TIPS MENULIS #55 : Kapan waktu terbaik untuk merilis novel?

1K 81 1
                                    

Kamu berencana merilis novel melalui self-publish? Itu artinya kamu harus mengatur jadwal perilisan sendiri karena kalau kamu menggunakan tradisional-publisher (penerbit mayor, minor, dll) mereka yang akan menetapkan tanggal untuk bukumu.

Nah kapan waktu terbaik untuk merilis novel?

Ini berdasarkan risetku pribadi dengan memperhatikan film-film dan novel yang dirilis di bulan-bulan ini. Coba deh kamu perhatikan film-film atau novel perilisannya pasti mirip-mirip seperti jadwal di bawah ini :

1. January : New life, new love, new adventure. How to......

Di tahun baru pastinya semua orang ingin sesuatu yang baru. Hidup yang baru, cinta yang baru, sesuatu yang baru untuk dikerjakan atau dipelajari. Orang-orang akan membutuhkan sesuatu untuk menuntun mereka menghadapi tahun yang baru. Mereka ingin menjadi lebih baik atau mungkin hanya sekadar mendapat pengalaman yang berbeda dengan cerita yang baru.

2. Feb : Love. Serious love. Drama. Sex.

As you know... 14 Februari adalah hari valentine, hari kasih sayang. Makanya momennya pas banget untuk merilis novel-novel romance, drama, sex, pokoknya hal-hal yang berbau romansa. Bukan Cuma novel. Film pun juga loh!

Kamu tahu? Dua film Dilan (Dilan 1991 dan Milea) dirilis di bulan Februari!

3. March : Adventure. Army. Though struggle.

Setelah masuk bulan Maret, orang-orang mulai serius memikirkan hidupnya di tahun yang baru ini. Biasanya di bulan Maret, orang-orang mengingat kembali resolusinya yang sudah mereka buat di awal tahun dan saatnya bulan Maret ini mereka mewujudkannya.

Itulah kenapa orang-orang membutuhkan sesuatu yang bisa menemani mereka melakukan perjuangan itu. Sesuatu yang bisa menjadi semangat mereka berjuang, yang bisa memotivasi mereka. Cerita seperti petualangan, perjuangan berat, cerita-cerita motivasi dan kehidupan tentara sangat populer di bulan Maret.

4. April : Emansipasi wanita. Strong woman.

Ada tanggal 21 April yang berarti... ya! Hari Kartini. Emansipasi wanita.

Di bulan ini pas sekali merilis cerita dengan tokoh utama wanita yang berjuang mendapat hak-haknya. Cerita tentang wanita kuat dan menginspirasi.

5. May : Love, but more delightful, untuk menyambut holiday season.

Saatnya slow down!

Orang-orang butuh sesuatu yang membuat mereka kembali tersenyum agar tidak terlalu tegang di tahun ini. Sesuatu seperti cinta yang manis, cinta yang menggembirakan, cinta yang menjanjikan untuk menyambut musim liburan.

6. June : Holiday season. Something about adventure, cartoon, funny, kids, holiday.

Bulan Juni - Juli. Anak-anak biasanya libur sekolah, makanya banyak film-film kartun terutama Disney yang bertebaran di bulan-bulan ini.

7. July : Still holiday season and in the end about back to school, bullying, etc.

Di bulan Juli biasanya masih musim liburan, tapi juga menjelang berangkat sekolah. Itu artinya buku seperti kembali ke sekolah, tips-tips, bullying, cocok di bulan ini.

8. August : Mystery.

Masuk ke bulan agustus, orang-orang membutuhkan sesuatu yang menantang. Buku seputar misteri pas dirilis di bulan ini.

9. Sept : Love, but mostly sad love. Broken Heart.

Karena masuk musim gugur, maka pas sekali merilis cerita dengan tema cinta, tetapi yang menyedihkan... patah hati. Seperti itulah.

Cara Cepat Menjadi Penulis Hebat : TIPS MENULIS [DITERBITKAN]Where stories live. Discover now