TIPS MENULIS #52 : Menyederhanakan Kalimat

1.3K 135 18
                                    

Hari ini kita akan mengulas habis tentang penyederhanaan kalimat.

Kalimat yang baik dan tidak berbelit-belit akan membuat pembaca lebih mudah memahami narasi. Selain itu, kalimat yang efektif juga akan membuat pembaca tidak cepat bosan.

Yuk langsung aja!

Contoh :

1. Aku mau membeli 24.000 euro untuk satu tiket untuk konsernya.

Ada 2 kata 'untuk' dalam kalimat ini. Sebaiknya dihapus satu.

Menjadi :

Aku akan membayar 24.000 euro untuk konsernya.

2. Gary berjalan ke meja Ryan di kafetaria.

Sebenarnya kalimat ini sudah cukup efektif dan memenuhi standar SPOK, tapi jika ingin disederhanakan lagi, kita bisa menghilangkan kata 'di'. Kita ingin kalau latar yang digunakan adalah kafetaria, jadi jika menggunakan meja kafetaria sudah menunjukkan bahwa latarnya ada di kafetaria.

Menjadi :

Gary berjalan ke meja kafetaria Ryan.

3. Courney adalah sahabat baik Gary, tetapi Gary jatuh cinta padanya dan tidak bisa berhenti memikirkannya.

Sebaiknya kamu jangan menggunakan kata 'tetapi' + 'dan' dalam satu kalimat. Itu akan membuat bingung. Kamu bisa memisahkannya menjadi dua kalimat. Namun, jika kamu tetap ingin membuat itu menjadi satu kalimat, kamu bisa mengganti dengan kata 'meskipun' di awal dan menambahkan koma di tengah.

Menjadi :

Meskipun Courney adalah sahabat Gary, dia jatuh cinta setengah mati padanya.

4. Aku benar-benar tidak mengerti kenapa mereka berlari-lari.

Terdapat dua kalimat perulangan di sini. Kamu bisa menyederhanakannya dengan memilih salah satu saja yang menjadi kalimat perulangan.

Menjadi :

Aku tidak mengerti kenapa mereka berlari-lari.

Atau

Aku benar-benar tidak mengerti kenapa mereka berlarian.

5. Dia tersenyum dengan amat sangat manis.

Kata 'amat' dan 'sangat' memiliki arti yang sama. Kamu bisa menyederhanakannya. Selain itu kedua kata tersebut termasuk filter words yang jika digunakan atau tidak digunakan sama-sama tidak terlalu berpengaruh.

Memangnya apa bedanya tersenyum manis dengan tersenyum sangat manis? Keduanya memiliki arti sama-sama tersenyum manis, 'kan? Apakah itu bisa mengubah sesuatu dalam plot? Tidak. Maka dari itu kamu tidak membutuhkannya.

Menjadi :

Dia tersenyum manis.

Penyederhanaan kalimat dilakukan jika naskahmu memiliki jumlah kata yang terlalu banyak atau narasi yang berbelit-belit. Biasanya ini dilakukan dalam tahap self-editing.

Ini juga membantu meringankan pekerjaan editor. Sehingga ketika naskahmu masuk ke meja editor, naskahmu sudah 'bersih'. Editor akan senang dan proses penyuntingan menjadi lebih cepat. Meskipun begitu, tetap harus memperhatikan diksi sehingga tidak mengubah arti kalimat yang sebelumnya ya.

Semoga membantu!

.

Aku post tips menulis tiap hari rabu.

Jamnya gak tentu. Kadang bisa pagi, kadang sore, kadang malem jadi follow aku supaya gak pernah ketinggalan ya!

Follow instagram aku : miaveranika30 (Link di kolom komentar)

Aku membagikan tips menulis tambahan di sana :D

Aku membagikan tips menulis tambahan di sana :D

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Dielive telah terbit cetak!

Kamu bisa pesan di nulisbuku.com :)

Link ada di kolom komentar :)

Jika aku punya kesempatan hidup sekali lagi, aku akan mengungkapkan penyebab kematianku

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Jika aku punya kesempatan hidup sekali lagi, aku akan mengungkapkan penyebab kematianku. Aku mati bukan karena bunuh diri. Aku dibunuh!
***
Dalam hidupnya yang terpecah-pecah, NADYA ANDERSON masih memiliki segalanya; orang tua yang menyayanginya meski sudah tidak lagi bersama, kisah cinta menggemaskan seperti dalam novel romantis karena JASON SMITH – sahabatnya diam-diam mencintainya dan kepopuleran di sekolah karena dia aktif dalam berbagai kegiatan. Segalanya berubah seratus delapan puluh derajat ketika tiba-tiba Nadya tewas. Dia mati, tetapi ruhnya tidak. Ruhnya utuh, melayang-layang mencari tahu penyebab kematiannya.
***
Kumpulkan buktinya, cari tahu petunjuknya, tangkap pelakunya! Kisah misteri yang mengasyikkan untuk dipecahkan. Dielive telah memukau ribuan pembaca.
***
Dielive cetak sudah bisa dipesan di nulisbuku.com 💚
Link di bio!
Halaman : 226
Harga : 79.000 (+ongkir dari penerbit)
.

See ya! :D

Cara Cepat Menjadi Penulis Hebat : TIPS MENULIS [DITERBITKAN]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang