TIPS MENULIS #15 : Menulis Kisah Cinta Kuat

5.4K 513 32
                                    

Kisah cinta yang kuat membuat pembaca betah berlama-lama membaca ceritamu. Mereka akan mendukung karater untuk berjuang dalam cerita terlebih apabila karaktermu bisa menarik simpati. Mereka akan terpikat dalam cerita dan tidak akan meningalkan bukumu di lemari.

Lalu bagaimana cara membuat kisah cinta yang kuat?

1. Pertemukan MC (karakter utama) dengan seseorang yang bisa mengubahnya.

Dalam kisah cinta yang kuat, MC harus bertemu seseorang yang mengubahnya menjadi orang lain – entah itu menjadi baik / menjadi buruk (biasanya dalam kisah cinta dia akan menjadi lebih baik). Karaktermu harus berubah karena terpengaruh oleh cinta. Mereka harus tumbuh dan belajar, sama seperti kita – manusia normal. Selain membuat kisah cintamu memikat, cara ini juga akan membuat karaktermu makin nyata – 3 dimensi, bukan 2 dimensi lagi.

2. Jangan menulis kisah cinta instan.

Udah berapa banyak cerita yang kamu baca yang MC-nya tiba-tiba jatuh cinta hanya karena dia seksi, hot, tampan/cantik memikat seperti malaikat? Huh?

Cerita lebih dari sekadar itu.

Mereka harus berteman, saling menggoda, memahami, mengalami paling tidak sebuah momen penting yang mana membuat mereka sadar bahwa mereka membutuhkan satu sama lain. Dan yap, itu semua butuh waktu. Mengejutkan, aku tahu.

Kisah cinta yang praktis dimulai hanya 4 lembar di awal cerita bukanlah kisah cinta yang nyata, itu akan membuat pembaca berpikir ceritamu memang hanya fiksi – dan itu yang harus kamu hindari. Kamu ingin pembaca merasa bahwa cerita yang kamu tulis adalah benar-benar nyata, fiksi yang benar-benar nyata. Jangan lupa tarik ulur perasaan pembaca.

3. Buat mereka sepadan.

Mereka harus memiliki setidaknya satu kekuatan yang sama atau kelemahan yang sama. Itu membuat MC merasa telah menemukan seseorang yang sepadan dengannya. MC akan memiliki alasan untuk menjalin hubungan dengan karakter yang memiliki persamaan sifat dengannya.

Contoh : sama-sama pintar, sama-sama percaya diri, sama-sama pemalu, sama-sama sial, sama-sama lucu, dll.

4. Memiliki tujuan yang selaras.

Setidaknya harus ada tujuan atau perjuangan yang menghubungkan MC dan orang yang dia suka. Biarkan mereka saling bersandar satu sama lain, saling menguatkan satu sama lain.

Contoh : bertahan menghadapi kehilangan seseorang, berjuang mengalahkan penjahat, berusaha mengungkapkan kasus misteri, dll.

5. Buat mereka memuji satu sama lain.

MC harus memiliki sifat yang berbeda dengan karakter yang dia suka. Perbedaan karakter itu akan menimbulkan ketertarikan, tapi kamu harus tetap ingat, perbedaan mereka harus menciptakan harmoni. MC dan karakter yang dia suka harus merasa mereka menjadi diri mereka yang lebih baik ketika mereka bersama.

Ciptakan sebuah momen di mana mereka saling memuji satu sama lain, saling mengagumi satu sama lain sifat yang tidak mereka miliki.

Oke, itu dia tips membuat kisah cinta yang kuat. Kalau ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar.

Aku post tips menulis tiap hari rabu.

Jamnya gak tentu. Kadang bisa pagi, kadang sore, kadang malem jadi follow aku supaya gak pernah ketinggalan ya!

Mia is Mine! Fearless tersedia di nulisbuku.com.

Link di bio dan di kolom komentar :)

See ya!

--------------

Dengarkan laguku di youtube channel ini:


Cara Cepat Menjadi Penulis Hebat : TIPS MENULIS [DITERBITKAN]Where stories live. Discover now