Hiatus (Yay or Nay??)

2.1K 203 157
                                    


Tes.. Tes.. 1.. 2.. 3…

Oke.. Ehem..

Mungkin banyak dari kalian yang males baca ini tapi aku mohon kalian menyempatkan waktu kalian sebentar.

Saya buat tulisan ini untuk meminta vote kalian mengenai keputusan saya untuk hiatus dari dunia per-wattpad-an.. Jadi mohon dibaca sampai selesai Author Notes ini..

So.. Saya sudah bergabung lebih dari 1 tahun di wattpad baik sebagai reader maupun author.

Book saya baru beberapa, followers pun belum banyak.

Menurut pandangan saya, peran seorang author maupun reader itu sama pentingnya dan saling berkegantungan atau dalam bahasa biologinya disebut simbiosis mutualisme.

Author butuh reader dan begitu pula sebaliknya.


Lalu apa masalahnya?

Pasti kalian tau dong, hukum alam yang menyatakan jika kalian mengeluarkan energi positif, maka sesuatu yang positif akan kembali kepada anda juga. Atau bahasa gampang nya kalau kalian mau sesuatu yang baik jadilah orang yang baik.

Disini saya akan berbicara sebagai perwakilan para author kepada para reader.

Sebelumnya saya mau bertanya, sebagai seorang reader kalian pasti menginginkan membaca cerita yang bagus dari seorang author kan??

Tapi, pernah ga kalian bercermin, ‘apakah saya sudah menjadi reader yang baik?’

Q: Yang dimaksud reader yang baik itu yang seperti apa sih?

A: pastinya yang bisa memberikan penghargaan kepada penulis seperti memberi vote dan comment

Tapi tidak semua comment bisa dianggap sebagai sebuah penghargaan.

Sebagai reader kamu berhak memberikan komen pedas, kritikan atau masukkan, tapi usahakan dengan bahasa yang baik. Lakukan kritik untuk membantu author menemukan kesalahannya dan apa yang harus diperbaiki. Jangan menuntut sesuatu apalagi memaksakan kehendak.

Author menulis di WP secara cuma-cuma tapi kami ikhlas karena itu memang passion kami. Mendapat pembaca, diberikan vote dan mendapat komen-komen mampu membuat kami jadi semakin semangat.

Tetapi kami manusia biasa.

Hampir semua author memiliki masalah kepercayaan diri. Komen-komen yang baik, atau kritikan yang membangun bisa membangun kepercayaan diri kita namun komen yang buruk, komen kebencian, atau komen yang menuntut bisa menjatuhkan semangat kami.

Saya mungkin berbeda dengan author lain yang kalian baca ceritanya. Mungkin cerita saya kurang bagus, saya update TERLALU JARANG, dan chapter yang saya tulis TERLALU PENDEK.

Saya tidak tahu bagaimana author lain, tapi kalau saya pribadi lebih memilih untuk update dengan usaha terbaik saya meskipun itu harus memakan waktu lama.

Kalau anda berharap saya bisa update setiap hari, saya tidak bisa menjamin apa isi tulisan saya worthy untuk dibaca. Bahkan dengan waktu yang banyak pun, kadang saya masih merasa minder dengan cerita saya, saya masih merasa chapter2 updatean saya itu abal-abal sehingga terkadang saya berfikir untuk tidak melanjutkan cerita saya dibanding menulis cerita yg trashy alias sampah.


Tapi lalu datanglah kalian para readers yang membaca ceritaku, memberi vote dengan kata-kata yang memberikan saya berjuta rasa. Kadang saya ikutan ngakak, kadang saya sampai ingin menangis karna terharu, kadang saya jadi tersenyum iblis saat melihat kalian menderita karna chapter cliffhanger yang saya buat haha (mian).

Your Scent | MYG | R 17+Where stories live. Discover now