TIPS MENULIS #53 : Naskah Seperti Apa yang Dicari Penerbit?

1.1K 104 13
                                    

Sebenarnya banyak cara untuk menerbitkan novel, tidak harus melalui penerbit mayor, kamu bisa melalui self-publisher atau menerbitkan sendiri bukumu.

Namun, jika kamu tetap ingin novelmu diterbitkan oleh penerbit mayor maka ini dia beberapa tips yang mungkin bisa membantumu :)

Tips-tips ini aku dapat dari riset dan pengalaman:

1. TREND

Memang tren sangat memengaruhi ya? Ketika lagi tren anak SMA, bad boy, yang punya masa lalu buruk, misterius, plus biasanya dia ketua geng tertentu atau ketua osis wkwkwk. Yah, tapi kalau kamu mencoba menjual tema cerita seperti itu ke penerbit, peluangmu akan semakin besar. Meskipun, ada beberapa penerbit mayor yang tetap menerima cerita yang tidak mengikuti tren kok!

2. Banyak dibaca di Wattpad

Ini adalah poin plus karena penerbit akan melihat bahwa ceritamu sudah memiliki "pasar" yang itu berarti jika ceritamu diterbitkan, penggemarmu akan berbondong-bondong membeli novelmu. Keuntungan besar tentu yang menjadi tujuan penerbit, termasuk penerbit mayor. Agar ceritamu banyak dibaca, kamu harus rajin update, ramah pada penggemarmu, dan satu lagi, menulis dengan hati :) Semangat menulis ya!

3. Kamu Terkenal

Misalnya kamu seorang vlogger, artis, penyanyi atau apa pun itu misalnya seperti Ria Ricis, pasti penerbit mayor tertentu tertarik untuk menerbitkan apa pun yang kamu tulis. Itu karena tadi, kamu sudah memiliki market atau pasar sendiri. Penerbit akan lebih mudah mendapatkan keuntungan.

4. RAPI

Terlepas dari itu semua, yang terpenting adalah ketika mengirim naskah ke penerbit mayor, misalnya gramedia, naskahmu harus rapi ya. Edit yang bener deh! Koreksi plotmu. Apakah karakter utamamu memiliki character development? Character development itu penting loh! Coba deh baca lagi materiku tentang character development atau character arc ya!

5. Sesuai Visi dan Misi Penerbit

Jika kamu mengirim naskah Horror ke penerbit yang biasa menerbitkan naskah islami, kemungkinan besar akan ditolak :D Harus sesuai ya kalau mau mengirimkan naskah. Kamu bisa survei dulu ke toko buku. Kira-kira penerbit ini sukanya menerbitkan cerita seperti apa :)

Semoga membantu!

.

Aku post tips menulis tiap hari rabu.

Jamnya gak tentu. Kadang bisa pagi, kadang sore, kadang malem jadi follow aku supaya gak pernah ketinggalan ya!

Follow instagram aku : miaveranika30 (Link di kolom komentar)

Follow instagram aku : miaveranika30 (Link di kolom komentar)

Hoppla! Dieses Bild entspricht nicht unseren inhaltlichen Richtlinien. Um mit dem Veröffentlichen fortfahren zu können, entferne es bitte oder lade ein anderes Bild hoch.

Aku membagikan tips menulis tambahan di sana :D

Dielive telah terbit cetak!

Kamu bisa pesan di nulisbuku.com :)

Link ada di kolom komentar :)

Link ada di kolom komentar :)

Hoppla! Dieses Bild entspricht nicht unseren inhaltlichen Richtlinien. Um mit dem Veröffentlichen fortfahren zu können, entferne es bitte oder lade ein anderes Bild hoch.

Beli Dielive di nulisbuku.com! :D

Jika aku punya kesempatan hidup sekali lagi, aku akan mengungkapkan penyebab kematianku. Aku mati bukan karena bunuh diri. Aku dibunuh!

***
Dalam hidupnya yang terpecah-pecah, NADYA ANDERSON masih memiliki segalanya; orang tua yang menyayanginya meski sudah tidak lagi bersama, kisah cinta menggemaskan seperti dalam novel romantis karena JASON SMITH – sahabatnya diam-diam mencintainya dan kepopuleran di sekolah karena dia aktif dalam berbagai kegiatan. Segalanya berubah seratus delapan puluh derajat ketika tiba-tiba Nadya tewas. Dia mati, tetapi ruhnya tidak. Ruhnya utuh, melayang-layang mencari tahu penyebab kematiannya.
***
Kumpulkan buktinya, cari tahu petunjuknya, tangkap pelakunya! Kisah misteri yang mengasyikkan untuk dipecahkan. Dielive telah memukau ribuan pembaca.
***
Dielive cetak sudah bisa dipesan di nulisbuku.com 💚
Link di bio!
Halaman : 226
Harga : 79.000 (+ongkir dari penerbit)
.

SELAMAT TAHUN BARU 2021 :D

Di tahun baru nanti aku punya kejutan buat kamu! So stay tune ya! :D

.

See ya! :D

Cara Cepat Menjadi Penulis Hebat : TIPS MENULIS [DITERBITKAN]Wo Geschichten leben. Entdecke jetzt