Lazarus-Pedia #6

837 149 15
                                    

Veela

Makhluk mitologi asal Skandinavia yang sejenis seperti Samodiva

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Makhluk mitologi asal Skandinavia yang sejenis seperti Samodiva. Bedanya, Samodiva identik dengan hutan sementara Veela identik dengan danau atau mata air. Yah, semacam bidadarinya jaka Tarub gitu deh.

Tapi Vila, seperti Samodiva, beragam dalam setip budaya. Beberapa bilang mereka tinggal di hutan, beberapa bilang mereka bersembunyi di kabutatau badai salju, dan beberapa lagi bilang mereka suka bermain di gua atau danau.

Gara-gara Harry Potter, makhluk mitologi yang sebelumnya nggak pernah ditengok ini, jadi terkenal bukan main. Pokoknya, pamor mermaid disaingi. Jika Mermaid menghantui lautan, Veela menghantui udara dan daratan sekalian.

Sayang, nggak seperti bidadari Jaka Tarub, Veela terkenal berbahaya bagi para pria. Selain karena rupa mereka cantik, nyanyian mereka bisa membuat para pria berhalusinasi, mengikuti arah nyanyian itu ke mana pun ia pergi hingga tidak sadar bahaya menanti. Seringkali para pria itu menemui akhir tragis karena terpengaruh nyanyian Veela, kebanyakan mati. 

Jika masih hidup, para pria itu kebanyakan akan terus terpikirkan nyanyian para Veela hingga lupa makan, minum, dan tidur. Mereka yang sudah terpikat dengan Veela akan terperdaya sampai mati.

Legenda lain mengatakan, jika ada yang cukup sial ketemu Veela dan salah satu makhluk ini tertarik sama kalian, kalian akan diajak dansa di lingkaran mereka sampai mati. Jika kalian seenaknya masuk tanpa diundang ke acara dansa mereka, kalian mati.

Nggak ada yang enak endingnya.

Di Dunia Lazarus, Valika adalah Veela satu-satunya yang saya perkenalkan. Dia, sama seperti saudarinya, tidak berasal murni dari Ambruisia. Dia terperangkap di Ambruisia saat hendak menolong seorang tahanan pria di sana yang pada akhirnya justru memperdaya Veela itu dan memerangkapnya. Tidak seperti Veela umumnya yang berasosiasi lekat dengan unsur angin, saya mengasosiasikan Veela lekat dengan unsur api untuk membedakan antara Veela dengan Samodiva.

Tidak seperti Samodiva yang agresif, Veela lebih lembut pada perempuan, walau Valika bisa disebut sebagai pengecualian karena hobi nempel sama Alto walau tahu, dia itu perempuan.

-

Orc

Orc

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.
Lazarus ChestWhere stories live. Discover now