DISCLAIMER V.02

10K 616 118
                                    

Hi all, sebagai penulis aku merasa perlu berkewajiban untuk menuliskan disclaimer baru nih, karena menurutku ada beberapa pembaca yang masih kurang dewasa menyikapi bahwa ini HANYA TULISAN FIKSI, yang tidak ada hubungannya dengan DUNIA NYATA dan tidak mewakili pendapat atau pandangan PENULIS terhadap apa yang seharusnya ada di dunia nyata.

1. Apakah Penulis anti agama Kristen/ pemeluk agama Kristen? 😊 

Tidak. Sama sekali tidak. Penulis penganut toleransi antara umat beragama. Terlepas dari apapun agamaku, itu ranah privat yang tidak boleh diganggu gugat. Apapun agama kalian, sama sekali tidak menggangguku. Luv u all!!!

2. Kalau tidak anti, mengapa penulisannya tidak pantas? Kenapa Theo berkata "Tuhan Yesus" saat melakukan perbuatan bejat ke adeknya? 😿 

Di sini kedewasaan pembaca aku butuhkan ya. Harus dibedakan antara Theo yang sebuah karakter dalam cerita dan diri kita di dunia nyata. Maaf kalau sensitif, tapi tidak ada maksud untuk melecehkan agama tertentu. Theo adalah sebuah karakter, dan sebagai karakter, memang segitu kotor mulutnya... menurut pandanganku sebagai penulis yang menciptakan karakter Theo, dialog itu sesuai dengan karakter dia. Sebagai penulis, aku tidak mendukung ataupun menghujat. It is just the way he is.

Dari awal sudah kubilang kalau cerita ini DARK, aku nggak main-main kan. Kalau gampang offended, please cari cerita yang lucu-lucu aja. Maaf banget deh kalau offend kalian, tapi sudah aku warning di awal, ada self harm, ada NON-CON... Lucu aja gitu, kalian bisa menolerir Ega diperkosa tapi sumpah serapah Theo kalian menganggap itu tidak pantas... Sepertinya bacaan ini bukan untuk kalian. Maaf banget.

3. Di agama kristen tidak ada larangan untuk Sunat, kenapa digambarinnya begitu banget? 😊 

Lagi, perlu saya jelasin ya... di dalam cerita ini Theo adalah karakter yang digambarkan enggak sunat. Aku tidak pernah nulis kalau agama kristen melarang pengikutnya sunat.  Dalam konteks cerita ini, Theo memang seperti ini. Dan meskipun nggak dilarang tapiu juga nggak diwajibkan kan? Again, ini hanya dalam konteks cerita, dalam dunia nyata apa kita bukain satu-satu celana orang buat mastiin mereka sunat? It happens that... Ega udah ngeliat dan mendapati kalau kakaknya nggak sunat.

Dan musti diingat, POV di sini POVnya Ega, anak umur 16 tahun yang nggak reliable. Di saat dia harusnya ngamuk marah-marah berontak nangis, justru dia memprotes hal yang paling remeh = Theo nggak sunat. Di sini aku ingin emphasis kalau secara usia dia memang masih muda dan tidak bisa berpikir secara jernih. Otaknya nggak mampu memproses semua trauma itu.

Sebagai penulis aku paling sebel kalau harus menjelaskan semua ini ke pembaca, karena interpretasi itu kan terserah ke readers... Tapi gimana lagi, kalau aku dituduh kurang appropriate nulisnya... dari awal udah aku kasih warning kurang gimana lagi. Kalau gampang offended, maaf ya, maaf banget, aku mute, silakan cari cerita yang lebih cocok dan sesuai for your gentle heart.

Lagian rada hipokrit ga sih, kalau soal pemerkosaannya oke aja, tapi soal kata-kata dialog Theo yang kasar dan kurang sensitif justru offended? pls... Aku mungkin akan lebih respek dan minta maaf bgt kalau sampai ada reader ketrigger gara2 aspek non-connya.

Anyway... lain kali ini kejadian lagi, gampang bgt, aku akan bantu mute akun aku untuk kalian, jadi nggak perlu liat lagi. :)

4. WARNING lagi, ini makin ke depan Theo bukan tambah sadar malah tambah gila... kalau kalian ga kuat, please JANGAN BACA, jangan follow, jangan komen, jangan vote, jangan masukin reading list. Please, bakal ada SELF HARM, ini trigger banget, kalau sensitif ama isu ginian PLEASE JAUH-JAUH, udah aku warning ya... Ini Ega kasihan banget, dan mulutnya Theo akan selalu minta dijahit, dan secara agama mungkin banyak yg ga sesuai kaidah... kalau sensitif dan ga bisa bedain mana tokoh cerita fiksi mana dunia nyata, jangan baca False Idol... THEY DO GREY STUFF, MEAN STUFF, EVIL STUFF...


Maaf aku rant... abis kesel.

Anyway... 

Buat yang masih kekeuh pengen baca, don't worry, aku hargai komen menghujat Theo (sebagai karakter), support Ega, dsb atau general feedback soal penulisan, tema, dll... Tapi klo udah attack personal, Kbye.

Hugs and love,

Shoo

9 Feb

[Tamat] False Idol, A Stepbrother Dark Romance (Season 1)Donde viven las historias. Descúbrelo ahora