TIPS MENULIS #37 : Membuat Backstory Character

2.2K 181 33
                                    

Hello!

Kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat backstory.

Backstory sendiri kurang lebih pengertiannya adalah latar belakang karakter. Nah. Kadang kita pasti ingin menyampaikan sedetail-detail-nya backstory karakter kita pada pembaca, tapi jika itu tidak penting dan tidak mendukung pada plot, sebaiknya dihindari ya.

Aku akan memberi tips untuk membuat backstory yang menarik!

1. Apa tujuannya?

Kamu harus mengerti kenapa kamu menulis backstory karaktermu. Apakah kamu ingin pembaca mengerti masa lalu buruknya? Mungkin di timelline saat ini, karaktermu takut pada gelap sehingga kamu menunjukkan kenapa dia takut gelap. Oh, ternyata waktu kecil dia pernah dikunci di dalam lemari oleh kakaknya, misalnya.

Atau kamu ingin menulis backstory sebagai alasan kenapa karaktermu mengambil suatu keputusan. Mungkin karaktermu lebih memilih membela penjahat yang berusaha membunuh partner kerjanya, tapi ada alasan di balik itu, ternyata penjahat itu adalah sahabat karaktermu sejak kecil. Mereka telah melewati susah dan senang bersama.

2. Buat timeline kehidupannya

Ini akan membantumu mengurutkan peristiwa penting yang terjadi pada karaktermu sekaligus menunjukkan sebab-akibat. Jika waktu anak-anak dia pernah dibully, maka mungkin saat remaja atau dewasa dia sangat insecure dan kurang percaya diri.

Urutannya seperti ini :

Anak-anak – Remaja – Dewasa

Tugasmu adalah menulis di catatan pribadimu apa yang terjadi pada karaktermu berdasarkan timeline tersebut.

Jika sekarang karaktermu adalah seorang remaja, maka kamu hanya membutuhkan timeline :

Anak-anak –Remaja

Jika karaktermu adalah seorang anak-anak, maka kamu hanya membutuhkan timeline :

Anak-anak

3. Ingat aturan jangan membosankan

Ya. Jadi jangan taruh backstory karaktermu di awal cerita apalagi di prolog. No. No. Please, don't do that.

Kita belum tahu seperti apa karaktermu, kita belum melihat dia melakukan sesuatu, mengambil keputusan, kita belum peduli padanya.

Letakkan karaktermu pada sebuah situasi yang krusial. Buat dia menentukan sesuatu, mengambil keputusan, atau buat dia terluka, buat dia takut pada sesuatu. Setelah itu baru jabarkan backstory karaktermu.

4. Jangan terlalu panjang.

Please, jangan buat narasi backstory karaktermu seperti halaman wikipedia - karena nggak ada yang peduli!

Make it simple. Memikat. Dan Penting.

Ingat, jangan pernah meletakkan apa pun dalam ceritamu jika itu tidak penting. Aku tahu mungkin kamu ingin bercerita banyak tentang backstory si karakter, tapi jika tidak menyokong apa pun pada plot atau pada sifat karakter di masa saat ini, lebih baik singkirkan.

5. Baca contoh-contoh backstory.

Ada banyak banget contoh backstory di novel-novel terkenal yang bisa kamu baca. Coba pilih salah satu yang jadi favorit kamu dan pelajari seperti apa penulisannya.

CONTOH

Jangan menulis :

Chris lahir di Funchal, Madeira, Portugal, 5 Februari 1985; umur 35 tahun. Dia merupakan seorang pemain sepak bola Portugal. Ia dapat berposisi sebagai sayap kiri atau kanan serta penyerang tengah. Saat ini ia bermain untuk tim Italia, Juventus dan untuk tim nasional Portugal. Sebelum bermain untuk Real Madrid, ia pernah bermain di Sporting Lisboa dan Manchester United.

Segudang prestasi telah berhasil dia raih: Chris berhasil meraih gelar FIFA Ballon D'Or di bulan Januari 2015 lalu yang diadakan di markas FIFA Zurich, Swiss. Gelar FIFA Ballon D'Or ini merupakan penghargaan ketiga bagi Chris, setelah sebelumnya pada tahun 2013 lalu dan 2008 ketika masih berseragam Manchester United.

***

Pembacanya pasti pengin nangis....

Coba menulis seperti ini :

1 -1.

Menang atau kalah kini ada di kaki Chris.

Dia mengambil napas panjang, berusaha tenang. Penonton menyilangkan jari mereka, sebagian besar berdoa.

Mata Chris tajam, lurus pada bola. Sekarang atau tidak sama sekali. Dia telah melakukan ini sejak usianya 7 tahun. Tendangan pinalti hanya pernah gagal sekali seumur hidupnya di depan penjaga gawang - Giardola Mores yang sialnya kini setelah 20 tahun berlalu, mereka bertemu lagi di sini. Di lapangan ini.

Dia mengambil satu langkah mundur, lalu berlari, menyepak bola dengan kekuatan penuh. Bola itu melesat bak kilatan petir, kurang dari sedetik Giardola Mores melompat, tapi ke arah yang salah - yang memang itu tujuan Chris – mengecohnya.

Goal!

Bola merobek jala gawang lawannya. Chris melakukan pukulan di udara beriringan dengan sorak sorai penonton dan pelukan teman-temannya.

***

Kamu suka? Hehehe

Oke deh, itu dia tips dari aku.

Sekarang coba deh kamu buat satu aja contoh backstory dan tulis di kolom komentar!

Semoga bermanfaat!

Aku rilis tips menulis tiap rabu.

Aku post tips menulis tiap hari rabu.

Jamnya gak tentu. Kadang bisa pagi, kadang sore, kadang malem jadi follow aku supaya gak pernah ketinggalan ya!

Follow instagram aku : miaveranika30 (Link di kolom komentar)

Aku membagikan tips menulis tambahan di sana :D

Aku membagikan tips menulis tambahan di sana :D

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Mia is Mine! Fearless tersedia di nulisbuku.com 💓

Link in bio dan di kolom komentar! 💓
Rp. 95.000,- (+ ongkir dari penerbit)
*Novel Mia is Mine! Fearless (228 halaman)
*Bookmark
*Stiker
*Surat

.

Beruntung banget aku bisa rilis cerita ini melalui nulisbuku.com (self-publisher) 😊
Kamu sudah pesan belum?
.
Cerita ini menawarkan romansa yang berbeda dan unik. Perasaanmu dibuat campur aduk. Kau akan rela begadang untuk menyelesaikan membacanya!

 Kau akan rela begadang untuk menyelesaikan membacanya!

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

-----------------------------


Cara Cepat Menjadi Penulis Hebat : TIPS MENULIS [DITERBITKAN]Where stories live. Discover now