CARA BIKIN CERITA JADI KEREN

828 112 22
                                    

Bab ini mengandung curhat

💋 💋 💋

Beberapa hari yang lalu, seorang teman bertanya pada saya soal pekerjaan anggota DPR. Usut punya usut, teman saya ingin membuat alur cerita romance yang tokoh utama prianya memiliki image baik sedangkan tokoh utama wanitanya punya image kurang baik.

Ada beberapa asumsi yang yang saya pikirkan dalam kepala saya mengapa kawan saya ini ingin mengangkat tokoh utama laki-lakinya adalah anggota DPR:

1. Pekerjaan sebagai anggota DPR belum banyak diangkat dalam novel romance.

2. Biar keren.

Asumsi ini hanya ada dalam pikiran saya, belum saya tanyakan langsung. Saya membaca cerita-cerita romance Wattpad yang latarnya luar negeri atau tokoh prianya kaya raya, bekerja sebagai CEO, dokter, dll tetapi nggak membekas di benak saya.

Anggaplah selera saya memang selera kelas kampung karena justru cerita yang mengangkat kemiskinan dan penderitaan justru membekas dalam benak saya.

List Cerita Keren versi Saya:

1. Laut Bercerita - Leila S. Chudori

Nggak ada CEO atau latar luar negeri. Tokoh utamanya adalah mahasiswa UGM yang berjuang melawan tirani orde baru. Latarnya di Yogyakarta dan Jakarta.

Kenapa bisa keren? Menurut saya pribadi justru proses penceritaannya yang membuat pembaca bersimpati. Bagaimana kejamnya orde baru, bagaimana Biru Laut dan kawan-kawan disiksa, itulah yang mengaduk perasaan pembaca. Terbukti, novel ini best seller. Kalau mau pinjam di Ipusnas, antrinya bisa tiga bulan lebih.

2. Sang Alkemis - Paulo Coelho

Bercerita tentang anak gembala yang melakukan perjalanan mencari harta karun. Dalam pencariannya, sang gembala menemukan banyak hal.

Buku ini telah terjual 65 juta kopi di seluruh dunia. Waktu saya membaca, langsung mendapat pencerahan.

3. Silence - Shusaku Endo

Sudah difilmkan dengan sutradara Martin Scorsese, Silence bercerita tentang penindasan umat Katolik Jepang pada masa lampau.

Tokoh utamanya Jesuit miskin dan petani miskin. Nggak ada mewah-mewahnya. Tapi buat saya tetap saja keren dan membekas. Saya jadi menghargai kebebasan beragama di Indonesia.

4. Cantik Itu Luka - Eka Kurniawan

Telah diterjemahkan ke dalam 24 bahasa, memenangkan penghargaan World Readers Awards tahun 2016. Penulisnya memenangkan anugerah Prince Claus dari Kerajaan Belanda.

Cantik Itu Luka merupakan novel yang vulgar, brutal, adegan seks digambarkan liar. Paham komunis dan kehidupan anggota partai komunis dijelaskan cukup gamblang. Tapi itu yang membuatnya keren. Novel ini sangat berani melawan arus.

5. Laskar Pelangi - Andrea Hirata

Boro-boro CEO, tokoh utamanya adalah orang susah semua. Mau sekolah harus menempuh perjalanan penuh perjuangan. Latarnya di Belitong yang jauh dari gemerlap.

Justru itu yang keren menurut saya. Bikin saya lebih menghargai sekolah. Kadang sebagai pelajar, kita malas banget bangun pagi, mengeluh kalau dapat PR. Tapi membaca perjuangan Ikal dan kawan-kawan, rasanya langsung berdosa besar kalau masih mengeluh.

Apa saja novel keren versi kamu? Share di kolom komen.

Dari beberapa novel yang saya sebutkan di atas, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan untuk menulis cerita yang keren:

Write Without FearWhere stories live. Discover now