Parenting Tips

1.9K 232 32
                                    

Hari ini Jinyoung dan anak-anak menemani Jaebum dinas ke luar kota. Jaebum sangat jarang memboyong keluarganya ketika melakukan pekerjaan. Namun sekarang pria itu sengaja mengajak istri dan anak-anaknya agar mereka bisa sekalian berlibur. Apalagi sekarang sedang libur hari raya Chuseok.

Saat ini Jaebum dan Jinyoung sedang minum teh bersama rekan kerja Jaebum di taman hotel. Jinyoung tidak merasa canggung karena ia sudah terbiasa bertemu dengan orang baru sejak ia masih menjadi model. Lagipula para kolega Jaebum mengajak istri mereka sehingga Jinyoung tidak kesepian.

"Wah, sayang sekali kita tidak bisa benar-benar menikmati hari libur." Kata Seungcheol, salah seorang rekan kerja Jaebum.

"Benar sekali. Tetapi saya rasa istri kita tidak keberatan." Kata Jaebum.

"Benar. Anak-anak juga terlihat menikmati liburan mereka walaupun hanya bermain di lingkungan hotel." Sambung Jinyoung. Ia melirik anak-anaknya dan anak rekan kerja Jaebum yang sedang asyik bermain bola di taman. Mereka terlihat ceria walaupun hanya memainkan benda bundar tersebut.

"Jaebum-ssi, Jinyoung-ssi, anak-anak anda terlihat luar biasa. Mereka bersikap sangat dewasa, tidak seperti anak-anak pada umumnya." Puji Junghan, istri Seungcheol, yang terlihat kagum pada Mark dan adik-adiknya.

"Terima kasih pujiannya, Junghan-ssi. Kami hanya menjalankan tugas kami sebagai orang tua." Ucap Jinyoung tanpa bermaksud tinggi hati.

"Boleh kami tahu rahasia anda berdua merawat dan mendidik anak-anak anda?" tanya Seungcheol. Jaebum dan Jinyoung saling berpandangan sambil tersenyum.

"Haruskah kita memberi tahu bagaimana kita mendidik anak-anak, sayang?" tanya Jaebum pada Jinyoung. Jinyoung tersenyum kecil.

"Silakan saja. Toh, itu bukan rahasia." Sahut Jinyoung.

oooOooo

Tips 1: Selalu membiasakan sesuatu yang baik untuk anak-anak

Jaebum dan Jinyoung selalu bangun pagi. Mereka akan segera membangunkan kelima anak mereka. Awalnya sulit, apalagi untuk Jackson dan si kembar yang saat itu memang sangat susah dibangunkan pagi.

"Kenapa sih, ayah dan ibu selalu membangunkan kami pagi-pagi buta begini?" keluh Jackson sambil mengucak matanya karena mengantuk.

"Jackson, ayah dan ibu membangunkan kalian pagi-pagi begini agar kalian tidak terlambat ke sekolah. Selain itu, bangun pagi juga bikin badan segar dan bersemangat. Orang yang selalu bangun pagi, pasti dia bisa belajar dan bekerja dengan baik." Kata Jaebum.

"Tapi kami masih ngantuk, yah." Protes Bambam dan Yugyeom bersamaan.

"Karena kalian belum terbiasa bangun pagi. Coba lihat ayah dan Mark hyung, mereka tidak terlihat ngantuk kan? Karena ayah dan Mark hyung sudah terbiasa bangun pagi. Nanti kalian kalau sudah terbiasa tidak akan merasa mengantuk lagi." ujar Jinyoung.

Selain itu, Jaebum dan Jinyoung selalu mengingatkan anak-anaknya agar selalu merapikan barang-barang mereka sendiri dan meletakkannya di tempat yang seharusnya. Hal ini bertujuan agar anak-anak mereka terbiasa bertanggung jawab pada barang-barang mereka sendiri.

"Ada yang lihat kaos kaki Youngjae, tidak?" tanya Youngjae dengan wajah bingung.

"Memangnya terakhir kali Youngjae meletakkan kaos kaki dimana?" tanya Mark.

"Aku lupa, hyung. Aku cari di rak sepatu tidak ada, di kamar juga tidak ada." Kata Youngjae. Jinyoung kemudian berjongkok didepan putranya sambil mengusap rambutnya dengan lembut.

"Ibu bilang apa pada Youngjae?" tanya Jinyoung.

"Simpan barang-barang di tempat seharusnya agar mudah ditemukan." Sahut Youngjae.

My Little Family SeriesWhere stories live. Discover now