2. kebiasaan lama

196 30 9
                                    

"Mulut gue asem banget."

Pernyataan dengan suara pelan yang bukan ditujukan untuk gue itu menarik perhatian semua orang yang ada di ruang tengah termasuk gue. Si penutur alias Daffa celingukan begitu liat kita berempat lagi mandangin dia dengan kebingungan. Ekspresinya melebur jadi cengiran setelah matanya menangkap gue dengan muka nuntut penjelasan.

"Wah parah, katanya udah berhenti lo?" sahut Nanda manas-manasin.

"Marahin aja tuh, kak, kangen ngerokok kayaknya dia," tambah Bila sambil mengedikkan bahu.

Daffa nendang kaki Bila lewat kolong meja, bikin cewek itu julurin lidahnya karena ternyata Daffa kalah cepet.

"Jangan jadi setan gitu dong kalian," kata Daffa santai. Yang lain langsung geram denger dia ngomong gitu seolah paling suci di sini aja.

"Astagfirullah, harusnya lo ngaca yang kelakuannya kayak setan tuh elo!" tandas Tyas dengan muka super serius yang berhasil bikin gue nahan tawa.

Daffa cuma muter bola mata terus bergeser mendekat ke gue sambil matanya balik lagi fokus ke laptopnya. Tyas sama Bila yang bukan lain adalah temen kos gue, ajaibnya merangkap jadi temen sekelas Daffa juga dan dengan baik hati ngebolehin Daffa sama Nanda yang hobinya ribut buat numpang nugas sekaligus wifian di kosan.

Keempatnya anteng sama laptop masing-masing. Gue nggak nanggepin pernyataan Daffa yang tadi walaupun gue juga penasaran apa dia masih ngerokok atau nggak. Diem-diem, gue mendekat ke arah Daffa cuma buat nyium bau kemejanya. Nggak ada bau rokok yang nyengat, cuma bau bedak bayi kayak biasanya. Daffa bilang juga dia udah nyoba berhenti dari semenjak kita jadian enam bulan lalu. Lagipula, walaupun gue nggak bisa tolerir asap rokok, bukan berarti Daffa harus stop ngerokok sepenuhnya. Boleh aja dia ngerokok, asal nggak di depan gue.

Daffa tiba-tiba bangun, bikin gue menarik diri cepet-cepet biar gak ketauan abis curi-curi bauin wanginya dia.

"Mau kemana?" tanya gue.

"Ke toilet," jawabnya singkat.

"Ngerokok ya?!" Nada bicara gue naik dengan sendirinya tanpa gue niatin.

"Pasti, tuh," sahut Nanda.

"Awas Daf, kamar mandinya tau-tau bau rokok abis lo keluar," timpal Tyas.

"Kagak!" sergahnya terus noleh ke arah gue. "Gak ngerokok, kak, sumpah. Jangan suudzon mulu sama aku kenapa, sih!"

Gue bikin gerakan ngusir dengan tangan yang direspon Daffa dengan helaan napas kesel.

"Dia beneran udah berhenti ngerokok?" tanya gue pelan ketika Daffa udah ilang di ujung lorong.

Bila sama Tyas liat-liatan bingung terus ngangguk barengan.

"Nggak pernah liat dia ngerokok lagi, sih, di kampus," jawab Bila, gue manggut-manggut. "Coba tanya Nanda."

Yang disebut namanya langsung waswas kayak abis ketangkep basah ngelakuin hal ilegal. Selain Adli, temen paling deketnya Daffa yang gak hadir saat itu, dia juga satu tongkrongan sama Nanda dari awal masuk kuliah. Ya, Nanda boleh aja bentukannya imut-imut, tapi ternyata dia anak tongkrongan yang hobinya ngerokok atau gak minum.

"Kok gue?!" katanya panik. Matanya kesana kemari nyari pertolongan, tapi kita bertiga ada di sana buat mojokin Nanda. "Gak tau kak, sumpah. Gak pernah liat dia ngerokok lagi."

"Panik banget lo," komentar Tyas.

"Ya abis gue kayak lagi diinterogasi!"

"Tenang aja kali, lagian Daffa masih ngerokok atau nggak juga, bebas. Asal jangan depan gue," ucap gue, Nanda langsung ngelus dada sambil manggut-manggut.

Begitu dia balik dari toilet, kita berempat bertingkah seolah nggak abis ngobrolin Daffa. Dia kembali duduk lesehan di samping gue, terus dengan kurang ajarnya nyodor-nyodorin lengan bajunya ke muka gue.

"Apaan sih!" protes gue sambil nahan tangannya.

"Cium!"

"Daf, kalau mau nyuruh cium-cium tuh mending pas berduaan aja, sekarang kerjain dulu tugas lo anjir," omel Bila.

"Otak lo, Bil." Daffa geleng-geleng kepala. "Padahal gue nyuruh cium baju gue gak bau rokok."

"Yaudah, emang gak bau rokok!" Gerutu gue sambil ngejauhin tangannya.

"Emang ya, baru diomongin tadi, setannya udah muncul aja lagi," celetuk Tyas.

Gue menjulurkan lidah ke Daffa yang mencibir karena omongan Tyas. Bukannya berhenti, dia malah makin menjadi. Dengan isengnya, dia melingkarkan lengannya di leher gue dengan erat entah apa tujuannya, yang pasti semakin gue ngelawan, semakin kenceng dia ngerangkulnya.  Kemudian gue sadar kayaknya gue terlalu fokus lepas dari tangannya Daffa sampe seketika seruang tengah seketika ribut saling sahut-sahutan, "Dunia milik berdua!" bikin gue sontak nyubit perut Daffa karena berhasil malu-maluin gue.

over everythingWhere stories live. Discover now