(4) Berlepas Diri dari Islam

2.7K 200 3
                                    

Salah satu bentuk terpelesetnya lisan yang parah dan tergelincirnya yang serius adalah berlepas diri dari Islam. Dari Buraidah r.a diriwayatkan bahwa ia berkata : Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda :

"Barangsiapa bersumpah dengan mengatakan, "Aku berlepas diri dari Islam", jika ia berdusta, maka ia dihukumi seperti apa yang diucapkannya. Dan jika ia berkata (jujur), maka ia tidak akan kembali ke dalam Islam dalam keadaan selamat" (Shahiih Sunan Abii Daawud (II/629) (2793) dan Shahiih Ibni Maajah (I/359) (1707)

Dari Abu Hurairah diriwayatkan bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Barangsiapa bersumpah dengan suatu sumpah, maka dia seperti yang disumpahkannya. Jika dia menuturkan, "Dia adalah Yahudi", maka dia itu Yahudi. Jika mengatakan "Dia adalah Nasrani", maka dia itu Nasrani. Dan jika dia mengatakan, "Dia telah berlepas diri dari Islam", maka dia telah berlepas diri dari Islam. Barangsiapa yang menyeru dengan seruan jahiliyyah, maka dia akan menjadi timbunan batu di neraka Jahannam". Para sahabat bertanya, "Wahai Rasulullah! Meskipun dia puasa dan shalat?" Beliau shallallahu 'alaihi wasallam menjawab, "Meskipun dia puasa dan shalat" (Diriwayatkan oleh Abu Ya'la dan Hakim. Lihat Shahiihu 't-Targhiib wa 't-Tarhiib (III/131) (2956).

Juga seperti perkataan sebagian wanita, "Aku akan menjadi wanita Yahudi atau Nasrani jika terjadi demikian" atau "Aku akan menjadi wanita kafir atau bukan lagi muslimah jika tertimpa demikian". Lebih buruk lagi jika dia mengatakan, "Allah melaknat agamaku, jika aku tertimpa demikian!"

100 Dosa yang Diremehkan WanitaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang