02

13.3K 1.5K 140
                                    

Ini udah 2 taun ya ceritanya sejak kejadian si Junghee ditilang. 









Udah dua tahun gue dapet gelar Sarjana Hukum. Begitu gue lulus, gue langsung daftar ke salah satu perusahaan multinasional jadi salah satu legal officer mereka. Sebenernya tempat gue kerja itu termasuk ke firma hukum yang terikat sama satu perusahaan semacem in house lawyer lah. Gue kan belum sekolah advokat jadi gue gak bisa kerja selayaknya pengacara. Gue lebih ke ngurus urusan internal perusahaan semacem perizinan gitu.

Awal gue lulus bunda nyuruh gue buat ke bagian badan peradilan semacem pegawai pengadilan, hakim atau jaksa, dan gue milih daftar jadi jaksa. Sayangnya gue gagal di tes akhir dan gue cukup sakit hati saat itu. Pada akhirnya setelah gue merenung, gue ikhlas dan mikir seandainya gue jadi jaksa, tanggungan akherat gue gede banget karena nasib orang ada di tangan gue. Gue juga takut kalau gak bisa adil nantinya dan terjebak pekerjaan kotor.

Gue jauh dari rumah tapi gue gak sendiri karena adek gue yang bungsu juga kuliah di sini dan Jungwoo lagi koas di sini juga. Ya kebetulan yang luar biasa sih soalnya sesodaraan bisa samaan gini sekolah sama dinasnya. Jadinya ayah sama bunda cuma berdua di Surabaya.

Niatnya sih mereka mau pindah juga tapi ayah yang seorang dokter di RSAL dan bunda yang kerja jadi dosen di universitas gue, gak bisa gitu aja pindah. Ribet urusannya.

Di Malang kita tinggal di rumah punya ayah bunda yang biasa dipake buat kalo kita liburan di sini. Gak gede sih. Cuma lumayan lah. Sebulan sekali Ayah sama bunda bakal ke sini nengokin kita.

"Mbak, anterin Jeno ngampus ya. Motor Jeno kan masih di bengkel." Gue ngangguk aja trus naruh piring kotor ke tempat cuci piring. Adek gue yang bungsu ini namanya Jeno, dia masih semester 6 jurusan Pendidikan Dokter Gigi Universitas Brawijaya. Paling beda sendiri dia dari dua kakaknya yang milih kuliah di kota kelahiran.

"Kamu nanti pulang telepon Jungwoo atau nebeng temen aja ya. Mbak lembur hari ini."

"Iya mbak. Mbak, motor aku di bengkel gimana?"

"Nanti mbak yang urus dan bayarin. Kalau sempat, kamu ambil nanti bareng Jungwoo ya, uangnya udah mbak transfer ke dia."

Gue sama Jungwoo emang lulusnya di tahun yang sama tapi gue lebih dulu ngasilin uang dibanding dia. Mau gak mau gue yang suka bayarin keperluan adek gue kalau dia butuh tapi takut minta ayah bunda. Si Jungwoo juga kadang. Ya memang pada dasarnya gue juga anak sulung. Gue lebih tua 10 menit dari Jungwoo.

Jungwoo masih koas, dokter kan lulus gak bisa langsung ngasilin duit. Ya itulah alesan kenapa dulu gue ogah buat jadi dokter walau ayah ngotot gue kesana. Dokter itu sekolahnya lama otomatis lama juga ngasilin uangnya. Kasian juga gue, walau orangtua gue mampu tapi kalo tiga anaknya sekolah kedokteran semua bisa gelagapan juga. Mana kuliahnya pada barengan semua.

Walau gue masih junior di perusahaan tapi gajinya lumayan apalagi biaya makan, listrik sama air masih ditanggung ayah bunda. Gaji gue masih cukup lah buat ditabung sama dikasih ke sodara gue. Gue juga palingan makenya buat bensin mobil sama keperluan gue doang.

Abis nganter si Jeno ngampus, gue langsung ke kantor. Akhir-akhir ini gue sibuk banget soalnya ada sengketa lahan punya perusahaan sama warga yang lahannya bakal dibangun pabrik. Sebenernya itu tanah emang punya perusahaan yang dibeli dari pemerintah, tapi warga ngeklaim itu tanah mereka sebagai tanah ulayat. Gini nih emang ribetnya kalau beli tanah dari negara yang kadang tanah ulayat mereka klaim sebagai tanah negara tanpa ada koordinasi sama masyarakat adat.

Hal yang buat kasus ini tambah bikin keder adalah adanya pembunuhan di sekitar lokasi lahan. Warga nuduh pihak perusahaan terlibat karena korban kebanyakan tokoh-tokoh yang nentang perusahaan kita atas lahan itu. Belum lagi perusahaan gue lagi kejar-kejaran proyek sama perusahaan pesaing. Pokoknya sekarang tuh semua pegawai perusahaan lagi di masa tersibuk mereka.

Kena Tilang || JJH (COMPLETED)Where stories live. Discover now