Bab 597: Terlalu Besar Langkahnya?

561 62 0
                                    


P

enerjemah: Terjemahan Henyee Editor:Terjemahan Henyee

Seluruh proyek baterai fusi yang dapat dikontrol dipecah menjadi tiga belas sub-proyek, dan ini mencakup semuanya, mulai dari pengapian laser hingga generator listrik. Sebanyak enam lembaga penelitian berpartisipasi dalam proyek ini.

Karena keberhasilan reaktor fusi Pangu, Lu Zhou merasa cukup percaya diri mengenai proyek ini.

Namun, ada ketidaksepakatan selama diskusi mengenai bahan bakar nuklir baterai fusi.

Saat Sheng Xianfu mendengarkan rencana gila Lu Zhou, mulutnya terbuka lebar dengan takjub. Setelah beberapa saat, dia berbicara dengan tidak percaya.

“Kamu yakin mau menggunakan helium-3 sebagai bahan bakar? Potongan melintang reaksi helium-3 dan deuterium adalah sepersepuluh dari reaksi deuterium-tritium, tetapi kesulitan penyalaan sepuluh kali lebih sulit daripada deuterium-tritium! "

Dia bukan satu-satunya yang memegang sudut pandang ini. Kepala insinyur dari Perusahaan Nuklir Nasional China, Akademisi Wang Zengguang, juga mengangguk.

“Saya juga berpikir helium-3 tidak praktis.Meskipun Anda menghemat ruang dan biaya inti nuklir, faktanya adalah biaya ini akan diteruskan ke pengapian laser atau perangkat pemanas pengapian gelombang mikro. "

Akademisi Yu Jiannan, yang tidak mengenal Lu Zhou dengan sangat baik, berbicara dengan nuansa dan kehalusan.

"Bukan hal yang baik untuk mengambil langkah terlalu besar."

Lu Zhou mengetuk jarinya di atas meja saat dia berpikir untuk waktu yang lama.

Ini adalah masalah trade-off.

Jika ia memilih deuterium-tritium sebagai bahan bakar, mereka harus memasang sistem pemulihan litium neutron cair pada baterai fusi, dan kepadatan energi volumetrik dari seluruh baterai fusi akan berkurang. Jika He3 deuterium dipilih sebagai reaktan, itu bisa menghemat setidaknya 15% dari volume inti nuklir, dan kepadatan energi volumetrik seluruh baterai akan meningkat.

Namun, kata-kata Akademisi Wang benar.Dengan teknologi pengapian laser domestik saat ini, memilih rute teknis ini mungkin tidak menghasilkan efek yang diharapkannya.

Lu Zhou terdiam sekitar lima menit.

Dia punya ide di benaknya.

"Kalau begitu mari kita kompromi."

Sheng Xianfu: "Kompromi?"

Lu Zhou mengangguk dan berkata, "Sama seperti perangkat pengapian fusi, kita akan pergi dengan kedua rute teknis. Satu rute akan menjadi baterai fusi bahan bakar deuterium-tritium dan yang lain akan menjadi baterai fusi bahan bakar deuterium He-3. Kami dapat menyetujui koneksi antarmuka baterai standar. Jika hambatan dari teknologi baterai fusi bahan bakar deuterium He-3 tidak dapat diselesaikan, kita dapat segera beralih ke deuterium-tritium. Suatu hari, ketika masalah fusi helium-3 diselesaikan, kami akan dapat meningkatkan peralatan kami lebih cepat. "

Akademisi Wang Zengguang berpikir sebentar dan berkata, "Saya pikir itu ide yang bagus."

Akademisi Yu Jiannan tidak banyak bicara. Dia hanya mengangguk dan berkata, "Selama anggaran memungkinkan, saya akan mengizinkannya."

Lu Zhou menatap beberapa orang lain, dan melihat bagaimana tidak ada komentar lagi, dia berkata, "Oke, kalau begitu sudah beres."

Melompat ke helium-3 segera agak prematur.

Lu Zhou diyakinkan oleh bujukan rekan-rekan setimnya yang sudah lanjut usia.

Dia mengakui bahwa ketika dia menemukan rute teknis mengenai miniaturisasi fusi yang dapat dikendalikan melalui puing-puing peradaban maju, dia menjadi sedikit terlalu bersemangat dan lupa tentang kemampuan teknologi Bumi saat ini.

✔Scholar Advanced Technology System [3]Hikayelerin yaşadığı yer. Şimdi keşfedin