TIPS MENULIS #11 : KUNCI Ceritamu Makin Menarik dengan Karakter yang Disukai!

6.3K 724 47
                                    

Halo!
Pembaca tidak akan pernah bisa melupakan sebuah cerita yang berkesan untuknya. Bagaimana cara untuk meninggalkan kesan pada pembaca? Buatlah alur yang menarik. Namun, yang lebih penting lagi adalah kita harus membuat pembaca bersimpati pada karakter kita. Kita harus membuat pembaca peduli pada karakter kita sehingga dia mau mengikuti perjalanan karakter kita sampai akhir. Bagaimana cara membuat pembaca peduli dan menyukai karakter kita?

1. Rentan

Seseorang yang rentan atau rapuh berarti memiliki kemampuan yang rendah untuk bertahan. Ada sesuatu dari dirinya yang mudah untuk terluka atau dilukai. Dalam hal ini, kamu bisa membuat karaktermu memiliki suatu kekurangan, misalnya punya sebuah penyakit serius, kegagalan dalam percintaan atau ketidakstabilan mental. Selain itu, rentan bisa diartikan dalam hal lain seperti kepekaan. Jika karaktermu selalu peka dan peduli pada karakter lainnya, pembaca juga akan ikut peduli pada kebaikan karaktermu, dan akhirnya, pembaca akan terhanyut dalam kisah yang sedang kamu tuturkan. Kamu bisa membuat karaktermu mudah jatuh cinta atau terluka hanya karena kata-kata, misalnya.

Membuat karakter utama yang rentan itu penting. Lagi pula, coba bayangkan, siapa yang mau mengikuti seseorang yang keras kepala dan tidak mau peduli pada orang lain? Tidak ada yang suka dengan karakter seperti itu. Namun, seseorang yang bisa berempati pada orang lain adalah karakter yang patut untuk diikuti kisahnya.

2. Ambil sesuatu yang penting darinya.

Ketika sedang menulis sebuah cerita, pastikan ini: sesuatu sedang tidak baik-baik saja.
Pembaca akan menaruh empati untuk karaktermu ketika mereka sudah mengenal bahwa karaktermu adalah seseorang yang rentan dan tiba-tiba dia kehilangan sesuatu yang sangat penting baginya. Sesuatu yang tadinya merupakan kekuatannya sepanjang kisah yang kamu tulis, tiba-tiba telah direnggut. Pembaca akan semakin bersemangat membaca kisahmu sampai akhir dan berharap yang terbaik untuk karaktermu.

3. Mimpi dan ketakutan.

Sama halnya seperti manusia di dunia nyata, karaktermu dalam cerita juga WAJIB memiliki mimpi dan ketakutan.
Apa yang selama ini dia inginkan?
Apa mimpi terbesarnya?
Apakah dia punya seseorang yang harus dia lindungi?
Apa yang membuatnya tidak bisa melakukan itu?
Apa yang selalu menghantui tidurnya tiap malam?
Tidak ada manusia di dunia yang tidak punya mimpi dan ketakutan. Semua orang punya. Karakter utamamu harus memiliki tujuan dalam hidupnya. Itu akan membuat karaktermu lebih mudah diikuti.

Itu dia! Tiga tips untuk membuat karakter yang menarik!
Kalau mau tanya-tanya silahkan tulis dikolom komentar ya :)
Mia is Mine! masih rilis ulang sampai maret nanti. Silahkan baca :)

Aku post tips menulis tiap hari rabu.

Jamnya gak tentu. Kadang bisa pagi, kadang sore, kadang malem jadi follow aku supaya gak pernah ketinggalan ya!

Mia is Mine! Fearless tersedia di nulisbuku.com.

Link di bio dan di kolom komentar :)

See ya!

Dengarkan laguku di youtube channel ini:

Cara Cepat Menjadi Penulis Hebat : TIPS MENULIS [DITERBITKAN]Where stories live. Discover now