petir yang menyala-nyala dan guntur yang menggelegar. Daffa tau gue takut sama petir, makanya dari tadi dia sendiri yang ngoceh gak jelas, jadi gue kayak dengerin siaran podcast. Tapi justru itu lebih bikin gue nyaman dibandingkan diajak ngobrol karena ya.... gue gak mungkin bisa nyautin saking takutnya.

"Hujaaaaan," seru dia kemudian. Gue mendongak penasaran tapi Daffa nahan kepala gue pake dagunya. "Kapan sih berhentinya? Kasian Kak Meyi mau pulang udah malem."

Denger dia nyeletuk gitu, senyum gue sontak merekah.

"Yang harusnya dikasianin tuh kamu, besok ada kelas pagi!"

"Gapapa, kan bisa bolos."

Lagi, gue menyikut dia, tapi Daffa cuman cengengesan doang antara cuma bercanda dan beneran mempertimbangkan buat bolos besok.

"Enak banget ngomong bolos bolos."

"Bercanda doang, hehe."

Takut gue udah sedikit melebur, jadi gue nanggepin semua ocehannya Daffa yang kebanyakan enggak jelas. Untungnya gak berapa lama kemudian, hujan udah mulai reda dan kita berdua mutusin buat nerobos gerimis kecil yang tersisa.

"Kak, gimana kalau gak usah pake jas hujan?" Tanya dia pas kita udah pake helm.

"Ntar sakit!"

"Oh iya," katanya sambil majuin bibir. "Kalo kakak sakit tar gak ada yang marahin aku."

"Job desc aku sebagai pacar cuma buat marah-marahin kamu ya?"

Daffa ngangguk semangat. "Tiap hari kamu marahin aku."

"Ish, padahal aku juga punya job desc lain?"

"Apa?"

Gue tersenyum kecil sebelum berjinjit lalu narik kerah bajunya. Muka Daffa merah merona sesaat setelah sebuah kecupan mendarat di pipinya. Dia gak bilang apa-apa sampe kita berdua duduk di atas motor.

Lalu, dengan malu-malu dia bilang, "Ralat deh, job desc kakak gak cuman marah-marah. Kayak tadi juga job desc kakak sebagai pacar aku."

over everythingWhere stories live. Discover now