#95 Makuragaeshi

5.4K 337 2
                                    

Makuragaeshi merupakan yokai sejenis Zashiki-Warashi, yaitu sesosok hantu anak kecil yang bergentayangan di suatu ruangan khusus dari sebuah rumah. Mereka bisa ditemukan di seluruh wilayah Jepang, sedangkan asal-usul mereka tidak diketahui secara pasti. Mereka berwujud anak kecil yang berpakaian seperti seorang biarawan atau samurai dan muncul pada tengah malam di dalam kamar tidur.

Makhluk ini dinamakan Makuragaeshi karena kebiasaannya memindahkan bantal. Orang yang tidur di dalam kamar yang dihantui Makuragaeshi sering terbangun dan menemukan bantalnya telah bergeser di kaki. Makuragaeshi juga kadang suka jahil, misalnya berlari di atas abu dan meninggalkan jejak kakinya yang kotor di sekeliling rumah yang mereka hantui.

Sedangkan kebanyakan kisah tentang Makuragaeshi menunjukkan bahwa mereka yokai yang tidak berbahaya meski sering jahil. Ada beberapa cerita yang menggambarkan kekuatan mereka yang menakutkan. Beberapa Makuragaeshi tidak hanya bisa menggeser bantal, tetapi juga mengangkat dan menggeser orang. Ada juga Makuragaeshi yang mengangkat tatami yang digunakan sebagai alas tidur dan melontarkan pemiliknya ke udara. Sedangkan cerita lain menyatakan bahwa Makuragaeshi sering duduk di dada korbannya saat orang tersebut tidur, ia akan menekan dengan kuat hingga udara terperas keluar dari paru-paru. Mereka sering menyebabkan sang korban mengalami sleep paralysis. Satu-satunya cerita yang paling menyeramkan menyatakan bahwa siapa pun yang melihat Makuragaeshi dan kehilangan kesadaran, maka Makuragaeshi akan mencuri jiwa orang tersebut kemudian meninggalkannya agar mati.

Ada banyak teori mengenai asal-usul Makuragaeshi yang berasal dari berbagai macam cerita Zashiki-Warashi. Satu teori yang paling sering dikaitkan oleh orang-orang yakni Makuragaeshi merupakan anak kecil yang meninggal di tempat yang mereka hantui sekarang. Walaupun umumnya Makuragaeshi tidak sepopuler Zashiki-Warashi, mereka seringkali muncul akibat kematian tragis seperti korban pembunuhan. Namun demikian, beberapa Makuragaeshi memiliki sifat menggemaskan seperti Tanuki atau Saru. Sedangkan yang lain bersikap seperti monster kucing layaknya Kasha.

Urban Legend Jepang [COMPLETED]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang