TIPS MENULIS #4 : Bagaimana Cara Membuat Plot Twist Mengesankan

13.2K 1.3K 157
                                    

MEMBUAT plot twist gampang-gampang susah.

Aku sendiri suka banget sama plot twist.

Plot twist bisa membuat aku makin greget sama ceritanya.

Aku akan kasih contoh plot twist yang aku suka banget dari salah satu acara komedi televisi terkenal di US : FRIENDS.

Pernah denger? Pernah nonton?

Kalo belum, ini jadi spoiler buat kamu! *AWAS*

Oke, jadi aku suka banget plot twist the episode TOW Red Sweater.

Rachel hamil, tapi dia gak mau ngasih tahu siapa bapak dari anaknya itu.

Di pernikahan Monica, akhirnya Rachel ngaku ke Phoebe dan Monica bahwa dia hamil cuma dia kekeh gak mau ngasih tahu siapa bapaknya. Dia juga bilang gak mau terlalu peduliin itu dan berniat membesarkan anaknya sendiri.

Pas di apartemen, Joey akhirnya tahu juga kalo salah satu dari cewek-cewek itu hamil. Awalnya dia kira Phoebe yang hamil, Joey bahkan rela ngelamar Phoebe (sebagai teman yang baik) supaya Phoebe ga jadi single mother. Namun, ternyata Rachel yang hamil. Joey akhirnya ganti ngelamar Rachel, tapi ditolak sama Rachel. Sekali lagi karena dia gak pengin cari suami. Dia cuma pengin membesarkan anaknya. Cuman, temen-temennya berpikir dia harus ngasih tahu si 'bapak'.

Di apartemen, Phoebe, Monica sama Joey penasaran.... mo nyari tahu sendiri siapa bapak dari anaknya Rachel. Terus si Joey keinget, ada sweater merah cowok yang ketinggalan di apartemennya (apartemen Joey satu apartemen sama Rachel waktu itu) dia menduga itu adalah sweater si cowok yang udah ngelakuin itu sama Rachel. Diambilah sweater merah itu. Mereka bertiga bertanya-tanya punya siapa sweater itu.

Phoebe inget, beberapa waktu lalu Rachel pernah cerita tentang seorang cowok (aku lupa namanya siapa) yang pernah deket sama Rachel dan ngira itu bapak-nya. Akhirnya dia sama Rachel nyamperin cowok itu dan mau bilang kalo Rachel hamil anaknya, tapi ternyata cowok itu bukanlah pemilik sweater merah.

Nah. Di sini kayanya Rachel udah tahu siapa bapak-nya, tapi temen-temennya belum tahu.

Balik ke apartemen, Rachel pergi. Tinggal Phoebe, Joey sama Monica. Sweater merahnya ditaroh di meja. Ross (kakak laki-laki Monica) pulang dari hotel setelah nyelesaiin masalahnya sama Chandler (suami Monica) kameranya ilang di hotel kalo gak salah, lupa aku wkwk. Dia cerita2 tentang masalah itu ke temen-temennya, terus pas dia mo pergi, pulang ke apartemennya, Ross ngeliat sweater merah itu di meja dan dia bilang, "Hey, my sweater!" Dia ngambil sweater itu terus bilang, "Aku nyari ini udah sebulan!" Dia ngambil sweater itu dan pergi.

CUMA dengan tiga kata dia naroh bom terbesar sepanjang sejarah sitkom pertelevisian Amerika. Penonton langsung pada gila semua.

Oke, sekarang kita bedah yaaaa

1. Kenapa penonton pada gila semua? Kenapa plot twist ini mengejutkan?

Karena sebelumnya, Ross sama Rachel pernah pacaran, pernah nikah meskipun gak sengaja dan cuma beberapa hari dan mereka juga udah cerai, dan karena bapak dari anak Rachel adalah anggota geng dari enam orang itu. Ross! Siapa yang ngira coba? Setelah pernikahan Monica dan Chandler, kita dapet Ross dan Rachel yang bakal punya bayi, kita kayak dapet jackpot!

2. Sebelum bom meledak, penulis udah nyebar clue-clue kecil

Sebelumnya, Ross curhat ke Joey kalo dia belum begituan udah hampir tiga bulan (kalo gak salah) pokoknya udah berbulan-bulan. Terus si Joey ngasih saran untuk nyeritaiin cerita "Backpacker to Europe" tapi Ross selalu gagal mraktekin itu ke cewek. Akhinya Joey ngasih kamera buat ngrekam aksi Ross saat ngegombal pake cerita itu.

Di sini kita udah dikasih tahu bahwa Ross lagi pengin begituan.

Clue lain... di episode setelahnya, tape itu diputer... pada saat kejadian, Ross beneran memakai sweater merah. Jadi fix bapak dari anak-nya Rachel adalah Ross karena dia yang terakhir sama Rachel. Nah, ini juga ngebuktiin kalo penulis teliti banget. Sweater merah ya sweater merah. Jangan sampai lupa.

3. Apa yang terjadi setelahnya?

Penonton jadi bertanya-tanya... apa yang bakal terjadi setelahnya?

Tentu penonton pengin Ross sama Rachel balikan karena mereka punya sejarah percintaan panjang. Selama ini penonton teralihkan karena Ross dan Rachel sama-sama sibuk sama pacar masing-masing dan kayanya gak ada jalan untuk kembali, tapi kemudian bom ini jatuh, plot twist yang gila, ini membuat penonton makin bersemangat mendukung Ross sama Rachel balikan. Namun, Rachel gak mau dan nganggep itu emang cuma cinta satu malam. Dia kukuh mau mbesarin anak-nya sendiri, meskipun tetep ngasih tahu Ross dan akhirnya Ross tetep nemenin Rachel untuk segala kegiatan Rachel saat hamil bahkan minta Rachel untuk tinggal di apartemennya (meskipun tanpas status, masih sebatas temen) ini karena Ross masih cinta sama Rachel, sebenarnya Rachel pun masih cinta sama Ross... btw SPOILER! wkwk

Btw kalo kamu mo nonton potongan episodenya, aku udah taroh videonya di atas ya :)

Oke, itu aja dulu deh tentang plot twist.

Semoga bermanfaat ya?

Kita sama-sama belajar, oke?

Terima kasih sudah membaca :)

Kalo punya pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar.

Aku akan rilis TIPS MENULIS setiap hari rabu.

Mampir ke cerita aku ya :)

RILIS ULANG tiap Senin, Selasa, Rabu

RILIS ULANG tiap Senin, Selasa, Rabu

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

https://www.wattpad.com/577604464-mia-is-mine-marc-marquez-fan-fiction-fanfiction

Aku post tips menulis tiap hari rabu.

Jamnya gak tentu. Kadang bisa pagi, kadang sore, kadang malem jadi follow aku supaya gak pernah ketinggalan ya!

Mia is Mine! Fearless tersedia di nulisbuku.com.

Link di bio dan di kolom komentar :)

See ya!

Dengarkan laguku di youtube channel ini:

Cara Cepat Menjadi Penulis Hebat : TIPS MENULIS [DITERBITKAN]Where stories live. Discover now