TIPS MENULIS #33 : Menentukan Segmen Pembaca

2.2K 189 23
                                    

Di Indonesia segmen/kategori terutama di wattpad, lebih populer dengan istilah 13+, 15+, 17+, 21+. Apa artinya itu? Apa bedanya?

Segmen/kategori ini adalah BUKAN GENRE.

Genre sendiri kita lebih mengenal romance, sci-fi, fantasi, dll.

Segmen/kategori ini bertujuan untuk menunjukkan untuk umur berapa buku ini ditujukan. Umumnya, kita memakai istilah segmen/kategori MG, YA, NA, dan Adult.

Yang perlu diingat adalah :

Segmen ini ditentukan berdasarkan pembacanya, karakternya, dan jalan cerita.

Pemberian label kategori ini penting sehingga pembaca tidak salah memilih buku.

Jadi jika aku 13 tahun dan menulis karakter berusia 20 tahun, tapi melakukan adegan ++ termasuk segmen apa dong?

Nah, biar lebih jelas, yuk kita bedah satu-satu.

1. MG (Middle Grade)

Segmen ini berada pada rentang umur antara 8 sampai 13 tahun. Di segmen MG, kata-kata kasar dan sexual grapic sama sekali tidak diperbolehkan. Genre yang bisa diberi segmen MG juga beragam seperti; misteri, petualangan, dll, kecuali erotika.

Tema-temanya sendiri seperti; persahabatan, keluarga, tentang sekolah, petualangan, dll. Adegan-adegan romantis di segmen ini juga dibatasi hanya sekadar cium pipi, kening, atau hanya sekadar naksir.

Contoh populer segmen MG adalah Harry Potter by JK Rowling.

2. YA (Young Adult)

Ini banyak yang salah kaprah.

Apa genre novel kamu?

Hmm... young adult.

No. No. Young Adult itu bukan genre. Young Adult ini segmen.

Segmen ini berada pada rentang umur antara 12 – 18 tahun. Tema-temanya sendiri yang populer adalah persahabatan, keluarga, dan identitas. Intinya cerita di segmen ini adalah tentang karakter yang bertransformasi dari anak-anak ke dewasa.

Di segmen YA, kata-kata kasar diperbolehkan, tetapi tetap dibatasi. Di segmen ini biasanya diperbolehkan menulis; damn, hell, dan shit, cuma sebatas itu sih. Sama halnya seperti sexual graphic. Paling-paling hanya mentok sampai cium bibir.

Contoh populer segmen YA adalah Twilight by Stephenie Meyer dan The Hunger Games by Suzanne Collins.

3. NA (New Adult)

Segmen New Adult atau dewasa muda memiliki rentang umur antara 18 – 25 tahun. Biasanya karakter utama baru lulus kuliah dan mulai masuk ke kehidupan baru seperti kuliah, kerja, menikah atau baru menjadi Ibu muda. Ini termasuk segmen New Adult.

Di segmen ini kata-kata kasar, perbendaharaan kata, sudah mulai luas. Begitu juga dengan sexual graphic, sudah bisa sampai ke adegan ++ meskipun populernya lebih digaburkan dan tidak jelas apakah karakter benar-benar melakukannya atau tidak.

Kalau kamu bingung menentukan antara Young Adult dan New Adult, saranku adalah kamu bisa lihat ke karakter utamamu.

New Adult adalah segmen di mana karakter utamanya baru memeluk sebuah fase kehidupan baru. Sementara Young Adult lebih berkutat dalam permasalahan remaja.

Contohnya dalam Mia is Mine!

Mia baru mulai bekerja sebagai brand ambassador di sebuah perusahaan motor dan meninggalkan lingkungan aslinya untuk memulai kehidupan baru.

Cara Cepat Menjadi Penulis Hebat : TIPS MENULIS [DITERBITKAN]Where stories live. Discover now