#42 Kota Hantu di Jepang

15.4K 1.2K 15
                                    

Kota hantu merupakan sebutan bagi kota yang sekarang sudah ditinggalkan oleh warganya karena bencana, perang, dan hal supranatural. Sampai sekarang kota-kota itu sama sekali tak ada penghuninya dan hanya meninggalkan bangunan-bangunan kosong yang tak terurus. Bahkan sejumlah di antaranya sampai sekarang terlalu berbahaya ataupun menyeramkan untuk ditinggali.

1. Kota Hantu Ashio Dozan
Ashio Dozan sudah ditinggalkan oleh penduduknya semenjak 40 tahun lalu lantaran bencana lingkungan yang terjadi. Lantaran kerusakan lingkungan akibat tambang tembaga, pegunungan di sekitarnya menjadi terkena racun gas asam sulfur. Ditinggal oleh penduduk, Ashio Dozan tak ubahnya kota hantu dengan berbagai sisa kehidupan yang dibiarkan terbengkalai. Konon menurut sumber, kota ini memiliki sebuah kerajaan hantu yang tidak ingin berdampingan dengan manusia. Bahkan beberapa sumber percaya jika keangkeran kota ini pun membuat pemerintah Jepang tidak berani menghancurkan bangunan yang ada.

2. Osarizawa
Pertambangan emas dan tembaga di Osarizawa dibuka sekitar 1.300 tahun silam dan ditutup pada tahun 1978. Legenda asal mula tambang Osarizawa ini adalah adanya seekor singa yang berkepala gorgon dengan sayap phoenix, juga sesosok berkaki sapi dan berkepala ular. Sosok itu mengaum dan dengan nafsu makan yang mengerikan membuat anak-anak dan para warga desa di dekatnya ketakutan. Hal tersebut mendorong orang paling tua yang bijaksana di desa tersebut untuk pergi berperang di puncak gunung. Orang tersebut mempunyai rambut panjang berwarna abu-abu, dia pergi bertempur menghadapi binatang buas itu. Pada akhirnya ia sukses merobek perut binatang itu, kemudian dia menumpahkan emas, tembaga, dan timah yang berasal dari dalam perutnya.

3. Yamanaka Lake's Lost Bunker
Bunker bawah tanah di Danau Yamaka yang terletak di bawah bayangan Gunung Fuji ini merupakan bangunan yang terbengkalai dan terkesan sangat aneh. Lokasi ini jauh dari pedesaan dan tak berpenghuni. Orang yang pertama kali ke sana pasti berpikir kalau tempat ini dipakai untuk pemujaan. Sebab, ditemukan lima logo tak dikenal berbentuk salib di dinding bagian dalam bunker. Misteri itu akhirnya dipecahkan oleh seorang penjelajah yang menemukan salah satu logo. Bunker itu rupanya milik perusahaan distributor Sanyo Securities yang bangkrut di tahun 1999.

4. Matsuo Ghost Town
Tambang Matsuo yang berada di utara Jepang dibuka pada tahun 1914 dan ditutup pada tahun 1969. Pada masa kejayaannya, tambang ini adalah tambang paling besar untuk sulfur di daerah timur dunia. Tambang ini mempunyai 4.000 tenaga kerja dan populasi pemukiman lebih dari 15.000 orang, semuanya ditampung di sebuah kota di pegunungan Hachimantai Park. Kota ini terkenal sebagai "surga di atas awan" dengan apartemen mewah yang dikelilingi aliran kabut. Sebuah apartemen raksasa terlihat seperti tebing granit di lereng bukit. Tapi, sekarang tempat itu hanya berupa sisa reruntuhan yang mengerikan di antara kabut.

5. Sport World
Theme Park Sport World merupakan sebuah taman hiburan besar, menyediakan sebuah hotel mewah, lapangan golf mini, pusat kebugaran, kolam menyelam, kolam ombak, dan kolam renang. Namun, sekarang itu semua dalam kehancuran. Bangunan ini didirikan pada tahun 1988 dan ditinggalkan 10 tahun berselang.

6. Russian Village
Sebuah kompleks raksasa tanpa wahana dan didirikan di daerah antah berantah di Niigata. Dibuka pada tahun 2002 tapi ditutup 6 bulan kemudian sebab sepinyapengunjung. Bangunan ini mempunyai aula yang besar yang memamerkan tulang tiruan yang terlihat asli dari mammoth raksasa berbulu. Lokasi ini juga mempunyai sebuah gereja bergaya Rusia sebagai latar pernikahan yang bertema fantasi. Tapi kini lokasi itu telah berantakan dan hancur.

7. Fuchu US Air Force Base
Funchu US Air Force Base adalah peninggalan pangkalan Angkatan Udara AS di Fuchu sebagai kenang-kenangan ketika Jepang dan Amerika melakukan perang dan lalu damai. Lokasi ini didirikan tak lama usai Perang Dunia II dalam kerjasama dengan Japan Self-Defense Force Base dan ditelantarkan pada tahun 1980-an. Namun, kisah yang paling terkenal dari kota ini tidak hanya kisah sejarahnya tapi juga kisah-kisah hantunya. Konon menurut legenda yang banyak diceritakan, sejumlah hantu berwujud tentara Jepang kerap terlihat berbaris di beberapa sudut bangunan.

8. Taman Bermain Takakanonuma Greenland
Takakanonuma Greenland sejatinya dibangun sebagai taman hiburan atau taman bermain. Namun sejak tahun 1998 taman ini tidak lagi menggambarkan keceriannya sebagai taman hiburan. Kini, yang ada hanya sejumlah bangunan tua dan beberapa wahaya bermain yang mulai dimakan usia. Sejak ditinggal tak berpenguni dan dibiarkan begitu saja, taman ini mulai dikenal sebagai salah satu kota hantu yang sangat mengerikan

9. Kompleks Love Hotel
Kawasan kompleks Love Hotel yang terletak di daerah barat Jepang, juga memiliki sejumlah kisah hantu yang menyeramkan. Bahkan bagi warga Jepang, kompleks ini lebih dikenal sebagai salah satu kota yang sangat angker. Sejumlah bangunan yang dibiarkan kosong pun dipercaya menyimpan kisah mistis mengerikan.
***

Hello, gue ngucapin makasih banget buat kalian semua yang dari awal sampai detik ini sudi ngasih vote sama komen di page ini. Makasih juga buat yang baru sempet baca dan langsung ngebom vote. Pokoknya makasih. Semoga apa pun yang gue share ini bisa nyenengin, ngehibur, nemenin yang lagi jomblo (plis, jangan baper). Semoga juga di tengah banjir page urban legend yang baru gue sadar udah menjamur kaya virus, kalian tetep ada buat ngasih suntikan semangat editing gue. Hahaha.

Urban Legend Jepang [COMPLETED]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang