Bab 486: Pertukaran Teknologi

656 65 0
                                    


Penerjemah: Henyee Translations Editor: Henyee Translations

Ketika Profesor Keriber mendengar saran tiba-tiba Lu Zhou, dia berhenti sejenak.

"... Pertukaran?"

Lu Zhou: "Saya mendengar kalian menutup WEGA?"

Keriber: "Dahulu kala ... saya pikir tahun 2013."

Lu Zhou: "Lalu bagaimana kabarnya sekarang?"

"Tidak baik maupun buruk. Mungkin kita akan mengirimnya ke museum dalam dua puluh atau tiga puluh tahun ... Kenapa? "

Keriber bingung; dia tidak tahu mengapa Lu Zhou tiba-tiba mengangkat WEGA.

Lu Zhou: "Bisakah Anda menjualnya kepada saya?"

Profesor Keriber membeku.

Setelah beberapa saat, bibirnya sedikit bergerak.

"WEGA? Apakah kamu bercanda?"

Lu Zhou menggelengkan kepalanya dan berkata, "Aku tidak bercanda, aku serius."

Keriber melihat bahwa Lu Zhou sepertinya tidak bercanda, jadi dia tersenyum dan berkata, “Kami menghabiskan € 800 juta untuk membangun WEGA, dan itu lebih dari satu dekade yang lalu, sebelum semua inflasi.Berapa banyak yang Anda rencanakan untuk pengeluaran? "

Lu Zhou berpikir sejenak sebelum memberikan nomor.

"Apakah € 500 juta cukup?"

“... Jangan pernah memikirkannya. Itu tidak mungkin."

Meskipun Keriber terkejut bahwa Lu Zhou dapat menawarkan uang sebanyak ini, dia tidak menerimanya karena itu bukan hanya tentang uang.

Sebuah permainan ITER telah terjadi antara negara-negara yang secara teknologi maju dan negara-negara yang kurang maju secara teknologi. Permainan ini dapat dilihat dari proporsi dana yang dimiliki masing-masing negara, alokasi proyek untuk berbagai lembaga penelitian nasional, dan faktor eksternal lainnya.

Dan sebagian besar masalah terjadi pada pertukaran teknologi.

Masalah-masalah ini tidak bisa dihindari. Lagi pula, sejak bagian terakhir abad terakhir, Uni Eropa dan Komunitas Eropa telah menghabiskan banyak uang untuk proyek ITER.

Ini berarti bahwa negara-negara dominan berharap bahwa negara-negara yang lebih lemah akan menyumbangkan lebih banyak dana untuk berbagi risiko dan biaya secara merata dan bagi lembaga penelitian nasional mereka untuk melakukan lebih banyak proyek dari kumpulan dana penelitian.

Sementara itu, negara-negara yang lebih lemah berharap bahwa negara-negara dominan akan bertukar lebih banyak teknologi dengan mereka sambil juga berharap untuk melakukan lebih banyak proyek.

Bagaimanapun, tidak ada yang ingin berada di posisi kedua. Semua orang ingin menguasai teknologi inti fusi nuklir. Kalau tidak, negara-negara yang lebih lemah tidak akan memiliki tulang punggung ketika tiba saatnya untuk membagi hadiah.

Bisakah uang membeli segalanya?

Tidak ketika ada prasyarat.

Perangkat WEGA adalah penemuan teknologi dari Max Planck Institute dan Asosiasi Helmholtz. Mereka menghabiskan banyak darah, keringat, dan air mata untuk melengkapi perangkat ini. Dalam keadaan seperti ini, mereka jelas tidak ingin menjualnya dengan harga murah.

Lu Zhou tahu apa yang dipikirkan Profesor Keriber, jadi dia berkata, “Tujuan akhirnya adalah museum. Kalian sudah belajar semua yang kamu bisa dari itu. Saya bersedia membayar € 500 juta untuk membeli hasil Anda, dan saya bahkan mungkin bisa memerasnya, juga ... "

✔Scholar Advanced Technology System [3]Where stories live. Discover now