Siapa Alya?

78 3 1
                                    

ALYA (9) adalah salah satu karakter penting dalam Mia is Mine!

Karakternya terinspirasi dari Anjani (10) seorang anak pengidap talasemia di Garut.

Dua tahun lalu ketika aku mau menulis Mia is Mine! season 2 aku riset dan cari-cari artikel tentang talasemia di internet. Aku menemukan sebuah berita tentang seorang anak pengidap talasemia, dia adalah Anjani.

 Aku menemukan sebuah berita tentang seorang anak pengidap talasemia, dia adalah Anjani

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Ketika membaca beritanya, hatiku tersentuh. Ketika melihat fotonya, aku benar-benar ingin menangis.

Sekarang dia berusia 12 tahun, tapi aku tidak tahu bagaimana kondisi dia saat ini. Mudah-mudahan dia semakin membaik. Jika ada kesempatan, aku ingin sekali bertemu dengannya.

Untuk mendukung plot, aku mengubah karakter Anjani menjadi Alya (9 tahun) - anak angkat Mia. Alya menjadi karakter yang penting dalam membentuk Mia is Mine! 2.

Thalasemia adalah kelainan darah yang diturunkan dari orang tua. Kelainan ini membuat penderitanya mengalami anemia atau kurang darah.

Kurang darah yang dialami penderita talasemia akan menimbulkan keluhan cepat lelah, mudah mengantuk, hingga sesak napas. Akibatnya, aktivitas penderita talasemia akan terganggu. :(

Talasemia perlu diwaspadai, terutama talasemia yang berat (mayor), karena dapat menyebabkan komplikasi berupa gagal jantung, pertumbuhan terhambat, gangguan hati, hingga kematian. (sumber: https://www.alodokter.com/thalassemia)

Indonesia termasuk salah satu negara dalam sabuk talasemia dunia, artinya negara dengan frekuensi gen (angka pembawa sifat) talasemia yang tinggi. Saat ini, terdapat lebih dari 10.531 pasien talasemia di Indonesia, dan diperkirakan 2.500 bayi baru lahir dengan talasemia setiap tahunnya di Indonesia. (sumber: https://www.kemkes.go.id/article/view/19052100003/angka-pembawa-sifat-talasemia-tergolong-tinggi.html#:~:text=Indonesia%20termasuk%20salah%20satu%20negara,talasemia%20setiap%20tahunnya%20di%20Indonesia. Jakarta, 20 Mei 2019)

Ayo ikut donasi sekarang juga untuk membantu anak-anak pengidap talasemia lainnya! Mereka butuh bantuan kita. Donasi sedikit pun bisa loh!

klik link di bawah ini:

https://kitabisa.com/campaign/bantuoliviatransplan?utm_source=Fborganik&utm_medium=Post&utm_campaign=Hardolnas&fbclid=IwAR2ASlNU5Cr2UmhaBt978zyFO72AnK1botTIecVIzXXc6AXJyLxRrIiNXys

(atau klik link yang ada di kolom komentar)

Terima kasih :)

xoxo

P.S: Dalam waktu dekat aku akan memberikan kejutan untuk kamu yang sudah kangen sama Mia is Mine! :D

So stay tune!



Mia is Mine! [Marc Marquez] Fan Fiction (DITERBITKAN)Where stories live. Discover now