2. Views

1.5K 327 49
                                    

"Hanya sedikit yang mau membaca ceritaku."

Untuk para penulis Wattpad, kalau karyamu belum banyak yang baca, jangan langsung mengeluh.

Memang perlu waktu agar karyamu bisa sesukses para penulis besar. Dan, setiap orang, punya masanya sendiri-sendiri. Ada yang baru satu bulan menulis sudah ribuan orang yang membaca, ada yang sudah dua tahun menulis tapi masih ratusan orang yang membaca. Ada yang baru setahun menulis sudah berjuta-juta orang yang membaca.

Kamu mungkin bisa menggantungkan nasibmu dengan berdoa pada Tuhan, tapi bukan berarti itu membuatmu berhenti berkarya hanya karena tidak mencapai ekspektasi jumlah pembaca.

Hanya karena yang membaca ceritamu sedikit, kamu sudah berpikir kalau karyamu jelek. Oh, ini, sih masih mending. Bagaimana dengan tipe seperti ini:

Hanya karena yang membaca ceritamu sedikit, kamu malah menghina selera pembaca. "Readers sukanya sama modelan CEO bucin dan badboy, apalah aku yang ceritanya sama sekali nggak dilirik!"

Hanya karena yang membaca ceritamu sedikit, kamu malah menyalahkan buku lain yang lebih laku darimu dan mencari-cari kesalahannya. "Kok bisa sih cerita ini sampai sepuluh juta pembaca? Padahal cerita gak asik, banyak typo, cewenya menye-menye!"

Hanya karena yang membaca ceritamu sedikit, kamu mulai mempertanyakan nasibmu. "Emang gue gak cocok kali ya jadi penulis, makanya Tuhan gak naikin readers gue...."

Sudah kuberitahu di awal, semua orang punya jalan rejeki masing-masing. Ada yang hanya membutuhkan sebulan untuk sukses, ada pula yang membutuhkan tujuh tahun baru bisa mencicipi kesuksesan. Dan, selama apapun jarak waktu yang kamu tempuh, itu tidak menjadi tolak ukur nasibmu beruntung atau tidak.

Sebab, selalu ada alasan di balik takdir Tuhan; mengapa Tuhan memberimu nasib A dan bukan B, mengapa Tuhan memberi kamu waktu lebih lama dari yang lain.

"Bagaimanapun keadaan kita, mau sedih, bahagia, waktu tidak pernah berhenti menunggu. Waktu tetap berjalan." ―Tere Liye.

Manfaatkan waktu. Daripada mengeluh tentang jumlah views, kamu bisa lebih fokus untuk terus menulis. Daripada mengeluh tentang jumlah votes, kamu bisa gunakan waktumu untuk membaca banyak cerita lain dan belajar dari tulisan mereka. Daripada mengeluh tentang ranking yang tidak naik-naik, kamu bisa membuka PUEBI dan belajar kepenulisan, bahkan merevisi cerita kamu agar menjadi lebih menarik.

Pokoknya, jangan gunakan waktu untuk merongrong pada hal-hal yang tidak sesuai dengan ekspektasimu.

Kita diberi banyak waktu untuk berubah, tapi pernahkah kamu benar-benar menggunakan waktumu dengan baik?

𝐉𝐀𝐃𝐈 𝐏𝐄𝐍𝐔𝐋𝐈𝐒 𝐆𝐈𝐍𝐈 𝐀𝐌𝐀𝐓 Where stories live. Discover now