🏘️ Jibeom

183 25 7
                                    

Lagi-lagi Jia nangis.

Jibeom ngucek matanya yang masih ngantuk banget karena terbangun di tengah tidurnya yang nggak pernah nyenyak. Jibeom bisa nebak kalau sekarang jam dua pagi karena Jia, adik kecilnya, selalu bangun setiap jam segini.

Jibeom duduk di pinggiran kasurnya untuk minum sebentar lalu bangkit dari duduknya. Keluar kamar lalu menuju ke tempat istirahat ayahnya.

"Yah, adek nangis lagi tuh."

Nggak ada balasan. Ayahnya tidur tanpa ngelepas seragam kantornya. Jibeom masuk lalu mendekati kasur ayahnya. Ngelepas sepatu dan kaus kaki lalu meletakkannya di samping pintu. Nata bantal di bawah kepala sang ayah supaya laki-laki itu besok nggak sakit leher.

Sekilas Jibeom bisa nyium bau alkohol dari mulut ayahnya. Ah, minum lagi.

Setelah menutup pintu kamar papanya, Jibeom jalan menuju kamar lainnya. Waktu membuka pintu, Jibeom baru inget kalau wanita yang sejak setahun lalu jadi mama barunya, pamit mau nginep di rumah temennya.

Jibeom tersenyum kecut. "Tidur di rumah pacarnya yang mana lagi nih?"

Lalu ia beralih menuju pintu kamar yang tepat berada di depan kamarnya. Kamar Jia. Ia masuk tanpa nyalain lampu. Ngambil botol susu dan balik lagi ke dapur. Sambil ngeracik susu untuk adiknya, Jibeom asyik ngelamun. Berpikir tentang hidupnya.

Jibeom bodo amat dengan suara tangisan Jia yang nggak akan bisa buat ayahnya kebangun. Dengan tenang, Jibeom jalan lagi ke kamar adiknya.

Jibeom nggak benci Jia. Dia juga nggak sesayang itu dengan adik yang bahkan dia nggak yakin apakah Jia dan dirinya itu sedarah. Setelah menutup pintu kamar Jia, Jibeom berjalan menuju ranjang Jia.

Bayi umur satu tahun itu nangis sambil mengangkat tangannya minta digendong. Jibeom ngangkat Jia pelan-pelan dan dia letakkan ke single bed yang ada di situ.

Setelahnya, dia ikut rebahan di samping Jia sambil ngasih Jia makan. Tangan kirinya ia pakai untuk nyangga kepala.

Lama-kelamaan, Jibeom ikut memejamkan mata setelah memastikan Jia bener-bener tidur lagi.

•••

"Dari mana lagi kamu, hah?" Myungsoo, ayah Jibeom, langsung menyambut sang istri ketika wanita itu baru aja memasuki rumah.

Wanita itu malah berdecak kesal sambil ngelempar tasnya ke sofa ruang keluarga.

"Tumben udah bangun, biasanya teler terus tiap abis minum."

"Kamu kenapa nggak pulang semalem?"

"Aku nginep di rumah temen. Udah bilang sama Jibeom kok. Iya kan, Sayang?"

Jibeom yang baru keluar dari kamar Jia langsung kebingungan.

"Tuh, gara-gara kamu, Jibeom yang ngurusin Jia tadi malem waktu dia nangis."

"Kamu nyalahin aku?" Wanita itu meninggikan suara, "justru salah kamu dong. Kamu yang ada di rumah, kenapa nggak kamu aja yang ngurusin Jia?"

"Karena dia bukan anak aku," tegas Myungsoo.

"Kamu masih nggak percaya kalo Jia itu anak kandung kamu?!"

"Mana bisa aku percaya padahal kita baru nikah dan Jia langsung lahir?!"

"HEH, INGET YA! DULU KAMU MAIN DI BELAKANG ISTRI KAMU, DAN GARA-GARA ITU AKU HAMIL. KAMU NGGAK INGET WAKTU KAMU KE APARTEMEN AKU? KITA BERDUA SAMA-SAMA SADAR NGELAKUIN HAL ITU TAPI KENAPA KAMU MASIH NGGAK PERCAYA KALAU JIA BENERAN ANAK KAMU?"

[1] Slice Of Life : BONG'S HOUSE✓Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang