86. Keberanian.

81 5 0
                                    

Selesai menulis isi mimpi barusan, Ichsan mengesampingkan buku catatannya lalu mencermati alamat yang diberikan Fira kemarin sore. Hanya dua deret angka, satu bernilai positif lainnya bernilai negatif. Ichsan mengerti maksud Fira.

"Sialan," umpatnya. "Alamat ini harus dicari dengan peta internet, tapi paket internet lagi boke.

Ichsan mengecek pulsa hp nya juga tidak cukup untuk beli paket internet. Mau tidak mau, Ichsan mesti beli pulsa di minimarket terdekat. Dan itu artinya, ludes sudah uang makannya sehari ini. Makanan terakhir yang bisa disediakan Ichsan adalah nasi tahu tempe sarapannya pagi ini.

Selepas sarapan, Ichsan meluncur dari Bukit Cikutra dengan bawaan seadanya. Buku catatan, pena, kompas, hp dengan batere sekarat, kabel charger, dan dompet yang akan segera kosong dalam tas ransel yang serasa kosong.

Hah, kosong?

Ichsan tidak sempat mengecek pulsanya sudah terkirim atau belum karena batere hp nya keburu habis.

"Sialan," umpat Ichsan, kedua kalinya hari itu. "Data selulernya lupa dimatiin,"

Masih untung Ichsan punya reputasi bagus di kalangan ojek jaket hijau, sehingga ia diperbolehkan mengisi batere hp nya di pangkalan ojek selama satu jam.

Perjalanan baru berlangsung mulus selepas jam 8 pagi.

Jam 9.00, Ichsan baru tiba di tujuan - yang meskipun dianggapnya tidak ada di peta, nyatanya tetap ada di peta internet.

"Salamu alaikum," Ichsan menyapa seorang bapak yang tengah menjemur kicimpring.

Tidak salah lagi itu ayahnya Fira.

"Alaikum salam," bapak itu menjawab. "Kau pasti orang yang dimaksud anak saya butuh bantuan untuk memulai usaha,"

Ichsan manggut-manggut saja.

"Kalau begitu, mari ikut bapak," ayah Fira memberi isyarat supaya Ichsan masuk ke ruang tamu. "Kalau kau benar-benar ingin belajar jadi pengusaha, detektif SMA, tidak penting siapa nama bapak. Cukup panggil saya 'pak'. Mengerti?"

"Siap dimengerti pak," jawab Ichsan.

"Menjadi pengusaha butuh keahlian dan wawasan yang luas," kata ayah Fira. "Dan yang paling penting adalah keberanian untuk memulai usaha itu sendiri,"

Detektif Ichsan 6 : Detective's Hometown.जहाँ कहानियाँ रहती हैं। अभी खोजें