(52) Memakai Wangi-wangian Ketika Keluar Rumah

1.7K 83 0
                                    

Salah satu hal yang diharamkan oleh Allah, Sang Pembuat Syari'at Yang Maha Bijaksana adalah seorang perempuan yang keluar dari rumahnya dengan mengenakan wangi-wangian, sehingga tercium aroma wangi tubuhnya yang membangkitkan birahi lelaki. Akhirnya, lelaki itu pun terpesona kepadanya dan menaruh perhatian terhadapnya.

Dari Abu Musa r.a. diriwayatkan bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda :
"Jika seorang wanita mengenakan wangi-wangian, kemudian melewati suatu kaum agar mereka mencium aroma wangi tubuhnya, maka dia itu demikian dan demikian. Perawi berkata, 'Beliau shallallahu 'alaihi wasallam berkata dengan keras'"
---Shahiih Sunan Abii Daawud
(II/787) (3516) dan Shahiih Sunani 't-Tirmidzii (II/363) (2238)

Dalam riwayat lain, beliau shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Maka dia adalah pezina"
---Shahiih Sunan 'n-Nasaaii
(III/1049) (4737)

Dari Abu Hirairah r.a. diriwayatkan bahwa ia pernah bertemu dengan salah seorang wanita yang tercium aroma wangi dari tubuhnya karena hembusan angin, maka ia berkata, "Wahai hamba Allah Yang Maha Perkasa, engkau baru saja keluar dari masjid?" Wanita itu berkata, "Benar!" Ia bertanya lagi, "Untuk-Nya engkau memakai wangi-wangian?" Wanita itu menjawab, "Benar!" Ia pun berkata, "Sungguh! Aku pernah mendengar kekasihku --Nabi shallallahu 'alaihi wasallam-- bersabda, 'Allah tidak akan menerima shalatnya seorang wanita yang mengenakan wangi-wangian ketika berangkat ke masjid ini, sehingga ia pulang dan mandi janabah (mandi besar) ---Shahiih Sunan Abii Daawud (II/787) (3517) dan Shahiih Sunan Ibnii Maajah (II/367) (3233)

Dalam riwayat lain, beliau shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Apabila seorang wanita keluar menuju masjid, maka hendaknya ia mandi dari wangi-wangian sebagaimana ia mandi dari janabah" ---Shahiih Sunan 'n-Nasaaii (III/1049) (4738)

Dari Zaid bin Khalid r.a. diriwayatkan bahwa ia berkata : Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda :
"Janganlah kalian melarang para wanita pergi ke masjid. Hendaklah mereka keluar dari rumahnya tanpa mengenakan wangi-wangian" ---Shahiih Sunan Abii Daawud (I/113) (529) dan Shahiih Mawaaridi 'zh-Zham'aan (I/201) (284) serta An-Nihaayah (I/191)

Ini ketika shalat, lantas bagaimana pendapatmu tentang seorang wanita yang keluar dari rumahnya menuju pasar, rumahsakit, tempat rekreasi dan perkumpulan lelaki, sementara aroma tubuhnya yang menyengat tersebar ke seluruh tempat?!

Hendaknya seorang wanita tidak keluar dari rumahnya kecuali karena ada suatu keperluan. Hendaknya ia selalu berada di rumah, karena itulah benteng yang kuat bagi dirinya dari godaan setan; baik kalangan manusia maupun jin. Seorang wanita shalat di rumahnya adalah lebih baik daripada shalat di masjid kaumnya. Lantas bagaimana pendapatmu terhadap selain shalat?

Dari Ummu Humaid, istri Abu Humaid As-Sa'idi r.a. diriwayatkan bahwa ia pernah datang menemui Nabi shallallahu 'alaihi wasallam kemudian berkata, "Wahai Rasulullah! Sesungguhnya aku senang shalat di masjid bersama Anda Beliau shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Aku sudah tahu bahwa engkau senang shalat di masjid bersamaku. Namun shalatmu di (bilik) rumahmu itu lebih baik daripada shalatmu di kamarmu. Shalatmu di kamarmu itu lebih baik daripada shalatmu di ruanganmu. Shalatmu di ruanganmu itu lebih baik dari shalatmu di masjid kaummu. Dan shalatmu di masjid kaummu, itu lebih baik daripada shalatmu di masjidku ini"" ---Shahiih Mawaaridi 'zh-Zham'aan (I/201) (286)

100 Dosa yang Diremehkan WanitaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang