(89) Sangat Cinta (Al-I'jaab)

1.4K 80 0
                                    

Cinta karena Allah dan hanya mengharap ridha-Nya merupakan diantara sebab (sarana) yang paling besar untuk mendapatkan rahmat Allah dan meraih cinta-Nya. Bahkan ia merupakan salah satu ikatan iman yang paling kuat dan penyebab datangnya rahmat Allah, Dzat Yang Maha Penyayang. Dari Ibnu 'Abbas diriwayatkan bahwa ia berkata : Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda :

"Ikatan iman yang paling kuat adalah berwala' (loyal) dan bermusuhan dengan karena Allah, cinta dan benci karena Allah"
---Diriwayatkan oleh Thabrani dal Al-Baghawi dalam SYarhu 's-Sunnah. Lihat As-Silsilatu 'sh-Shahiihah (II/734) (998)

Dari Mu'adz bin Jabal r.a. diriwayatkan bahwa ia berkata : Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda :

"Allah Ta'ala berfirman, 'Orang-orang yang saling mencintai karena keagungan-Ku, bagi mereka mimbar-mimbar dari cahaya, sehingga para Nabi dan syuhada' pun ingin mendapatkan seperti mereka"
---Shahiih Sunani 't-Tirmidzii
(II/284) (1948)

Akan tetapi cinta yang diharamkan adalah cinta yang ditujukan kepada selain Allah. Contohnya adalah apa yang biasa terjadi diantara sebagian wanita, berupa hubungan syaithani dan kerinduan syahwati. Sungguh telah terjadi di tengah-tengah mereka hal-hal yang tidak baik dan tidak pula sedap dipandang mata, seperti bergantung kepada selain Allah, penyimpangan seksual, meremehkan kewajiban, ketaatan yang membabi-buta dalam bermaksiat kepada Allah, melanggar hal-hal yang diharamkan, melalaikan kewajiban dan lain sebagainya. Kita memang diperintahkan agar mencintai, namun cinta karena Allah dan hanya mengharap keridhaan-Nya. Jika tidak, maka cinta tersebut hanya akan menyesatkan dari jalan hidayah, menyesatkan hati dan akal sehat!

Dari Anas bin Malik r.a. diriwayatkan bahwa ia berkata : Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda :

"Seseorang tidak bisa merasakan manisnya iman, hingga ia mencintai seseorang karena Allah, hingga ia lebih suka dilemparkan ke dalam api daripada kembali kepada kekafiran setelah Allah menyelamatkannya dan hingga ia mencintai Allah dan Rasul-Nya daripada selain keduanya"
---Shahiihu 'l-Bukhaarii
(VII/109) (6041)

Dari Abu Hurairah r.a. diriwayatkan bahwa ia berkata : Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda :

"Barangsiapa ingin merasakan lezatnya iman, maka hendaknya ia mencintai seseorang hanya karena Allah Ta'ala semata"
---Diriwayatkan oleh At-Thayalisi dan Ahmad. Lihat As-Silsilatu ';sh-SHahiihah (V/378) (2300)

100 Dosa yang Diremehkan WanitaWhere stories live. Discover now