TIPS MENULIS #90 : Jenis Kisah Cinta yang Populer

757 88 21
                                    

Heyyyy I'm back! :D

Hari ini kita akan bahas tentang jenis kisah cinta yang populer. Mungkin ini bisa membantumu jika sedang menulis kisah cinta :D

Ini mungkin akan cheesy, tapi barangkali bisa menginspirasi kamu yaaaa.......

Yuk langsung aja!


1. Benci Jadi Cinta

Kamu pasti sudah akrab dengan yang satu ini. Mulai dari novel, FTV, Film, K-Drama....

You know... awalnya si cowok ngeselin, ceweknya jadi sebel... mereka berantem tiba-tiba mereka harus berada dalam satu lingkungan misalnya jadi satu kelompok ngerjain tugas dan atau tinggal bareng dan akhirnya benih-benih cinta mulai tumbuh.

Tips: agar lebih menarik, berikan alasan kuat kenapa mereka akhirnya saling tertarik ya!

2. Friendzone

Bukan hanya di fiksi, di kehidupan nyata ini juga sering banget terjadi!

Awalnya salah satunya saja yang naksir, ternyata hanya sebelah tangan. Supaya bisa berada terus didekatnya, dia rela berada dalam friendzone! Duh!

Tips: Jenis kisah cinta ini akan lebih menarik jika pemeran utamanya (korban friendzone) disukai oleh orang lain juga. Jadi perasaan pelaku friendzone lama-kelamaan akan berubah.... Seperti kata-kata kita akan merasa kehilangan jika seseorang yang ada untuk kita telah pergi....

3. Kakak Adik? Ew.

Sebenarnya aku gak tahu kenapa ini populer, tapi aku gak bisa menutup mata bahwa itu memang fakta.

Sepertinya banyak penulis yang berimajinasi dengan hubungan terlarang ini karena menantang, penuh rahasia (WELL, HARUS SEMBUNYI-SEMBUNYI BIAR GAK KETAHUAN ORTU KAN), dan akhirnya, misteri (bagaimana akhir kisah mereka?) tapi aku bukan penggemar jenis kisah cinta ini jadi.... :(

Tips: Coba cari ending yang lebih kreatif lagi karena biasanya jenis kisah cinta ini berakhir dengan cowoknya (biasanya kakaknya) pergi keluar negeri atau sebaliknya atau berakhir dengan ceweknya (biasanya adiknya) meninggal atau suprise! ternyata mereka bukan kakak adik! Coba cari ending yang lain lah... misalnya ternyata kakak cowoknya ternyata duyung wkwkwk

4. Cinta Terlarang

Manusia dengan vampir atau ditentang oleh keluarga karena kasta atau beda agama.

Jenis kisah cinta ini populer sepanjang masa!

Karena adanya tantangan, hambatan yang nyata dan usaha karakternya membuat pembaca bersimpati. Jenis kisah cinta ini mampu memikat siapa pun sampai ke tulang!

Tips: Perbanyak konflik dan hambatan. Jangan lupa selesaikan dengan cara yang tidak terduga, karakter utama harus melakukan sesuatu, usaha yang jelas untuk menang mendapatkan cintanya di akhir. Meskipun berakhir tragis seperti Romeo Juliet, tetapi sampai akhir Romeo berusaha untuk menunjukkan cintanya pada Juliet (pulang ke kota asalnya meski harus dikejar-kejar dan mendapati Juliet sudah di liang kubur, dia menggali kuburannya lalu meminum racun agar bisa mati di samping Juliet). Usaha itu harus jelas dilakukan karakter utama bukannya diberikan oleh orang lain misalnya kakak karakter utama (yang selama ini menentang hubungan mereka) mengunjungi karakter wanita meminta maaf dan memohon agar dia kembali bersama karakter utama pria kemudian si wanita menurut dan dia menemui si pria lalu mereka balikan. Hei, gak semudah itu!

5. Sahabat Jadi Cinta

Ini mirip-mirip dengan friendzone ya, tapi biasanya hubungannya lebih dalam.

Nah, ada satu hal yang sering dilupakan ketika menulis jenis cerita ini. Penulis kurang menunjukkan seberapa dekat mereka. Kedekatan itu bukan hanya selalu bersama, makan bersama dan bercanda. Memang, tawa adalah salah satu kunci dari cinta, tapi untuk melewati batas dari sahabat menjadi cinta alasannya lebih dari itu.

Seseorang yang selalu ada di saat susah, paling mengerti keanehan dan ketidakmasukakalan pikiran seseorang---- itulah sahabat! Bukan hanya bisa melakukan kekonyolan bersama, tetapi mengerti alasan kekonyolan itu datang, kapan waktu yang tepat dan bagaimana menyulut kekonyolan itu dari seseorang. Itulah sahabat.

Ketika dia hilang, tidak ada bisa menggantikan seseorang seperti itu meski memiliki sejuta teman, dia adalah yang paling spesial. Di saat itulah, cinta baru disadari. Sudah tumbuh sejak lama, tetapi baru menyadari.

Tips: Jangan ragu menghabiskan waktu untuk menunjukkan kedekatan mereka seperti yang sudah dijabarkan tadi ya.

Itu aja sih tipsnya.

Semoga membantu ya!

Terima kasih banyak sudah membaca semua tips menulis :)

Beli bukuku di nulisbuku.com. Link-nya di kolom komentar ini.

Follow instagramku juga miaveranika30

Aku update tiap rabu.

See ya!

Cara Cepat Menjadi Penulis Hebat : TIPS MENULIS [DITERBITKAN]Where stories live. Discover now