TIPS MENULIS #31 : Cara Memberi Nama Karakter

2.9K 242 43
                                    

Kamu sedang kesulitan memberi nama karaktermu? Apakah kamu sudah memiliki nama depannya lalu bingung memberikan nama belakangnya? Atau sebaliknya? Kamu sudah punya nama belakangnya hanya saja bingung memberi nama depan / panggilannya? Jangan-jangan kamu tidak punya ide sama sekali? :o

Tenang, hari ini kita akan bahas cara memberi nama karakter.

Ini dia beberapa hal yang harus diingat ketika memberi nama karakter :

1. Apa Genre-nya?

Nama karakter yang ada dalam cerita juga dipengaruhi genre loh.

Nama seperti Alexandra, Vivian, dan Syira lebih populer untuk cerita sci-fi. Sementara nama seperti Robert, William, Edward lebih cocok untuk cerita historical. Cerita romantis lebih akrab dengan nama-nama simple seperti Amanda, Lily, atau Rose.

2. Tahun Berapa?

Nama Edward lebih populer di tahun 1800, sementara jaman sekarang nama yang populer adalah Ronaldo atau mungkin George. Di Indonesia sendiri, nama Agus, Salim atau Dono lebih populer di tahun 1900. Sementara jaman sekarang di Indonesia sendiri lebih populer nama Boy, Al, Jongkook atau Iqbal.

 Sementara jaman sekarang di Indonesia sendiri lebih populer nama Boy, Al, Jongkook atau Iqbal

¡Ay! Esta imagen no sigue nuestras pautas de contenido. Para continuar la publicación, intente quitarla o subir otra.

(Yes, this gorgeous cupcake)

Artis atau tokoh publik yang terkenal berpengaruh pada kepopuleran sebuah nama, tapi kamu harus hati-hati menggunakan nama yang populer pada saat ini karena itu bisa membuat pembacamu membayangkan artis atau tokoh publik itu daripada karakter dalam ceritamu. Jika kedua sifat mereka mirip sih enggak masalah, tapi jika berbeda, itu bisa jadi masalah.

3. Di mana Setting-mu?

Di Amerika

Cowok : Jack, Peter, Alex.

Cewek : Rachel, Jennifer, Watson.

Di Inggris

Cowok : Edward, Charles, Philip, William, Goerge.

Cewek : Elizabeth, Katrine, Emma, Emily, Anne.

Di Spanyol

Cowok : Alejandro, Jose, Felipe.

Cewek : Maria, Ana, Sofia.

Di Indonesia

Cowok : Rizky, Dimas, Ade, Budi.

Cewek : Dewi, Wulan, Arum, Reva.

Nama Sujiwo lebih populer di Jawa sementara Putu lebih populer di Bali.

4. Ingat Orang Tuanya

Ini penting. Kamu harus ingat bahwa yang memberi nama adalah orang tuanya, bukan kamu, jadi tidak semua nama karaktermu mirip.

Jika karaktermu lahir di keluarga kaya raya dan orang tuanya berpendidikan tinggi, dia bisa diberi nama Elizabeth Goergia Flavenda. Jika dia berasal dari keluarga menengah ke bawah, kamu bisa memberi nama yang simple seperti Emma Young atau Emily Pond. Sementara untuk karakter yang memiliki latar belakang keluarga kerajaan, biasanya dia akan mempunyai nama sama dengan kakek neneknya atau bahkan buyutnya, seperti Charolette Elizabeth Diana atau George Arthur Philips. Di Inggris pemberian nama gelar yang umum dalam keluarga kerajaan adalah Edward V, Edward VI, Edward VII, dst.

5. Agama

Nama Abdul dan Christian jika sekali baca sudah bisa ditebak agama karakter tersebut, 'kan? Meskipun ada beberapa pengecualian seperti, misalnya mereka ternyata pindah agama, tapi tetap saja, nama bisa menunjukkan identitas agama pemiliknya.

6. Google It

Ada banyaaaaak banget nama yang bisa kamu cari di internet.

Kamu bisa cari dengan kata kunci : nama bayi populer laki-laki / perempuan (di sini kamu bisa tambahin tahun agar lebih spesifik) atau kamu bisa cari dengan kata kunci : popular name in New York / Forks / Korea.

BOOM. Ratusan list akan muncul untukmu, dan kamu tinggal pilih aja, tapi ingat, tetap sesuaiin sama karaktermu ya.

7. Gabungan Nama

Meskipun banyak nama populer di luar sana yang bisa kamu pakai, kamu juga tetap bisa menciptakan nama karaktermu sendiri. Gabungan dari nama-nama adalah ide yang cemerlang. Misalnya gabungan dari nama Amanda dan Flabio menjadi Flamanda.

8. Filosofis

Membuat nama berasal dari bahasa lain, atau nama yang mengandung arti filosofis. Misalnya dalam novel The Hunger Games, nama Katniss berasal dari akar tanaman Katniss yang kuat – sama seperti karakter Katniss.

Kalau dalam novelku sendiri – Mia is Mine! – Mia berarti Milikku dalam bahasa Spanyol. Sementara Max artinya Maksimal dalam bahasa Inggris, maksudnya untuk menggambarkan bahwa dia selalu jadi yang maksimal / terbaik. Nama belakang Max adalah Alenta – yang merupakan bentuk respect untuk Marc Marquez Alenta sekaligus nama dari Spanyol. Sementara Ivan berasal dari kata Spanyol yang berarti Pelindungku. Nama belakang Ivan adalah Mackenzo, berasal dari gabungan Mack (julukan asli Maverick Vinales) dan Enzo.

9. Nama Belakang

Untuk nama belakang gampang-gampang susah.

Di luar negeri sendiri, umumnya nama belakangnya sama dengan orang tua bahkan sampai ke leluhurnya. Selain itu, tempat tinggal juga berpengaruh.

Contoh nama belakang yang populer adalah

Di Amerika : Jones, Brown, Clark.

Di Spanyol / Latin : Lopez, Sanchez, Dolores.

Di Inggris : Stone, Martin, Westbone.

Tips : Kamu juga bisa googling loh! :D

10. Unik

Kalau kamu tidak mau menggunakan nama populer, gabungan nama, atau filosofi juga enggak papa. Kamu bisa menggunakan nama sesukamu, lagi pula itu ceritamu kan? Wkwkwk enggak ada yang ngelarang kok. Tenang aja! :D

TIPS 1 : Sering-sering baca novel dan nonton film. Lebih bagus lagi yang sesuai dengan genre cerita yang sedang kamu tulis.

TIPS 2 : Kalau ingin mendapat inspirasi nama untuk historical story atau fantasi, sering-sering baca buku sejarah, mitologi atau legenda.

Okay. Itu dia tips dari aku :D

Yang perlu diingat adalah : menulis adalah hal kreatif yang menyenangkan. Jadi, jangan sibukkan dirimu hanya karena memusingkan sebuah nama! :D

Yang mau tanya-tanya silahkan tulis di kolom komentar.

Aku post tips menulis tiap hari rabu.

Jamnya gak tentu. Kadang bisa pagi, kadang sore, kadang malem jadi follow aku supaya gak pernah ketinggalan ya!

Mia is Mine! Fearless tersedia di nulisbuku.com.

Link di bio dan di kolom komentar :)

See ya!

-----------------------------

¡Ay! Esta imagen no sigue nuestras pautas de contenido. Para continuar la publicación, intente quitarla o subir otra.

-----------------------------


Cara Cepat Menjadi Penulis Hebat : TIPS MENULIS [DITERBITKAN]Donde viven las historias. Descúbrelo ahora