#183 Ibaraki Doji

2.1K 136 2
                                    

Ibaraki Doji merupakan salah satu iblis terkenal. Ia merupakan iblis yang menyebabkan kerusakan di Jepang. Ibaraki Doji adalah wakil kepala Shuten Doji, raja para iblis. Tidak banyak yang tahu tentang kehidupan Ibaraki Doji. Bahkan tidak ada yang mengetahui jenis kelaminnya, apakah laki-laki atau perempuan. Kebanyakan legenda menggambarkan Ibaraki Doji sebagai Kijo atau iblis wanita. Ada juga legenda yang menyatakan bahwa kepala Shuten Doji berjenis kelamin laki-laki. Ada juga kemungkinan jika keduanya bukan hanya bekerja sama, tapi juga sepasang kekasih. Apa yang diketahui adalah Ibaraki Doji sangat mengerikan. Ia memiliki kemampuan melakukan banyak kerusakan di dunia manusia.

Kisah terkenal dari Ibaraki Doji terjadi di Rashomon, gerbang utara di dinding Kota Kyoto. Rashomon dibangun pada tahun 789, tapi setelah zaman Heian, Rashomon runtuh dan rusak. Rashomon terkenal sebagai salah satu tempat yang buruk. Rashomon tidak lagi terawat. Para pencuri dan bandit berkeliaran di sekitar sana. Bahkan tempat itu digunakan untuk membuang bayi yang tidak diinginkan atau sebagai tempat pembunuhan. Tapi bagian terseram dari tempat berhantu tersebut adalah legenda tentang hantu Rashomon atau iblis dari Rashomon.

Setelah merayakan kemenangan melawan Shuten Doji, pahlawan bernama Minamono no Yorimitsu kembali dengan kejayaan ke Kyoto. Ia merayakan kemenangannya di rumah dengan para petinggi, seperti Sakata no Kintoki, Urabe no Suetake, Usui Sadamitsu, dan Watanabe no Tsuna. Saat itulah seorang bangsawan bernama Fujiwara no Yasumasa memberitahu mereka bahwa sesosok iblis terlihat sedang menghantui Gerbang Rashomon. Watanabe no Tsuna yang baru saja kembali dari perang hebat dengan klan Shuten Doji tidak percaya bahwa ada iblis yang masih tersisa. Ia lalu keluar dari rumah untuk menyelidikinya sendiri. Ia menaiki kudanya dan pergi ke arah selatan.

Saat Tsuna tiba di gerbang, datanglah hembusan angin yang kencang. Ia kehilangan kendali atas kudanya, lalu jatuh ke tanah. Ia mencoba mendekati gerbang dalam cahaya yang samar-samar, kemudian ia melihat tangan yang sangat besar keluar dari kegelapan untuk mencengkeram topi bajanya. Tsuna tidak memiliki waktu lagi, jadi ia mengayunkan katana ke sekelilingnya, mencoba memenggal tangan iblis yang sangat besar. Iblis itu adalah Ibaraki Doji yang datang untuk membalaskan dendam atas kematian Shuten Doji. Si iblis yang terluka melarikan diri, meninggalkan lengannya yang telah terpenggal. Rashomon tidak lagi berhantu.

Ibaraki Doji lalu kembali ke Rashomon untuk mencari lengannya. Ia menyamar sebagai inang pengasuh Watanabe no Tsuna sehingga bisa mencuri lengannya kembali, kemudian melarikan diri. Setelah itu, keberadaannya tidak diketahui lagi selama beberapa tahun kemudian. Kadangkala di beberapa kota lain, penduduk mengaku bahwa mereka telah melihat Ibaraki Doji datang atau pergi, selalu berhubungan dengan berbagai jenis kerusakan.

Urban Legend Jepang [COMPLETED]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang