(42) Menyiksa Orang yang Berada di Bawah Kekuasaannya

1.1K 26 0
                                    

Sesungguhnya jiwa itu benci kepada wanita yang keras hatinya, kaku dalam pergaulan dan kasar dalam ucapan. Wanita semacam itu pasti jauh dari Allah dan tidak mungkin dicintai manusia. Hati akan membencinya, jiwa akan memusuhinya dan menganggapnya keji. Dia akan selalu berada dalam kebinasaan dan kesulitan, akan selalu berbuat zhalim dan berlaku hasad, yang berujung pada kesengsaraan dirinya dan orang yang ada di sekitarnya.

Dari Abu Hurairah r.a. diriwayatkan bahwa ia berkata : Saya pernah mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda :
"Allah tidak akan mencabut rasa kasih sayang kecuali dari orang yang celaka" ---Shahiih Sunan 't-Tirmidzii (II/180) (1568)

Dia akan berbuat sewenang-wenang kepada orang yang ada di bawah kekuasaannya, akan berbuat zhalim kepada orang yang lemah dan akan berlaku kasar kepada orang yang bersikap lemah lembut kepadanya. Dia tidak mengenal istilah kasih sayang, lemah lembut maupun belas kasih.

Dari 'Abdullah bin 'Amru r.a. diriwayatkan bahwa ia berkata : Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda :
"Orang-orang yang penyayang akan disayangi oleh Allah Yang Maha Penyayang. Sayangilah orang yang ada di muka bumi, niscaya kalian akan disayangi oleh Dzat yang ada di langit" ---Shahiih Sunan 't-Tirmidzii (II/180) (1569)

Dia akan menyiksa orang yang berada di bawah kekuasaannya seperti pembantu, anak-anak tirinya, ibu mertuanya, saudari-saudari iparnya, jika mereka tinggal di rumahnya dan di bawah kekuasaannya. Dari Khalid bin Walid r.a. diriwayatkan bahwa ia berkata : Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda :
"Manusia yang paling  keras azabnya pada hari kiamat nanti adalah mereka yang paling keras menyiksa manusia ketika di dunia" ---Dikeluarkan oleh Ahmad dan Al-Khumaidi serta Thabrani dalam Al-Kabiir. Lihat As-Silsilatu 'sh-Shahiihah (III/428) (1442)

Celakalah ketika dia bertemu Allah dengan membawa dosanya, yaitu ketika dipertemukan dengan seterunya pada hari kiamat nanti yang akan menuntut balas kepadanya, sehingga kebaikan-kebaikan yang dimilikinya akan diambil dan diberikan kepada seterunya sebanyak kezhaliman yang pernah ia lakukan kepadanya.

Dari Abu Mas'ud Al-Anshari r.a. diriwayatkan bahwa ia berkata, "Aku pernah memukul pelayanku. Tiba-tiba aku mendengar suara dari belakangku, 'Ketahuilah wahai Abu Mas'ud! Sungguh Allah lebih mampu berbuat lebih keras kepadamu daripada yang telah engkau perbuat kepadanya' Ketika aku menoleh, ternyata suara tersebut berasal dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam. Maka aku segera katakan, 'Wahai Rasulullah! Sekarang aku bebaskan dia karena hanya mengharap dapat melihat wajah Allah'. Beliau shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, 'Jika engkau tidak melakukannya, niscaya api neraka akan menghanguskan badanmu atau akan menjilat tubuhmu'" ---Shahiih Muslim (III/1038) (1659)

100 Dosa yang Diremehkan WanitaWhere stories live. Discover now