(38) Tidak Adil dalam Memperlakukan Anak-anaknya

1.1K 33 0
                                    

Dengan keadilan, maka tegaklah langit dan bumi. Karena keadilan, maka langit dan bumi menjadi teratur dengan baik. Sebaliknya, karena ketidak-adilan, maka keduanya menjadi rusak binasa. Oleh karena itu, wajib bagi seorang wanita muslimah berlaku adil dalam memperlakukan anak-anaknya. Ia tidak boleh berbuat zhalim kepada sebagian mereka dan menghalangi sebagian hak-hak mereka. Intinya, ia wajib berusaha semaksimal mungkin untuk berlaku adil kepada mereka.

Dari Nu'man bin Basyir r.a. diriwayatkan bahwa ia berkata, "Ibuku menanyakan kepada bapakku tentang sebagian hartanya yang telah diberikan kepadaku. Namun bapakku tetap pada pendiriannya untuk memberikan hartanya kepadaku. Maka ibuku berkata, 'Aku tidak rela sampai engkau mempersaksikannya di hadapan Nabi shallallahu 'alaihi wasallam'. Maka bapakku, waktu itu aku masih kecil, mengajakku menemui Nabi shallallahu 'alaihi wasallam seraya berkata, 'Sesungguhnya ibunya yang bernama binti Rowahah bertanya kepadaku tentang pemberian yang telah diberikan kepada anak ini'. Beliau shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, 'Apakah engkau mempunyai anak selainnya?' Bapakku menjawab, 'Ya, benar' Beliau shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, 'Jangan engkau minta diriku untuk menjadi saksi dalam berbuat dosa'" ---Shahiihu 'l-Bukhaari (III/208) (2650)

Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa perawi berkata, "Sesungguhnya bapaknya telah datang bersama dirinya menemui Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam seraya mengatakan, 'Aku telah memberikan hartaku kepada anak kecil ini'. Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bertanya, 'Apakah setiap anakmu mendapatkan pemberian seperti itu?'.  Ia menjawab, 'Tidak'. Maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, 'Kembalikan hartanya' " ---Shahiih Muslim (III/1006) (1623)

Dalam riwayat lain beliau shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Sesungguhnya mereka juga mempunyai hak terhadapmu, yaitu hendaknya engkau berlaku adil terhadap mereka. Demikian pula, engkau pun memiliki hak atas mereka, yaitu agar mereka berbuat baik kepadamu" ---Shahiih Sunan Abii Daawud (II/677) (3026)

Berbuat adil terhadap mereka berarti memberikan yang sama kepada mereka dalam masalah pemberian, hadiah, kasih sayang, perlindungan, asuhan dan sikap lemah lembut, bahkan sampai dalam masalah pemberian ciuman maupun lainnya.

Dari Anas bin Malik r.a. diriwayatkan bahwa ia berkata, "Seseorang sedang duduk bersama Nabi shallallahu 'alaihi wasallam. Tiba-tiba datanglah anak lelakinya. Ia pun menggendong dan menciumnya, lantas anak tersebut didudukkan di sampingnya. Kemudian datang pula anak perempuannya. Ia pun mendudukkan di sampingnya. Maka Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, 'Kenapa engkau tidak berlaku adil kepada keduanya?' . Yaitu berlaku adil dalam memberikan ciuman kepada anak laki-laki dan anak perempuannya?"
---Dikeluarkan oleh Bazzar dalam Musnadnya. Lihat As-Silsilatu 'sh-Shahiihah (II-VI/897) (2883). Beliau juga menyebutkannya dalam juz yang sama nomor (2994)

100 Dosa yang Diremehkan WanitaWhere stories live. Discover now