#73 Abura Sumashi

6.1K 355 5
                                    

Sumashi (Pencuri Minyak) adalah cerita rakyat dari Amakusa di daerah Kumamoto. Ia sering mengejutkan orang-orang yang melewati Gunung Kusazumigoe untul mencuri minyak.

Pada hari-hari sewaktu listik belum ada, minyak adalah komoditas yang paling berharga dan sangat dicari karena diperlukan untuk penerangan dan pemanasan rumah. Dengan demikian, pencurian minyak khususnya dari candi dan kuil, bisa menyebabkan hukuman melalui reinkarnasi sebagai yokai atau setan. Pada suatu masa, jika ada seorang biksu atau pendeta yang mencuri minyak, maka ia akan menjadi Abura Sumashi.

Mahluk ini digambarkan selaku menggunakan baju dari rumput kering (yang biasa digunakan untuk melindungi badan dari hujan bagi orang Jepang zaman dulu), serta membawa tongkat seperti layaknya para biksu Budha. Ia juga memakai sandal kayu atau sandal jerami. Mahluk ini mempunyai sesuatu yang unik dikepalanya yang mencerminkan ketenangannya,. Menonjol keluar dari kepalanya yang bulat dan terbuat dari batu. Sumber lain mengatakan dia tinggal di daerah hutan dan di sekitar lampu minyak yg menyala. Dia dapat menghilang dengan cepat dan sering mengganggu orang orang di pertambangan minyak di Jepang.
Minyak yang dicurinya ini digunakan untuk menyalakan lampu dan menghangatkan badan. Abura Sumashi bersifat bijak, sangat tenang tetapi terkadang sedikit nakal dan bisa menyebabkan celaka. Sampai sekarang cerita ini masih berlanjut dan orang Jepang juga percaya akan adanya Abura Sumashi. Berbeda dengan sumber lainnya, Abura Sumashi digambarkan sebagai mahluk yang dikenal sangat bijak dan pintar.

Ketika seseorang bercerita tentang Abura Sumashi, biasanya orang tersebut mengatakan, "Dia berada di sekitar kita sekarang!"

Jika para pendengarnya mulai gelisah dan melihat di sekelingnya, maka Abura Sumashi memang sedang berada di sekitar mereka dan akan segera menghilang.

Abura Sumashi biasanya muncul pada musim dingin dan menyukai kehangatan yang dihasilkan oleh lampu minyak. Mahluk ini akan menghilang jika lampu tersebut mati. Saat itu nerupakan kesempatan yang baik jika bisa berbincang dan berteman dengan mahluk ini.

Kemunculan di media:
* Dalam film Youkai Daisensou/Yokai Monsters: Spook Warfare
Dalam film ini sosok Abura Sumashi sangat dominan. Film ini dibuat dalam 3 episode yang dirilis oleh Daiei. Dalam film ini diceritakan bahwa Abura Sumashi adalah pemimpin dari para siluman yang mencoba untuk menghentikan iblis jahat.
* Gekka no Kenshi/Last Blade (various systems)
Akari, seorang onmyouji muda, menggunakan beragam variasi serangan dengan bantuan para siluman, salah satu serangan khususnya adalah mensumon ribuan siluman dan salah satu siluman tersebut adalah Abura Sumashi.
***

Bedanya Abura Sumashi sama Aburakago mungkin cuma bentuknya, ya. Kalo Aburakago kaya anak kecil, sedangkam Abura Sumashi kaya orang tua.

Urban Legend Jepang [COMPLETED]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang