9. aku mau tanya

100 26 13
                                    

Tubuh gue punya daya tahan yang lemah when it comes to period. Biasanya, seminggu sebelum, atau pas, datang bulan gue bakal kena demam dan gak enak badan. Hari ini gue memutuskan buat gak berangkat ke kampus dan diem di kosan saking lemesnya. Paket lengkap banget sakit perut ditambah demam. Untungnya Daffa gak ikut jadi nyebelin juga.

Pulang kuliah, dia sempet-sempetnya nyamper cuma buat balikin kardigan dan nanya mau makan apa. Ketika gue bilang gak mau apa-apa, dia malah beliin gue beberapa cemilan dari minimarket. Padahal itu pertama kalinya kita ketemu setelah empat hari. Setelah Daffa keluar sama mantannya. Masih belum ada kejelasan juga mereka pergi kemana dan ngapain aja. Mungkin memang gak perlu dijelasin karena memang gak penting. Mungkin cuma gue yang berlebihan.

Daffa duduk di samping gue di sofa, ngeladenin gue yang senderan sekaligus mainin tangannya. Sesekali, dia bakal isengin gue dengan nangkep tangan gue dan menggengamnya. Kemudian nggak dilepas lagi.

"Kamu ada obat gak, sih?" tanya Daffa, mengalihkan pandangan dari layar TV ke gue.

"Ada," jawab gue seadanya. "Paracetamol yang biasa."

"Jangan paracetamol doang, periksa ke dokter aja ayo," ajaknya yang segera gue tolak.

Sakit demam doang. Lagian gue tau kalau gini tandanya bakal ada tamu bulanan.

"Gak usah."

"Yakin?"

Gue ngangguk. Setelahnya kita berdua saling diem lagi dan kalau udah diem gini yang kepikiran di otak gue cuma Daffa pergi sama mantannya. Gue gak mau dicap cewek posesif.... tapi gue punya hak nanya soal hal begini, kan?

"Aku mau tanya," kata gue.

"Aku mau jawab."

"Kamu Sabtu kemaren keluar ke mana?"

"Nemenin temen belanja," jawabnya santai.

Gue menghela napas panjang. Daffa emang kayaknya nggak mau cerita dan gue rasa mereka emang udah nggak ada status apa-apa lagi selain temen. Mungkin.

"Temen siapa? Sonia Sonia itu...?"

Saking menciutnya suara gue, Daffa sampe harus deketin telinganya ke bibir gue.

"Apa?"

"Temen siapa? Sonia itu.... mantan kamu, kan?"

Setelah denger pertanyaan gue dengan jelas, dia perlahan ngejauhin telinganya. Ada jeda beberapa waktu sebelum Daffa akhirnya natap gue.

"Iya," katanya pelan. "Maaf kemaren gak ngasih tau. Aku pikir.... kamu bakal marah."

"Selama perginya gak macem-macem, ngapain aku marah?"

"Gak macem-macem kok, sumpah, cuma nemenin dia beli barang buat pindahan," jelasnya. "Semua temen-temennya sibuk jadi cuma ada aku yang dimintain bantu. Lagian abis itu gak ngapa-ngapain, aku—"

"Ya udah, nggak usah dibahas lagi, oke?"

"Tapi kamu ngambek." Daffa menyimpulkan seenaknya setelah menelisik wajah gue.

Gue gak ngambek. Tapi kenapa dia harus nerusin pake embel-embel abis itu gak ngapa-ngapain, sih? Siapa juga yang mau tau?

Ketika gue gak kasih respon lanjutan, Daffa malah menatap gue lama, bikin gue sedikit risih. Gue gak suka diliatin, rasanya tiap kali diliatin kayak lagi dibaca kelemahannya. Maka dari itu, gue tutupin mukanya Daffa pake tangan satunya yang bebas dari genggaman dia. Daffa ketawa pelan ketika gue mendengus kesal. Untungnya anak-anak kosan yang lain belum pulang, jadi mereka gak perlu liat gue dipayah-payahin Daffa gini.

"Tuh, kan, ngambek," celetuk dia sekonyong-konyong.

"Gak ngambek! Aku gak ngambek kalau kamu lebih jujur!"

Bukannya ditanggepin serius, Daffa narik tangan gue yang nutupin mukanya tadi lalu dia malah makin nyari muka gue buat diliatin. Pada akhirnya gue cuma bisa buang muka.

"Kak, kamu tuh kalau lagi senyum manis, kalau lagi ngambek lucu, maunya apa, sih?"

"Geli banget, sih, stop looking at me and stop saying nonsense!"

Ketawa Daffa menggema di ruangan. Tipe ketawa menang yang super nyebelin dan bikin gue pengen nabok kepalanya kalau aja gue gak sadar tangan gue dua-duanya dipegangin dia.

"Iya, iya, aku bakal coba lebih jujur," katanya kemudian. "Sekarang coba liat aku."

Karena sisa tenaga gue yang makin berkurang, gue udah males mendebat Daffa dan segala tingkahnya. Alhasil gue nurut waktu dia bilang gitu. Awalnya gue kira dia bakal bilang sesuatu yang lebih serius, but he stole a kiss on my lips. Setelahnya dia ketawa lagi.

"Ugh, I hate you!"

"Love you, too!"

Emang dasar kurang ajar.

over everythingWhere stories live. Discover now