Bab 5

37.1K 1.8K 78
                                    

10 tahun lalu

Theo

Hari ini ada kesibukan yang tidak biasa di rumah kami. Sejak siang, papa berulang kali meminta kami bersiap-siap, sedangkan ia sendiri mondar-mandir memberi perintah ke dapur pada asisten rumah tangga agar menyiapkan hidangan makan malam yang sempurna untuk tamu kehormatan yang akan datang ke rumah kami hari ini, Rhea Manar, yang mencoba mengganti imej selebritinya menjadi Rhea Abderrahman sejak bercerai dengan suami pertamanya. Tante Rhea dan anak perempuannya akan datang untuk makan malam bersama.

Aku tidak mengetahui detil perkenalan papa dengan Tante Rhea, tapi dari yang kudengar, mereka bertemu di sebuah perjalanan dinas ayah ke Selandia Baru, di mana Tante Rhea juga diundang untuk menyanyi. Wanita itu dulunya penyanyi lawas dengan satu buah album musik yang meledak, namun tidak pernah diikuti oleh kesuksesan album-album berikutnya. Ketenarannya lebih bersumber pada masa lalunya sebagai bintang panas di era 80-an awal yang perlahan memudar seiring terpuruknya industri perfilman dalam negeri. Wanita itu kini sangat jarang tampil di layar kaca yang lebih didominasi oleh seliweran wajah bocah-bocah milenial. Beberapa film horor juga dibintanginya, namun peran yang dibawakan hanyalah figuran, tidak cukup untuk melemparkannya kembali ke puncak ketenaran.

Aku menatap mulut Dina yang mencibirkan ucapan papa tanpa suara ketika ayah kami itu tidak melihat, 'berlaku yang sopan, dandan yang cantik.'.

Ketika mata kami bertemu, aku tersenyum padanya, menggeleng. Aku tahu mungkin ini akan menjadi perubahan besar untuk keluarga kami, namun siapa bilang kalau Keluarga Rahardian itu keluarga yang berfungsi seperti layaknya keluarga lain yang menjadi potret 'kenormalan'?

Setidaknya papa bisa mendapatkan istri, Dina dan Abel mungkin bisa belajar satu dua hal dari memiliki ibu baru, meskipun statusnya hanya ibu tiri. Memang masih belum ada obrolan serius soal hubungan papa dengan Tante Rhea, namun ini pertama kalinya papa membawa pulang wanita ke rumah, sejak mama jatuh ke dalam spiral depresi setelah melahirkan Dina dan Abel. Mengenal sifat papa yang kadang bisa sangat egois, ia tidak akan melakukan hal itu kecuali hubungan mereka serius.

Bisa dipahami kalau Dina dan Abel berontak atas nama kesetiaan mereka pada mama. Namun lima tahun jarak usiaku dengan si kembar membuatku terbiasa menjadi figur kakak sekaligus bapak di rumah, membuatku mendewasa sebelum waktu yang seharusnya. Aku mengerti bahwa ini bukan soal papa yang tidak setia, namun lebih kepada mama yang memiliki tantangan sakit mental yang membuatnya tidak bisa berfungsi sebagai istri maupun ibu buat kami.

Usiaku baru 17 tahun dan aku bahkan tidak memiliki kesempatan buat melakukan pemberontakan layaknya remaja seperti biasa. Absennya papa dan keberadaan dua orang adik yang menjadi tanggung jawabku membuat aku harus berpikir puluhan bahkan ratusan kali jika ingin membuat ulah, bahkan sedikit saja. Sebentar lagi Abel dan Dina akan menginjak usia remaja, dan jujur saja, tidak ada hal yang lebih kuinginkan selain mendapatkan sedikit tambahan bantuan untuk membesarkan mereka dan juga bisa fokus ke masa-masa kuliahku sendiri.

Mungkin prospek untuk memiliki ibu tiri, membiarkan papa punya istri muda tidaklah seburuk itu. Mungkin aku bisa mendekatkan Dina dan Abel pada Tante Rhea dan membiarkannya mengambil peran sebagai seorang ibu yang selama ini tidak kami miliki karena absennya mama.

Namun aku cukup berhati-hati untuk tidak mengatakan ini semua terang-terangan karena ingin membuat adik-adikku merasa aman. Pendekatanku cukup netral, meminta mereka untuk memberi Tante Rhea kesempatan. Ini bukan film drama di mana ibu tiri adalah stereotipe wanita jahat yang kejam. Ini adalah realita kehidupan, di mana seorang laki-laki merasa kesepian karena istrinya sakit-sakitan, ingin menikah lagi dan mengenalkan calonnya pada putra-putrinya. Mungkin ini bisa menjadi jalan untuk kami mendapatkan kesempatan mendapatkan keluarga normal.

[Tamat] False Idol, A Stepbrother Dark Romance (Season 1)Where stories live. Discover now