Sholat Taraweh

1.7K 221 11
                                    

Selepas sholat maghrib, Jungkook berniat menghilang. Hal ini sudah ia beritau kepada Luhan. Namun gadis itu melarang Jungkook dengan alasan, akan taraweh pertama.
Oh ya, Jungkook lupa.

Jadi Jungkook mengurungkan niat untuk beranjak.

Tak sengaja, netranya melihat sosok yang beberapa jam terakhir selalu terbayang di otaknya, Ustad Taehyung.

Beliau yang akan menjadi imam untuk sholat taraweh pertama Ramadhan tahun ini.
Sebenarnya, ingin bersorak. Tapi, Jungkook kan belum tau sebagus apa pria itu menjadi imam.

"Assalaamu'alaikuum warahmatullahi wabarakatuh." Suara yang tidak asing masuk ke indera pendengaran Jungkook. Siapa lagi kalau bukan Ustad Taehyung? Si pemilik suara berat yang menggetarkan hati.

"Wa'alaikumussalaam warahmatullahi wabarakatuh." Jawab semua santri serentak.

"Alhamdulillah masih semangat ya. Oh ya, memperingati 1 Ramadhan, yang insyaallah bertepatan pada esok hari, malam ini kita akan mengadakan sholat taraweh. Saya bersyukur sekali kita semua dapat kembali menyambut bulan suci Ramadhan dengan penuh semangat dan keikhlasan. Oh ya, ada yang tau ga sholat taraweh itu apa?" Taehyung mulai membuka sesi tanya jawab.

"Sholat sunnah di bulan Ramadhan, ustad!" Ucap salah seorang santri laki laki.

"MasyaaAllaah.. Betul sekali! Sholat taraweh adalah salat sunah saat bulan Ramadan yang sudah dikerjakan sejak zaman Nabi Muhammad Shalallahu 'Alaihi Wassalam. Nah sekarang saya mau tanya, sholat taraweh itu bisa di rumah atau hanya di masjid aja?"

"Bisa di masjid dan di rumah, ustad!"

"MasyaaAllaah pada pintar pintar ya! Taraweh beserta witir dapat dikerjakan berjamaah di masjid atau di rumah, dapat pula dilakukan sendiri. Bacaan niat sholat taraweh dan witir dibedakan berdasarkan posisi sebagai imam, makmum, atau sendiri. Diriwayatkan, Nabi Muhammad Shalallahu 'Alaihi Wassalam mengerjakan sholat taraweh di masjid dan di rumah. Dituturkan Aisyah, istri Rasulullah, bahwa beliau sholat (taraweh) di masjid pada suatu malam. Orang-orang bermakmum kepada beliau. Malam berikutnya, Rasulullah kembali sholat taraweh dan jamaahnya semakin banyak.. Nah sekarang ada yang tau ga kenapa taraweh itu sunnah bukan wajib?"

Keheningan menyapa di penghujung pertanyaan ketiga yang terlontar dari ustad berwajah tampan itu. Ia tersenyum lembut. Dan Jungkook dapat melihatnya dengan jelas. Jelas sekali.

"Baik, jadi ga ada yang tau ya?" Tanya Taehyung lagi.

Keheningan kembali menyapa. Mungkin mereka tidak tau.

"Pada malam ketiga atau keempat, jamaah telah berkumpul, tetapi Nabi tidak keluar rumah. Ketika pagi Rasulullah berkata, "Aku melihat apa yang kalian perbuat. Aku pun tidak ada uzur yang menghalangiku untuk keluar menemui kalian, tetapi aku khawatir ia (sholat taraweh) diwajibkan,"(H.R. Bukhari, Muslim, Abu Dawud, An-Nasa’i, Malik, dan Ahmad). Jadi, dari riwayat tersebut, terlihat kasih sayang Rasulullah terhadap umat Islam. Beliau tidak mewajibkan muslim untuk mengerjakan sholat taraweh, tetapi menyifatinya dengan kesunahan. Oleh sebab itulah sholat taraweh hukumnya sunnah. Sampai sini paham?"

"Paham ustad.."

"Alhamdulilaah.. Di sini ada yang tau niat sholat taraweh?"

Dan begitulah sesi tanya jawab yang Taehyung berikan kepada para santri. Sebuah edukasi interaktif yang tidak membosankan.

Sampai ketika masuk waktu isya, semua santri dan guru bersiap untuk sholat isya dan taraweh berjama'ah.

Seusai ceramah, Jungkook menghilang.
Ia tidak ada di masjid untuk pengajian bersama.

Jungkook menghilang untuk menuju ke kamarnya. Karena di masjid tadi, ia yakin tidak melihat ustad Taehyung. Mungkin, pria itu sudah izin kembali ke kamar terlebih dahulu.

Maka Jungkook Haura Sa'diyyah memberanikan diri untuk absen dan berniat ke kamar ustad Taehyung untuk menukar pakaian mereka.

Setelah melipat rapi semua pakaian ustad Taehyung, Jungkook dengan setelan daster batik serta kerudung hitam itu berjalan perlahan menuju kamar ustad.

Ia melewati halaman yang penuh ilalang dan pepohonan sepanjang jalan menuju kamar khusus para guru.

Sebenarnya, Jungkook takut gelap, tapi ia beranikan. Tapi karena ia mempunyai niat baik, Jungkook berpikir bahwa hantu tak akan berani mendekatinya.

Pemikiran konyol.

TOK TOK TOK

"Assalaamu'alaikuum ustad.. Assalaamu'alaikuum.."

"Assalaamu'alaikuum.."

Jungkook melihat lorong kamar guru masih sangat sepi. Sepi sekali malahan, gelap juga.

"Assalaamu'alai- AAAA!"

Jungkook terkejut kala merasakan tubuhnya di tarik masuk ke dalam kamar.

"U - ustad Taehyung?"




TBC

Like, comment, subscribe eh vote, comment, follow ya!
Jan lupa!

(END) CINTA DI WAKTU SUBUH || √TK (GS) Non BakuWhere stories live. Discover now