TIPS MENULIS #13 : Menulis 18+

5.6K 426 78
                                    

OMG.

18+? Apa tuh?

Yap. You know what I mean... hehe

Aku sendiri agak aneh ketika menulis adegan 18+ meskipun faktanya aku sudah 18+ hahaha, tapi tetep aja, menuliskan adegan intim itu aneh!

Seberapa aneh? Kamu pernah ngerasa aneh juga?

Nah... aku akan bagi tips untuk mengatasi rasa aneh ketika menulis adegan 18+.

1. Perhatikan Genre

Apa genre yang kamu tulis? Apakah romatis atau erotika?

Genre romantis dan genre erotika itu berbeda ya... Kalau cerita kamu 80% berisi romantis, drama dan 20% ada adegan erotisnya, itu masih termasuk genre romantis, tapi kalau 80% ada adegan erotisnya dan cuma 20% romantis... itu artinya genre erotika.

Contoh :

Twilight : Romantis.

Fifty Shades of Grey : Erotika.

2. Riset

Setelah kamu sudah tahu genre yang kamu tulis, kamu bisa menentukan seberapa besar tingkat adegan 18+ yang akan kamu tulis. Aku gak merekomendasikan kamu untuk menonton atau mempelajari adegan-adegan 18+ ya wkwk cukup baca aja cerita yang mengandung 18+, tapi inget ya, harus disesuaikan sama umur kamu juga.

3. Emosi atau Fisik

Ada beberapa jenis penulisan adegan 18+. Ini tergantung kamu ingin lebih menonjolkan yang mana.

a. 20% Emosi 80% Fisik

Ini berarti kamu lebih mengedepankan pergerakan fisik. Kamu bisa pakai kata-kata yang vulgar agar pembaca lebih tergugah. Organ-organ yang disebutkan juga biasanya langsung to the point, gak pake samar-samaran, dan udah jelas, ini jadi genre erotika.

b. 50 % Emosi 50 % Fisik

Ini yang aku suka.

Di Mia is Mine! versi wattpad aku pakai cara yang ini. Organ yang disebut masih bisa vulgar atau samar-samar, kegiatan yang dilakukan juga sama, tapi emosi lebih dilibatkan. Tunjukan pada pembaca bagai mana perasaan karakter apalagi kalau itu adalah yang pertama kali buatnya. Kamu bisa pakai deskripsi fisik seperti : jantung berdegup kencang, aliran darah mengalir deras atau lain-lain yang lebih halus dan puitis hehe

c. 80 % Emosi 20% Fisik

Cara ini biasanya digunakan apabila penulis tidak mau terlalu vulgar menjabarkan kegiatan itu plus tidak ingin ceritanya melenceng menjadi erotik. Biasanya penulis ingin pembaca tetap fokus pada emosi karakter. Dalam cara ini, penulis akan menyamarkan kegiatan itu, aktivitas yang dilakukan dan organ-organnya akan diganti dengan nama yang lebih halus dan puitis.

Contoh : Jiwa mereka menyatu, rindu yang selama ini terpendam kini meledak menjadi gairah tak tertahankan. Mereka terjatuh dalam kubangan madu panasnya hasrat dan cinta.

Okay itu dia tips menulis 18+ hehe

Semoga bermanfaat ya!

Aku post tips menulis tiap hari rabu.

Jamnya gak tentu. Kadang bisa pagi, kadang sore, kadang malem jadi follow aku supaya gak pernah ketinggalan ya!

Mia is Mine! Fearless tersedia di nulisbuku.com.

Link di bio dan di kolom komentar :)

See ya!

Dengarkan laguku di youtube channel ini:

Cara Cepat Menjadi Penulis Hebat : TIPS MENULIS [DITERBITKAN]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang