Bab 618: Aku Satu-Satunya yang Bisa Melakukan Ini

116 16 0
                                    

Sheng Xianfu tertegun.

Ketika dia mengirimkan tesisnya, dia membuat beberapa persiapan mental kalau-kalau dia diejek karenanya.

Namun, dia tidak berharap bahwa visi futuristiknya akan diakui oleh Lu Zhou.

"Fusi nuklir dingin bukanlah konsep yang konyol. Sebenarnya, untuk sebagian besar konsep yang tidak dapat kita capai, konsep itu sendiri tidak salah, kita hanya tidak cukup tahu tentang alam semesta. "

Lu Zhou berdiri dari mejanya dan berjalan ke gambar tata surya berbingkai yang tergantung di dinding kantor. Ia melihat bola api yang telah menyala selama miliaran tahun.

"Sama seperti bagaimana kita tidak sepenuhnya memahami sumber kekuatan bintang ..."

Secara teknis, reaksi fusi di dalam bintang juga merupakan bentuk fusi dingin, tetapi itu bukan jenis "dingin" yang bisa dipahami orang.

Untuk mencapai fusi nuklir, dua proton harus memiliki energi yang cukup untuk mengatasi penghalang potensial Coulomb sehingga jarak antara inti akan kurang dari 10 ^ -14 meter. Untuk mencapai jarak ini, energi kinetik termal dari satu nukleus harus mencapai setidaknya tingkat energi pada urutan besarnya MeV.

Namun, energi kinetik termal rata-rata dari sebuah inti di dalam bintang hanya pada besaran KeV.

Membandingkan besarnya tingkat energi, orang akan berharap bahwa energi kinetik termal terlalu rendah untuk mengatasi penghalang potensial Coulomb. Meski mempertimbangkan efek gravitasi, reaksi di dalam bintang itu tidak masuk akal.

Akan sangat sulit untuk menjelaskan fenomena ini dari perspektif mekanika klasik.

Karena itu, seseorang harus memperkenalkan konsep mekanika kuantum.

Seperti, efek tunneling kuantum.

Meskipun konsep ini mungkin terdengar sedikit tidak jelas, selama seseorang memahami prinsip dualitas gelombang-partikel dan prinsip ketidakpastian, tidak akan terlalu sulit untuk memahami implikasi ini.

Dalam mekanika kuantum, semua objek berada dalam kondisi tak tentu, dan ada rentang yang menentukan status mereka.

Misalnya, bola kecil, contoh mekanika klasik umum. Tempatkan bola kecil di depan gunung. Menurut konsep mekanika klasik, ketika kecepatan bola cukup besar, itu bisa bergulir melintasi gunung. Jika itu tidak cukup cepat, itu mungkin berguling ke tengah gunung dan kehabisan energi kinetik, sehingga kembali ke tempat asalnya.

Namun, dalam mekanika kuantum, bahkan jika kecepatan bola itu kecil, ketika berguling ke arah gunung, ia masih memiliki kemungkinan tertentu untuk berguling dan melintasi gunung.

Jika kita mengubah gunung menjadi penghalang dan mengganti bola dengan atom, kita dapat menjelaskan mengapa fusi dapat terjadi pada bintang.

Meskipun energi nukleus dalam sebuah bintang jauh lebih kecil daripada potensi penghalang potensial Coulomb, karena adanya efek tunneling kuantum, proton masih bisa melewati penghalang potensial Coulomb. Dengan penghalang pembakaran probabilistik semacam ini, sebuah bintang dapat terbakar terus selama miliaran tahun, tidak seperti ledakan dalam sekejap, sehingga menghabiskan semua bahan bakarnya.

"Fusi nuklir dingin sebenarnya secara teori dimungkinkan, atau lebih ilmiah, ketika kondisi makroskopis untuk fusi tidak terpenuhi, masih secara teori dimungkinkan untuk terjadi reaksi fusi. Namun, kita tidak memiliki metode yang sesuai untuk memajukan pengetahuan teoritis kita untuk sepenuhnya mengungkap misteri itu.

"Kita ingin menyelesaikan miniaturisasi masalah energi fusi yang dapat dikendalikan, dan kita harus mulai dari dasarnya. Kita harus memahami apa interaksi kuat itu dan menggunakan model untuk menyatukannya dengan gaya elektromagnetik. " Lu Zhou menyerahkan kembali tesisnya kepada Sheng Xianfu dan berhenti sejenak. Ia kemudian berkata, "Jika kita dapat menggunakan model untuk menyatukan interaksi yang kuat dan gaya elektromagnetik, masalah kita akan menjadi jauh lebih mudah.

Scholar's Advanced Technological System [Terjemahan Bahasa Indonesia] Vol. 4Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang