11. tidur!

123 19 26
                                    

Karena kesibukan dan acara masing-masing, jam setengah sepuluh gue baru dijemput Daffa dari kosan lalu berangkat ke rumahnya dia. Rumah Daffa masih asing walaupun dia nyuruh gue buat anggap aja kayak rumah sendiri tapi gue tetep ngerasa belum familiar. Terlebih gue baru pernah ngunjungin rumahnya sekali dan itu pun ada ibunya.

How am I gonna make myself at home when it's just the two of us awake?

Daffa yang ngeliat gue menghela napas pelan naikin alisnya dan gue cuma bisa angkat bahu. Dia berjalan ke sofa depan TV, narik sofanya jadi kasur lalu duduk sebentar di sana sambil regangin badan.

"Mandi sana," perintah gue karena tau dari tadi ini anak abis futsal langsung jemput gue tanpa mandi dulu. "Bau tau."

Ujung bibir Daffa perlahan ketarik jadi sebuah seringai yang bikin gue ngerasa gak enak. Bener aja, dong, karena dia seketika berdiri terus rentangin tangannya seakan meluk gue.

"Peluk dulu nanti aku mandi," ancamnya.

Gue mundur perlahan sambil pasang muka ogah. Orang gue udah siap tidur pergi ke sini pake piyama doang.

"Jangan banyak tingkah, cepet sana mandi!"

"Peyuuuuuuuk!" rengeknya.

Muka manjanya persisten terpampang. Semakin gue mundur semakin dia mendekat dan gue inget ini trik Daffa buat selalu dapetin apa yang dia mau dari gue! Dia bakal mojokin gue sebelum akhirnya gue nyerah.

Tentu saja kali ini gue nggak nyerah. Saat Daffa melangkah maju, gue tetep berdiri di tempat. Toh juga dia bakalan segan meluk gue karena gue bakal ngamuk.

Dahi dia mengernyit seraya nurunin kedua tangannya.

"Aku beneran peluk ya!"

"Mandi gak?!"

Seringai jahil Daffa luntur diganti sama wajah cemberut yang bikin dia makin kayak anak kecil. Tanpa ngomong apapun lagi, dia berlalu ke kamar mandi dan gue duduk-duduk di sofa yang udah berubah jadi kasur ini.

Terakhir—yang sebenernya pertama kali juga—gue ke sini, gue gak sempet perhatiin keseluruhan rumahnya Daffa kayak apa saking asik ngobrol sama dia dan ibunya. Baru sekarang aja gue sadar ruang tengahnya dipenuhin sama foto-foto keluarga mereka, digantung dan ditaro di atas bufet. Ada satu foto keluarga lengkap bareng kakak dan kakak iparnya Daffa, juga satu anak bayi yang bisa dipastikan adalah ponakannya Daffa. Ada juga foto waktu Daffa kecil, sama temen-temen di panti.

Ruangan itu gak penuh sama barang-barang antik ataupun mewah walau ibunya Daffa paham betul soal furnitur. Malah rasanya ruang tengah itu lengang, gak sumpek, tapi masih kerasa hangatnya.

"Tidur."

Sebuah suara berhasil menginterupsi lamunan gue dan Daffa lagi gelar selimut begitu gue nengok.

"Tidur, lah, kamu sana!"

Gue jalan ke arah sofa dan langsung berbaring setelah masuk ke dalam selimut. Bukannya pergi ke kamar, Daffa malah diem di sisi sofa dengan muka cengonya. Mungkin kalau diibaratkan, muka dia udah dipenuhi tanda tanya.

"Aku tidur di sini, nemenin kamu."

Sekarang gantian gue yang bingung campur panik. Dia kan punya kamar sendiri, ngapain tidur di luar?

"Tidur di kamar, sana."

"Ngapain aku ajak kamu nginep kalau tidurnya sendiri-sendiri?"

Gue paham kok maksudnya dia tuh gak macem-macem, tapi ini pertama kalinya gue nginep sendiri di rumah cowok dan ... masa iya tidurnya bareng? Walaupun gak ngapa-ngapain, kan, tetep aja gue ngerasanya aneh.

"Jagain kamu biar gak keluar malem terus pulang-pulang udah nambah tindikan," jawab gue sambil berbaring membelakangi dia.

"Emangnya kamu satpam aku?"

"Diem! Aku mau tidur!"

Gue merem, berharap cara ini bakal bikin Daffa berhasil diem dan gangguin gue, tapi nyatanya dia makin semangat. Yang ada dia malah mulai niupin telinga gue pelan banget sampe-sampe gue mesti nutup seluruh kepala pake selimut.

Daffa masih gak nyerah juga, karena dia malah ikut masuk ke selimut dan sekujur badan gue langsung merinding. Gak ada pergerakan lanjutan dari dia, yang bikin gue mikir pasti orangnya udah tidur duluan. Salah besar gue nebak demikian dan memutuskan buat balik badan karena Daffa masih bangun, tiduran menghadap gue, dan mainin rambut gue pelaaaaan banget sampe gue gak ngerasa apapun.

"Tidur!"

Saking kagetnya denger suara sendiri, gue sampe membulatkan mata. Barusan gue kedengeran kayak lagi bentak Daffa, tapi dia yang biasanya bakal ngambek kalau dibentak, malah  cuma tersenyum kecil. Wajah gue terasa panas liat senyumnya dia. Ada rasa-rasa pengen berbalik belakangin dia lagi tapi Daffa nahan gue dengan melingkarkan tangannya di tubuh gue.

"Gak bisa tidur," katanya pelan.

"Tidur, lah, capek tadi ngampus seharian terus main futsal," cerocos gue.

Daffa geleng kepala. "Kamu lupa sesuatu, makanya aku gak bisa tidur."

Hati gue mendadak sprint di tempat denger dia ngomong gitu. Gue mau jawab juga lidah gue rasanya kelu.

"Um.... Lampu.... Kita lupa matiin lampu."

Daffa nengok, lalu bangun cuma buat matiin lampu sebelum balik lagi ke dalam selimut peluk gue lagi sedangkan satu tangannya gue jadiin bantal. Ada sepersekian detik yang gue habiskan untuk nahan napas sebelum akhirnya menghela dengan amat berat.

"Kenapa?"

"Nggak." Gue menggeleng. "Gapapa."

Dengan jawaban itu, Daffa menarik gue mendekat dan hati gue seketika berdentum keras sampe-sampe gue hampir gak bisa ngerasain lagi dentumannya.

"Kenapa.... Ibu percayain aku buat nginep?"

"Karena dia tau kita gak bakal macem-macem," kata Daffa. Dia mendekat and he let our noses brush against each other.

"Dari mana ibu kamu tau kita gak bakal macem-macem?"

"Kamu pikir aku berani macem-macem sama kamu?"

"Emang kamu gak berani?"

Daffa langsung mengerang denger pertanyaan gue dan gue seketika sadar kalau gue gak seharusnya nanyain itu.

"Jangan nantangin!"

"Siapa yang nantangin?! Kan aku cuma nanya!"

Beberapa detik selanjutnya bikin pertahanan gue runtuh. Daffa cuma diem sambil liatin gue dengan tatapan yang gak bisa gue artiin. Kalau coklat bakal meleleh karena panas, gue meleleh karena tatapan Daffa. Saking gak berdayanya, gue sampe nundukin tatapan dan menelan ludah.

"Tidur," kata Daffa.

Sesaat sebelum gue nengok ke dia, Daffa melayangkan sebuah kecupan di bibir gue. Satu kecupan untuk waktu yang lama. Satu kecupan yang kalau gak segera diakhiri ceritanya bakal beda.

"Tidur," ulang gue setelah menarik diri.

Sekedar mengeluarkan satu kata itu susahnya bukan main dengan jantung gue rasanya hampir jatuh. Gue memejamkan mata duluan. Biar gak diliat Daffa, gue sembunyiin muka gue di lehernya. Daffa cuma terkekeh pelan liat tingkah gue yang mendadak berantakan dibuatnya. Sesaat sebelum gue beneran jatuh ke alam mimpi, gue bisa merasakan Daffa mengecup puncak kepala gue, dan pelukannya yang makin erat di tubuh gue.





malu bgt astagfirullah

over everythingWhere stories live. Discover now