TIPS MENULIS #26 : Apakah Aku Seorang Penulis? - Cara Mengatasi Self-doubt

2.7K 313 92
                                    

Apakah kamu sedang dalam masa meragukan dirimu sendiri?

Ah, tulisanku jelek...

Ah, aku enggak akan bisa jadi seperti J.K Rowling, atau mungkin Stephanie Meyer, atau Goerge RR Martin!

Ah, sebaiknya aku hapus ceritaku aja....

Stop saying that!

Kamu tidak tahu tulisanmu itu jelek atau bagus. Kita tidak bisa menilai tulisan kita sendiri. Orang lain yang menilainya.

Tapi... tapi... vote-ku enggak nambah-nambah... pembacaku sedikit....

Yeah, mungkin itu karena kamu kurang rajin update, atau masih harus ada yang diperbaiki dalam ceritamu.

Ya sih, tapi... tapi...

Shhh!

Tapi.....

SHHHHH!!!!

Aku akan memberimu 6 tips untuk menghilangkan Self-Doubt dan membuatmu kembali menulis!

1. Edit Nanti

Ini penting. Coba bayangin deh, ketika kamu menulis cerita baru, baru part satu, paragraf pertama, kalimat pertama, tapi kamu terus menerus edit lagi, edit lagi, ceritamu enggak akan selesai-selesai.

Lebih baik tulis dulu apa yang ada di pikiran kamu. Jangan balik lagi ke part itu sampai kamu sudah menyelesaikan tiga atau lima part misalnya. Coba untuk mengabaikan tipo, tanda baca, dll draft pertama. Salurkan saja ide awalmu dan edit nanti.

Kalau aku biasanya menggunakan hari jumat, sabtu, minggu untuk benar-benar menulis, setelah itu aku tinggalkan selama dua atau tiga hari dan kembali lagi hari rabu untuk mengedit. Kadang-kadang aku bisa meninggalkan naskahku untuk fase pendinginan selama satu minggu bahkan sebulan! Selama fase itu, biasanya aku menulis cerita lain, ngedesain cover, atau marketing tools, bikin tips menulis, vlog, dll.

Ketika kembali ke naskahku yang dalam fase pendinginan tadi, aku akan merasa kangen dan tidak sabar untuk mengeditnya.

Selain bisa lebih konsentrasi, semua pekerjaan juga hasilnya bakal lebih rapi.

2. Take A Break

Mungkin yang kamu butuhkan hanyalah tidur selama 4 atau 5 jam. Mungkin yang kamu butuhkan hanyalah segelas Cola atau es krim! Aku biasanya ngobrol sama orang – yaiyala masa vampir – ketika aku lagi bosan. Kadang aku nonton TV, dan baca buku untuk menambah inspirasi.

Manjakan dirimu sesaat. Biarkan pikiranmu rileks, dan baru kembali ke pekerjaanmu!

3. Idol Detox

Jika kita terus membandingkan diri kita sendiri dengan orang lain – apalagi orang yang lebih baik dari kita – kita akan terus merasa kurang, dan akhirnya kita meragukan kemampuan diri kita senidri.

"Oh, aku enggak akan bisa jadi seperti dia."

"Oh, dia beruntung sekali sementara aku enggak."

"Oh, aku ingin jadi seperti dia, tapi dia punya bakat, sementara aku enggak. Aku masih belajar dan seperti aku enggak terlalu bagus :( "

Stop compare yourself to others! It doesn't help, at all!

Yang harus kamu lakukan adalah matikan dulu pemberitahuan dari idol-idol kamu atau orang yang kagumi – yang lebih baik dari kamu. Unfollow mereka selama beberapa waktu jika kamu memang tidak bisa mengendalikan perasaan buruk itu. Plus, istirahatlah sejenak dari sosial media. Yakin deh, itu pasti akan membuat kamu lebih tenang.

4. Compare Yourself, TO YOU!

Jika membandingkan diri sendiri dengan orang lain hanya akan memperburuk rasa percaya diri kita, membandingkan diri kita dengan diri kita sendiri akan mampu membaut kita merasa lebih baik.

Baca ulang cerita lamamu – yang dua atau tiga tahun yang lalu. Kalau kamu menemukan banyak kesalahan, itu bagus, artinya kamu sudah baik di masa sekarang. Buat aku sendiri, aku mencoba untuk lebih baik di setiap tulisanku yang baru. Dan menjadi lebih lebih dan lebih baik lagi di setiap harinya adalah hal yang bisa membuat kepercayaan diri kita meningkat.

5. Rajin Membaca

Membaca buku bagi seorang penulis buku itu ibaratkan mengisi bensin. Yang harus diingat di sini adalah apa yang kita tulis itu berdasarkan dari apa yang kita baca dan tonton. Jadi harus hati-hati juga dalam membaca buku dan menonton film. Harus yang berkualitas supaya hasil karya kita nanti berkualitas juga.

6. Ingat Quotes Oppa Martin

GRRM penulis A Song of Ice and Fire series atau Game of Thrones - pernah bilang, "jika kamu menulis hanya agar kamu terkenal, kamu bukan penulis. Kalau kamu menulis karena kamu merasa ada cerita yang harus keluar dari dirimu dan jika tidak menulis kamu merasa ada yang menggerogotimu hidup-hidup, dan jika orang lain melarang kamu, tidak ada yang mendukung kamu, tapi kamu tetap menulis, artinya kamu seorang penulis sejati."

Itu dia tips dari aku. Semoga membantu!

Aku rilis tips menulis setiap hari rabu.

Jamnya gak tentu. Kadang bisa pagi, kadang sore, kadang malem jadi follow aku supaya gak pernah ketinggalan ya!

KUY pesan Mia is Mine! Fearless di nulisbuku.com atau shopee.

LINK DI KOLOM KOMENTAR :)

LINK DI KOLOM KOMENTAR :)

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

-----------------------------

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

-----------------------------


Cara Cepat Menjadi Penulis Hebat : TIPS MENULIS [DITERBITKAN]Where stories live. Discover now