TIPS MENULIS #27 : Cara Mengatasi Writers Block

3.3K 283 38
                                    

Ketika kamu sudah membaca puluhan buku, mendengarkan musik, tidur berjam-jam, makan makanan yang kamu suka, minum es krim dan masih tidak terinspirasi sama sekali... itu berarti kamu sedang mengalami Writers Block!

Apakah Writer's Block sama dengan malas?

Ya. Bisa jadi. Intinya, ketika sedang mengalami fase ini, kamu benar-benar tidak bisa menulis.

Terus bagaimana cara mengatasinya?

1. Itu Normal

Kadang-kadang ada penulis yang lebay.

"Ohhh... aku sedang mengalami writer's block. Aku males nulis!"

Oh, c'mon. Writer's block itu normal.

Kita ini manusia, ada kalanya kita merasa malas, tidak termotivasi dan kehilangan inspirasi, tapi itu normal. Jika kamu menganggap writer's block adalah sesuatu yang spesial, dia akan semakin lama hinggap di benakmu. Anggaplah itu sebagai sesuatu yang normal seperti virus flu, buka corona. Kamu akan dengan mudah mengatasinya jika kamu mau.

2. Ingat Tujuanmu

Beberapa orang menulis untuk mendapatkan popularitas, beberapa menulis untuk mendapatkan uang. Aku sendiri menulis karena itu adalah hal yang ingin aku lakukan sejak berusia 5 tahun. Aku ingin menceritakan cerita yang ada di kepalaku kepada orang-orang.

Jika tidak menulis sehari saja, aku merasa ada yang kurang. Seriring berjalannya waktu, aku memiliki target dan impian yang berkembang. Aku kembali mengingat target dan tujuanku itu ketika aku sedang malas menulis. Itu efektif sekali membuatku kembali ke keyboard dan menulis.

Jika masih sulit, ingat tujuan ceritamu. Kenapa kamu ingin menulis cerita itu awalnya?

Apakah ada pesan yang ingin kamu sampaikan ke pembaca?

Apa alasan awal yang sangat kamu inginkan pembaca membaca ceritamu?

3. Menulis Adalah Kebutuhan

Menulislah seperti kamu bernapas. Itu kebutuhan. Hal wajib yang dilakukan. Bukan menulis hanya karena kamu sedang mendapat inspirasi. Penulis yang sukses adalah dia yang bisa menjadwal kapan dia harus menulis, bukan menulis hanya ketika mendapat inspirasi.

Jika kamu malas, paksa dirimu untuk menulis. Paling tidak satu kalimat, lalu lanjut menulis satu paragraf, lalu satu halaman. Biasakan menulis setiap hari. Cari waktu khusus untuk menulis. Harus benar-benar meluangkan waktu setidaknya 10 menit dalam sehari untuk menulis. Itu akan membuat otak kita terbiasa melakukan aktivitas tersebut sehingga menulis tidak menjadi beban lagi.

4. Bersosialisasi

Untuk mendapat inspirasi bukan hanya dari membaca buku atau mendengarkan musik. Kamu juga harus bersosialisasi. Pergilah ke tempat umum, amati orang-orang. Atau jika kamu tidak nyaman dengan itu, kamu cukup berinteraksi dengan keluarga atau tetanggamu. Tanyakan kabar terbaru tentang mereka dan dengarkan mereka bercerita.

Penulis yang hebat adalah penulis yang suka mengamati hal-hal kecil meskipun tidak penting.

5. Cari Tempat Nyaman

Kamu harus punya satu tempat khusus untuk menulis. Di mana kamu bisa nyaman menghabiskan waktumu berjam-jam berimajinasi sekaligus konsentrasi?

Aku sendiri paling nyaman menulis di kamar yang gelap dan dingin, di atas kasur dengan selimut dan sebuah botol air mineral di sampingku. Intinya, tempat itu harus menjadi tempat yang bisa membuatmu berpikir, tenang dan tidak ada gangguan.

6. Beri Reward Untuk Dirimu Sendiri

Misalnya setelah menulis satu bab kamu berhak makan cokelat, es krim atau setelah menyelesaikan satu naskah utuh kamu berhak menonton maraton drama korea.

Kalau aku sendiri biasanya setelah menyelesaikan satu bab aku akan tidur (aku bener-bener jarang tidur dan setelah menulis aku baru bisa tidur dan itu adalah reward). Setelah menyelesaikan satu naskah aku akan memberikan diriku sendiri es krim atau cola.

Itu dia tips dari aku. Semoga bermanfaat ya.

Mengatasi Writer's Block memang sulit, tapi jika kamu memiliki keyakinan untuk mengenyahkannya dari pikiran kita, kita pasti bisa :D

Aku post tips menulis tiap hari rabu.

Jamnya gak tentu. Kadang bisa pagi, kadang sore, kadang malem jadi follow aku supaya gak pernah ketinggalan ya!

Mia is Mine! Fearless tersedia di nulisbuku.com.

Link di bio dan di kolom komentar :)

See ya!

See ya!

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

-----------------------------

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

-----------------------------


Cara Cepat Menjadi Penulis Hebat : TIPS MENULIS [DITERBITKAN]Where stories live. Discover now