BIKIN PEMBACA TERGILA-GILA

778 102 36
                                    

Kenapa K-Poppers rela merogoh kocek dalam-dalam demi membeli merchandise grup kesayangannya? Kenapa fans Cristian Ronaldo mau menabung untuk membeli tiket menonton pertandingannya Plus tiket naik pesawat plus akomodasi hotel?

Benar banget. Karena mereka mencintai idolanya. Fans K-Pop bakal ngulik berita apa pun soal anggota grup kesayangannya, bahkan rela menjadi apa pun. Kamu pernah baca biodata cewek yang menulis:

😍 Selingkuhan Jung-Kook
😍 Bucinnya Tae-Hyung
😍 Kekasih gelapnya Jimin

Bayangkan, seorang cewek sudi merendahkan harga diri sampai ke level selingkuhan loh, yang saya yakin kalau di dunia nyata, mereka bakal mencak-mencak kalau cuma dijadikan selingkuhan oleh pacar beneran.

Sebesar itulah kekuatan cinta, wahai teman-teman Penulis. Ibarat kata, dikasih ciuman jarak jauh sama orang yang kita cintai pun bakal merasa dinikahin karena girangnya. (Abaikan analogi yang lebay ini).

Makanya, buat saya, penting banget menjadikan tokoh utama dicintai oleh pembacanya. Kenapa? Karena kalau pembaca sudah mencintai tokoh kita, dia bakal mengikuti cerita kita sampai tamat.

Terus, gimana dong biar tokoh kita dicintai pembaca?

DESKRIPSI FISIK YANG JELAS

Bandingkan deskripsi ini:

Dosen kami akhirnya memasuki ruangan. Kemejanya rapi dan penampilannya cool. Para mahasiswi menatapnya tanpa henti.

DENGAN INI:

Sebenarnya Ruben tak perlu melakukan apa pun untuk membuat kaum hawa kagum. Cukup duduk di kantin kampus bersama mahasiswa-mahasiswi belasan tahun hingga awal dua puluhan, dan tersenyum.

Kesukaannya membahas trending topic lebih memancarkan kapasitas otaknya. Belum lagi fisik lelaki itu tergolong menarik. Usianya 28 tahun dengan rambut dipotong ala Agus Harimurti Yudhoyono. Bagian depannya disisir melengkung ke atas dan disapu pomade. Alisnya hitam, berbaris rapi membingkai matanya yang bersorot cerdas. Kacamata minus 4 berbingkai plastik menambah kesan brilian. Hidung Ruben tidak semancung syekh Timur Tengah, tetapi cukup mancung untuk ukuran laki-laki. Yang paling penting asli, bukan sentuhan dokter bedah. Pantas diberi gelar ’Cowok Most Wanted’ atau yang lebih gila, ’Calon Imam Masa Depan’ dari sebagian besar mahasiswi.

(Business Fat Girl, Belladonna Tossici, Dolce Media)

Harus banget ya bikin deskripsi sejelas itu? Harus, tapi jangan satu halaman juga. Bikin aja satu atau dua paragraf yang penting bisa membuat pembaca membayangkan tokohmu.

DESKRIPSI PEKERJAAN YANG JELAS DAN REALISTIS

Bandingkan deskripsi ini:

Ucok sudah menjadi pengacara sejak usia 22 tahun. Ketika menginjak 30 tahun, dia sudah memiliki segalanya. Rumah mewah, resort di Bali, pesawat jet pribadi. Sulit membayangkan kemapanan seperti ini mengingat orang tuanya adalah petani di Brastagi.

DENGAN Cerita soal profesi pengacara di ceritaku yang judulnya Devils Inside di Cabaca.

Saya nggak bisa ngasih contoh di sini soalnya panjang banget. Saya jelasin pekerjaan si tokoh utama sebagai pengacara dalam 80% bab-nya. Masa iya saya copas semua? So, baca sendiri aja di Cabaca. Gratis kok pk. 12.00 dan 21.00 selama bulan April 2020.

Dan hasilnya, pembaca saya pun jatuh cinta pada sosok pemeran utama.

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.
Write Without FearWhere stories live. Discover now