37. kecewa

108 13 5
                                    

Kalau ada satu hal yang paling gue benci di dunia yaitu ketika semuanya nggak berjalan sesuai rencana. Daffa yang dari seminggu sebelumnya bilang mau ikut gue pulang ke rumah, juga memastikan kalau mobil ibunya nggak lagi kepake, jadi dia bisa bawa mobil aja alih-alih naik bis yang makan waktu lebih lama.

Yang jadi masalah di sini yaitu karena Daffa dari kemarin pagi nggak ada kabar. Gue masih bisa berpikir positif aja kemarin. Tapi ketika hari ini masih nggak ada respon, gue mulai panik-panik ajaib. Mulai mikir yang aneh-aneh.

Gue baru bisa sedikit tenang setelah nge-chat ibunya yang kemudian bilang Daffa nggak kenapa-napa dan bakal jemput gue secepatnya. Tapi nyatanya setelah lewat dari jadwal jam yang ditentukan pun dia nggak datang juga.

Dan akhirnya setelah lewat sejam setengah tanpa ada kabar, gue nekat berangkat ke terminal sendirian.

🙃🙃🙃🙃🙃🙃🙃🙃

Yang lebih sialnya, gue ketinggalan bis dan harus nunggu dua jam lagi buat bis selanjutnya datang. Gue bakal nyampe rumah malam dan menghadiri acara lamaran Kak Kiana dengan amat grumpy besok.

Di titik ini rencana gue hancur lebur berantakan sampe bikin gue sesak karena kesal. Gue cuma pengen bisa teleportasi agar cepet sampe rumah dan memperbaiki mood karena sekarang liatin hal-hal yang menurut gue lucu sekalipun malah makin mengesalkan. Liatin chat lucu di grup juga malah jadi dongkol sendiri karena di grup keluarga rame nyuruh gue cepet datang. Sedangkan di grup kosan pada nanyain gue di mana, as if gue belum bilang mau pulang.

Beberapa saat kemudian HP gue dipenuhi SMS--iya SMS soalnya gue baru aja blok dia dari segala macam aplikasi messenger--dan telfon dari Daffa.

Gue mendecak pelan sebelum matiin HP gue dan berharap bisnya bakal cepet datang. Telfon dari Daffa malah bikin emosi makin memuncak dan gue malah kepikiran kenapa dia nelfon setelah seharian lebih nggak kasih kabar.

"Kak!"

Gue mengernyit waktu denger suara familiarnya Daffa yang tau-tau udah di samping gue dengan napas terengah. Dia lebih rapih dari yang gue harapkan, dan tentu aja gue harus buang muka karena rasanya liat muka dia aja masih kesal.

"Kak, maaf aku telat banget," katanya penuh penyesalan. Entah tulus apa nggak, gue kepalang naik darah. "Balik ke mobil aja yuk, biar lebih cepet pulangnya."

"Aku naik bis."

"Masih lama, nanti nyampenya malem," bujuknya yang entah kenapa malah bikin gue ngerasa sedih.

Daffa mengulurkan tangannya tapi gue sengaja diemin. Gue pengen banget protes kenapa dia segampang ini nyari gue dan minta maaf gitu aja? Masalahnya bukan cuman karena gue nggak dapet kabar seharian penuh, tapi Daffa kayak udah ngasih harapan tapi dia malah lari dari tanggung jawab.

"Ayo," ajaknya lagi.

Gue menarik napas panjang. Nggak mungkin juga terus mendebat dia di saat banyak orang di sekeliling. Jadi gue akhirnya nurut dan membiarkan Daffa menggandeng gue ke mobil walau dengan berat hati.

-

Boleh nggak, sih, gue menambahkan satu hal lagi soal sesuatu yang gue benci? Selain rencana berantakan, gue juga paling benci nangis di depan orang yang bikin gue nangis. Tapi kayaknya saking kesalnya gue udah nggak bisa lagi nahan air mata sampe gue nangis entah yang ke berapa kali di depan Daffa.

Sepanjang jalan kita berdua sama-sama diem. Daffa sesekali ngomong basa-basi walau nggak gue tanggepin. Setengah jalan menuju rumah gue habiskan dengan pura-pura tidur dengan nutupin muka pake jaket. Padahal aslinya nangis saking ngerasa kesal. Daffa, sih, kayaknya tau soalnya gue berisik banget dan dia sempet berhenti di minimarket buat beliin minuman favorit gue.

Mungkin karena gue mendekati tanggal mens juga yang bikin gue seemosional ini, tapi sejauh pacaran sama dia, emang baru hari ini gue bener-bener ngerasa kecewa luar biasa.

"Lepas antingnya," ujar gue dengan suara yang ternyata udah sumbang waktu kita sampe di depan rumah.

Daffa nurut lalu ngikutin gue masuk rumah bersamaan dengan adzan Maghrib.

Kedatangan gue disambut ramai sama orang-orang rumah yang ternyata diinepin sama bibi dan om dan keluarga lainnya juga.

Daffa membuntuti gue nyalamin semua orang satu per satu. Waktu ditanya siapa, gue mau nggak mau jawab pacar gue dong mengakibatkan mereka langsung sibuk ngecengin. Ada yang ciein, lah. Ada juga yang bilang gue bakal cepet nyusul Kak Kiana nikah yang bikin nyokap gue cuma mendengus pelan terus senyum tipis.

"Daffa, tante," katanya waktu salam sama Mama.

Mama cuma senyum tipis terus manggut-manggut. Gue cukup tegang waktu ngenalin mereka berdua, tapi ternyata Mama nggak secuek itu.

"Mandi dulu, sana," katanya ke kita berdua. "Daffa taro barangnya di kamar Alta aja."

Lalu Daffa menatap gue dengan bingung seolah nanya di mana kamarnya Alta. Tapi gue terlampau capek buat jawab dan akhirnya ninggalin dia di ruang tengah sedangkan gue masuk kamar.

-

over everythingحيث تعيش القصص. اكتشف الآن